Teknologi Last-Mile Dan Bagaimana Pengaruhnya terhadap Last-Mile Delivery

oleh | 18 Okt 2022 | Manajemen Pengiriman

Tantangan utama last-mile meliputi: route planning, pengalaman pelanggan, omnichannel fulfillment, sustainability, dan pengembalian.

Dalam logistik, last-mile adalah tahap akhir dari perjalanan pengiriman, mengantarkan produk dari perusahaan ke konsumen, biasanya di depan pintu mereka. Last-mile tidak hanya penting untuk pengalaman pengiriman pelanggan, namun biasanya juga merupakan bagian paling kompleks dan mahal dari seluruh rantai pasokan. Teknologi last-mile meningkatkan pengiriman last-mile dengan mendorong batas ke depan dan memungkinkan pengiriman dan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Apa itu teknologi last-mile?

Teknologi last-mile mencakup berbagai produk dan solusi yang menyederhanakan dan mengoptimalkan last-mile yang kompleks, membuat pengiriman lebih efisien dan lebih murah sekaligus memberikan pengalaman pelanggan yang unggul.

Teknologi last-mile mencakup platform perangkat lunak dan inovasi pengiriman, seperti kendaraan pengiriman otonom (ADV), drone dan robot, semuanya bekerja sama untuk membantu mengurangi dan menghilangkan delay atau penundaan.

35682C 4253C27C0896443Ea387Eace6E807421 Mv2

Mendapatkan last-mile delivery yang tepat penting bagi brand di dunia e-commerce. Bisnis membutuhkan last-mile untuk menjadi cepat dan efisien dalam memenuhi ekspektasi pelanggan yang semakin meningkat. Pengiriman telah menjadi pusat perhatian sebagai faktor kunci yang dievaluasi konsumen ketika mereka memutuskan untuk melakukan pembelian.

Platform manajemen last-mile memungkinkan perusahaan untuk mencapai pengalaman pelanggan bermerek yang konsisten dengan setiap pembelian dan setiap pengiriman. Tantangan last-mile utama meliputi: route planning, pengalaman pelanggan, omnichannel fulfillment, sustainability, dan pengembalian.

Masalah apa yang ada pada last-mile delivery?

Operasional last-mile delivery tidak pernah serumit ini karena dunia e-commerce dan pengiriman terus berubah. Peningkatan variabel tentang bagaimana, di mana, dan kapan pengiriman berangkat dan tiba memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada pengirim dan operator, tetapi juga memberikan kompleksitas yang lebih besar hingga jarak yang jauh.

35682C Adfe054Aae8849Ecad259Cdcee2Dac14 Mv2

Dengan kemampuannya yang terus meningkat untuk mengirimkan dalam kerangka waktu yang lebih singkat, Amazon telah menetapkan standar tinggi bagi semua perusahaan untuk dapat mengirimkan dengan cepat sambil memberi tahu konsumen tentang detail pengiriman transit. Merek berusaha untuk memenuhi “Amazon effect”, sambil mematuhi tanggal dan waktu pengiriman yang dijanjikan.

Konsumen menginginkan visibilitas ke dalam pengiriman mereka tetapi mereka juga mengharapkan kecepatan pengiriman yang lebih cepat. Menjaga semua stakeholders tetap senang sambil memberikan time frame yang semakin singkat berkontribusi pada tantangan secara keseluruhan.

Singkatnya, masalah pengiriman last-mile berdampak pada semua perusahaan. Di dunia saat ini, setiap perusahaan ingin mengirimkan produk dengan cepat, efisien, dan memberikan pengalaman pelanggan yang unggul saat bekerja di lanskap yang semakin kompleks dan kompetitif.

Bagaimana Amazon Memanfaatkan Pengiriman Last-mile untuk Logistiknya

Bagaimana Amazon memanfaatkan last-mile untuk menciptakan jaringan logistiknya dan menjadi pemimpin dalam pengiriman last-mile? Perjalanan menuju kepemimpinan last-mile terjadi selama bertahun-tahun dan dengan bantuan beberapa strategi inovatif.

Pada tahun 2009, Amazon mengumumkan pengiriman pada hari yang sama di area metro seperti New York, Philadelphia, Washington, DC, Seattle, Baltimore, dan Las Vegas. Mereka membebankan biaya nominal kepada anggota Amazon dan sedikit lebih banyak kepada non-anggota. Mereka mampu melayani wilayah metropolitan besar ini dengan pengiriman di hari yang sama bahkan sebelum dunia ritel lainnya mengerti bagaimana mencapai pengiriman di hari yang sama.

