Strategi Bisnis Logistik di Indonesia

oleh | 30 Mar 2022 | Manajemen Pengiriman

Memiliki strategi bisnis logistik sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam sebuah perusahaan bisnis logistik. Dalam hal ini strategi bisnis logistik dapat diartikan sebagai upaya perusahaan dalam mengambil kebijakan dan pedoman yang memiliki komitmen dan tindakan yang terintegrasi dan juga dirancang untuk membangun keunggulan dalam persaingan bisnis untuk memenuhi dan mencapai tujuan bisnis.

Perencanaan Strategi Bisnis Logistik

Penerapan strategi bisnis logistik memerlukan perencanaan yang matang. Pertama, dengan melakukan analisis strategi lingkungan operasi internal dan juga eksternal perusahaan untuk mengetahui secara detail keperluan perencanaan dan juga strategi yang akan digunakan untuk bisnis logistik pada perusahaan tersebut.

Tujuan dilakukannya analisis adalah untuk menilai lingkungan perusahaan secara menyeluruh, mulai dari faktor-faktor yang berada di dalam sampai faktor-faktor di luar perusahaan yang saling berkaitan dan berpengaruh satu sama lain untuk perkembangan, kemajuan dan mencapai tujuan perusahaan.

Analisa Lingkungan Internal dan Eksternal

Analisa Internal

Dalam penerapan strategi bisnis logistik memerlukan analisis internal pada perusahaan yang dimana perusahaan akan mengalami proses perencanaan strategi bisnis logistik mengkaji faktor-faktor pada internal perusahaan untuk menentukan dimana perusahaan mempunyai kelemahan dan kekuatan sehingga dapat mendapatkan hasil analisa secara efektif untuk menghadapi ancaman yang ada di dalam lingkungan perusahaan.

Analisa Eksternal

Dalam penerapan strategi bisnis logistik memerlukan analisis eksternal pada perusahaan yang akan digunakan untuk mengetahui bagaimana hubungan perusahaan terhadap persaingan dari pesaing perusahaan yang ada, ancaman dari pesaing, ancaman produk atau jasa sehingga akan mendapatkan hasil analisa untuk bagaimana perusahaan dapat berpeluang dan bersaing dalam industrinya dalam hal ini bisnis logistik.

Peran dan Fungsi Analisa Strategi Bisnis Logistik

Analisa strategi bisnis logistik pada lingkungan perusahaan mempunyai peran dan juga fungsi. Disini fungsi dalam Bisnis Logistik adalah sebagai orientasi kebijakan, perencanaan strategis terintegrasi, dan orientasi fungsional. Berikut adalah penjelasan masing-masing fungsi yaitu:

Peran Orientasi Kebijakan

Dalam bisnis logistik mempunyai peran orientasi kebijakan yang dimana berfungsi untuk memperbaiki kinerja yang ada pada lingkungan internal dan juga eksternal perusahaan.

Peran Perencanaan Strategis Terintegrasi

Dalam bisnis logistik mempunyai peran perencanaan strategis terintegrasi yang dimana berfungsi untuk manajemen level memahami permasalahan yang terjadi pada lingkungan perusahaan yang akan berdampak langsung pada proses perencanaan perusahaan.

Peran Orientasi Fungsional

Dalam bisnis logistik mempunyai peran orientasi fungsional dimana bertujuan untuk menyediakan informasi lingkungan yang bisa mempengaruhi efektivitas kinerja fungsi tertentu dalam perusahaan tersebut.

Strategi Meningkatkan Pangsa Pasar

Setelah mengetahui hal hal yang perlu perbaikan dari hasil analisa, penerapan strategi bisnis logistik bisa untuk meningkatkan kualitas bisnis logistik yang dilakukan. Upaya strategis dan teknis perusahaan perlu dilakukan untuk hal inovasi, peningkatan dan pengembangan bisnis logistik perusahaan. Strategi-strategi tersebut akan meningkatkan peluang yang dimiliki perusahaan:

Strategi Penetrasi Pasar

Strategi penetrasi pasar ini adalah untuk meningkatkan pangsa pasar dengan produk lama perusahaan yang sudah ada di pasaran.

Strategi Pengembangan Pasar dan Produk

Strategi pengembangan pasar adalah dengan menemukan atau mengembangkan produk perusahaan dan mengembangkan produk baru yang sedang diminati oleh pasar dan akan memunculkan pasar baru bagi produk lama dalam perusahaan.

Strategi Diversifikasi

Strategi diversifikasi adalah dengan menemukan atau mengembangkan produk baru pada pasar baru.

Implementasi Strategi Bisnis Logistik

Dalam upaya penerapan strategi bisnis logistik juga memerlukan implementasi atau penggerakan untuk menggerakkan setiap bagian pada perusahaan untuk mencapai tujuan. Setelah analisa strategi yang dilakukan selanjutnya adalah implementasi untuk mencapai sasaran yang sesuai dengan perencanaan yang dilakukan sebelumnya.