35682C 7Fbc7686C1054Bfd91277A3Fb3F92Fb6 Mv2

Pada tahun 2014, Amazon membeli saham di dua perusahaan untuk memperluas jaringan transportasi jarak jauh mereka dan pada tahun 2015, Amazon meluncurkan Amazon Prime Now. Amazon harus membuat 58 pusat pengiriman di seluruh Amerika Serikat agar dapat menjamin pengiriman dalam waktu satu hingga dua jam. Amazon Prime Now awalnya terbatas pada kota-kota besar dengan jumlah barang terbatas yang tersedia untuk pengiriman segera, tetapi ini merupakan langkah maju yang besar dalam menciptakan permintaan konsumen untuk pengiriman yang hampir segera.

Prime Now tersedia bagi anggota yang membayar biaya tetap setiap tahun untuk mengaktifkan pengiriman dua hari, pengiriman satu hari gratis dan di beberapa kode area, pengiriman pada hari yang sama. Prime Now menawarkan barang-barang tertentu yang dikirim dari pagi hingga larut malam, tujuh hari seminggu dan dikirim oleh karyawan Prime Now, berbeda dengan FedEx, UPS, atau perusahaan pelayaran lainnya. Saat pelanggan menyelesaikan pesanan, Amazon menyediakan pembaruan pemenuhan waktu nyata melalui teks SMS.

Pada tahun 2018, Amazon menciptakan layanan pengiriman jarak jauhnya sendiri dengan Amazon Logistics untuk mengurangi biaya pemenuhan dan pengirimannya. Amazon sekarang memiliki kemampuan untuk mengontrol jadwal dan biaya dengan armadanya sendiri.

35682C E07Cbd2E3B754Ea4A2937Cbba5998A02 Mv2

Dalam waktu dekat, Amazon akan memperluas pengiriman drone di bawah label Prime Air, menjanjikan pengiriman dalam waktu 30 menit. Tujuan Amazon adalah mengirimkan paket dengan berat hingga lima pon dalam waktu kurang dari satu jam.

Keberhasilan Amazon menciptakan sistem transportasi jarak jauhnya sendiri berarti konsumen sekarang menerima efek Amazon begitu saja dan mengharapkan semua perusahaan menyediakan pengiriman yang cepat dan nyaman dengan visibilitas ke status pesanan. Merek dan perusahaan dapat meniru efek Amazon dengan berinvestasi pada platform manajemen jarak jauh sehingga mereka dapat memberikan pengalaman pelanggan yang unggul.

Bagaimana Teknologi Last-mile Membantu Bisnis Anda?

35682C Fbcc34F03E9F484A843F6Ab24Eb0Fbba Mv2

Teknologi last-mile terus berkembang seiring dengan perubahan ekspektasi konsumen. Bagaimana memanfaatkan platform manajemen last-mile dapat meningkatkan pengiriman Anda?

Platform manajemen last-mile memberdayakan bisnis untuk memenuhi harapan konsumen yang terus berkembang sambil mencapai efisiensi operasional. Itu membuat biaya tetap terkendali, menyediakan berbagai operasi seperti penjadwalan pengiriman, alokasi tugas, perutean, pelacakan dan penelusuran waktu nyata. Ini juga memungkinkan gig-fleet, jaringan operator, peningkatan keberlanjutan, dan distribusi omnichannel yang efisien.

Platform last-mile membantu perusahaan dengan pengoptimalan rute. Platform meningkatkan rute melalui penggunaan kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) untuk membuat rute dinamis yang dioptimalkan sepanjang hari. AI dan ML memperhitungkan cuaca, pola lalu lintas, dan kapasitas kendaraan untuk membantu merekomendasikan rute pengiriman paling efisien setiap hari.

Perutean dinamis waktu nyata juga membantu meningkatkan pemanfaatan armada dan perencanaan pengemudi serta dapat mengurangi jarak tempuh per pengemudi. Manajer dapat memanfaatkan platform untuk menetapkan rute pengiriman dan pengembalian pengemudi berdasarkan lokasi pengemudi dan alamat penerima.

Penjadwalan pengiriman menjadi efisien dan memungkinkan konsumen akhir untuk memilih preferensi pengiriman mereka. Platform last-mile dapat menawarkan slot waktu yang fleksibel kepada konsumen, titik penjemputan dan pengantaran, dan kemampuan untuk meninggalkan instruksi pengiriman khusus untuk pengemudi. Pengemudi dapat menerima komunikasi dari penerima paket jika paket berubah dan menggunakan peringatan SMS untuk memberi tahu penerima saat paket mereka tiba.

Memberikan visibilitas waktu nyata kepada setiap pemangku kepentingan dalam proses pengiriman, baik mereka operator, pengecer, atau konsumen, memungkinkan setiap orang untuk menentukan lokasi pesanan dan mengetahui kapan pesanan akan dikirimkan. Pengetahuan ini dapat mengurangi panggilan ke pusat layanan pelanggan yang menanyakan di mana pesanan saya (WISMO), menghemat waktu dan mengurangi biaya bagi perusahaan.