Penerapan strategi bisnis logistik dilakukan untuk menjadikan perencanaan menjadi sebuah kenyatan dengan berbagai strategi yang ditetapkan serta motivasi supaya setiap personil bisa melaksanakan kegiatan implementasi dengan maksimal sesuai dengan tugas, peran dan tanggung jawabnya. Dalam implementasi diperlukan juga pemimpin untuk mengarahkan dan sebagai penyedia keputusan strategi bagi perusahaan agar bisa dilaksanakan dengan efektif dan efisien.

Berikut beberapa formulasi yang terjadi dalam implementasi strategi bisnis logistik adalah:

Success

Hasil yang diinginkan setiap perusahaan ketika perusahaan bisa memformulasikan strategi bisnis logistik dan sekaligus bisa mengimplementasikannya secara baik.

Roulette

Situasi ketika suatu strategi yang diformulasikan sebenarnya kurang baik, tetapi hasilnya tidak terlalu buruk karena perusahaan mampu mengimplementasikan strategi bisnis logistik secara baik.

Trouble

Situasi ketika strategi bisnis logistik perusahaan sebenarnya diformulasikan secara baik namun implementasi strategi tidak maksimal dan optimal.

Failure

Hasil yang terburuk dan paling tidak diinginkan oleh perusahaan dalam strategi bisnis logistik.

Evaluasi Strategi

Penerapan strategi bisnis logistik memerlukan evaluasi. Evaluasi dilakukan untuk pengkajian ulang atas evaluasi strategi, pengukuran kinerja perusahaan dengan membandingkan hasil yang diharapkan dengan hasil yang dicapai, dan sejumlah perbaikan kinerja lainnya.

Evaluasi dalam penerapan strategi bisnis logistik sangat diperlukan karena akan menentukan arah strategi dan sejauh mana program berada di jalur yang diharapkan, sehingga perusahaan dapat melakukan aksi koreksi hasil yang diharapkan akan permasalah yang terjadi.

Dengan begitu dengan evaluasi akan memastikan penggunaan sumber daya perusahaan yang paling efektif dan efisien. Evaluasi strategi sebaiknya dilakukan tidak hanya saat kinerja perusahaan berada di puncak dan berjaya atau saat mengalami penurunan, akan tetapi juga bisa dilakukan saat kondisi perusahaan dalam keadaan steady atau stagnan dalam beberapa periode.

Justru evaluasi yang rutin diterapkan yang akan memperlihatkan apakah perusahaan sedang mengalami penurunan atau kenaikan. Waktu yang tepat untuk melakukan sebuah evaluasi strategi bisnis logistik pada perusahaan adalah rutin berkala pertiga bulan, pertahun, atau per lima tahun tergantung kebijakan perusahaan yang berlaku.

Berikut adalah tips yang bisa dilakukan dalam evaluasi penerapan strategi bisnis logistik:

Lakukan Evaluasi Secara Menyeluruh

Evaluasi menyeluruh akan memudahkan perusahaan untuk bisa optimal dan efisiensi. Tidak terkecuali dengan manajemen transportasi perusahaan. Jika diperlukan pakailah Transportation Management System yang terpercaya seperti MC Easy.

Berikan Nilai Tambah Pada Layanan Perusahaan

Bisnis logistik dewasa ini berlomba-lomba meningkatkan layanan mereka demi menjadi pilihan utama bagi para pelanggan. Cari tahu nilai tambah apa yang dapat perusahaan berikan pada layanannya.

Bangun Koordinasi yang Baik Antara Back Office & Kurir

Kurir bertanggung jawab untuk mengantarkan pesanan dari mulai pengiriman sampai ke alamat tujuan. Dan back office bertugas dalam menyampaikan informasi lengkap kepada kurir dan membantu mengatasi isu dalam pengiriman. Jadi, back office dan kurir harus memiliki koordinasi yang baik.

Lakukan Pemeliharaan Rutin

Pemeliharaan akan melengkapi bagaimana manajemen transportasi berlangsung. Pemeliharaan rutin sangat penting karena dapat mencegah terjadinya kerusakan pada transportasi dan pemakaiannya pun akan menjadi lebih panjang.

#1JutaKendaraanWithME

McEasy adalah startup pengembang layanan SaaS untuk transportasi logistik yang fokus di B2B. Untuk mendukung percepatan logistik 4.0 di Indonesia, di awal tahun 2022 McEasy menargetkan 1 juta kendaraan (mobil, truk, dan bus) terintegrasi ke dalam platform McEasy sebagai sistem manajemen logistik terpadu.

Apakah armada kendaraan anda telah terintegrasi dengan McEasy? Hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut.

Tulisan Terkait