Platform manajemen last-mile juga dapat mengaktifkan pelacakan dan penelusuran paket secara real-time. Visibilitas memberi manajer kemampuan untuk mengidentifikasi masalah apa pun dengan pengiriman dan memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti tentang kemungkinan pengecualian apa pun. Memberikan visibilitas kepada pelanggan melalui peringatan SMS membantu pengemudi menyelesaikan upaya pengiriman pertama, mengurangi pengiriman yang gagal. Bukti pengiriman juga ditawarkan melalui foto paket di pintu depan dan membantu berkontribusi pada pengalaman pelanggan yang positif.

Teknologi last-mile dapat membantu perusahaan menyatukan dan mengelola beberapa armada kapal induk dan mengintegrasikannya ke dalam satu sistem, sehingga masuk ke beberapa sistem untuk melihat status operator tidak lagi diperlukan. Ini menciptakan cara yang disederhanakan untuk mendapatkan pengetahuan tentang semua armada yang digunakan oleh perusahaan, baik yang dimiliki maupun tidak.

Apa saja contoh teknologi last-mile?

Gangguan selama beberapa tahun terakhir telah menyebabkan percepatan peningkatan teknologi pengiriman jarak jauh.

Amazon mengkondisikan semua konsumen untuk mengharapkan pengiriman cepat dalam periode waktu yang terus berkurang. Mereka tidak hanya mengajari kami untuk mengharapkan pengiriman dalam dua hari, satu hari, hari yang sama dan sekarang dalam beberapa jam, mereka juga mengajari konsumen untuk menuntut jenis layanan itu dari setiap jenis pengecer.

35682C Ed9C3758108C43A2B71Ec49861E92118 Mv2

Perusahaan yang memanfaatkan teknologi last-mile adalah aplikasi pengiriman makanan seperti UberEats, DoorDash, Postmates, dan Grubhub. Mereka semua menciptakan cara untuk mengirimkan makanan dengan cepat dan memungkinkan pelanggan untuk melacak pengiriman mereka secara visual melalui peta. Perusahaan-perusahaan ini juga dapat memanfaatkan gig-driver yang memanfaatkan teknologi last-mile.

Aplikasi berbagi tumpangan seperti Uber dan Lyft tidak hanya mengomunikasikan posisi pengemudi mereka setelah konsumen memesan tumpangan, tetapi juga memungkinkan konsumen untuk berkomunikasi dengan pengemudi tersebut melalui teks SMS.

Teknologi last-mile telah mengubah cara konsumen memandang pengiriman dan telah menetapkan harapan mereka yang tinggi. Perusahaan yang menggunakan teknologi last-mile untuk membentuk pengiriman mereka akan mampu menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan mempertahankan pelanggan.

Bagaimana Teknologi Membentuk Masa Depan Last-Mile Delivery

35682C 5Cb920236A7A46Fdb845E4D8Da880826 Mv2 4

Karena teknologi terus berubah dan berkembang, cara-cara baru untuk memenuhi permintaan konsumen akan berkembang. Saat ini ada banyak teknologi baru yang membentuk pengiriman di last-mile.

  1. Kendaraan listrik (EV) akan membantu mengubah pengiriman. Kota-kota di seluruh dunia membuat peraturan untuk membatasi emisi kendaraan, sehingga armada EV adalah solusi hemat biaya untuk memenuhi peraturan tersebut. Tantangan dengan EV adalah menciptakan stasiun pengisian daya di seluruh daerah perkotaan dan pedesaan. Daerah perkotaan dapat melihat adopsi armada EV lebih cepat karena beberapa daerah tidak memiliki infrastruktur yang diperlukan untuk membuat stasiun pengisian.
  2. Drone terdengar seperti fiksi ilmiah tetapi sedang diujicobakan dalam program di seluruh dunia. Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) telah memberikan izin drone untuk pengiriman dan Amazon akan menjalankan pilot menggunakan drone untuk pengiriman di California pada paruh kedua tahun 2022.
  3. Kendaraan pengiriman otonom adalah kendaraan self-driving yang dapat melakukan pengiriman jarak jauh tanpa membutuhkan manusia. FedEx dan Volkswagen telah menggunakan kendaraan otonom untuk pengiriman di China dan Jerman. US Postal Service berharap untuk memiliki kendaraan otonom secara online pada tahun 2025 untuk membantu mengirimkan lebih dari 25.000 rute pedesaan Kendaraan otonom juga dapat memiliki petugas pengiriman, di mana kendaraan menyediakan pengemudi dan mengantar pengantar ke alamat dan melanjutkan ke alternatif alamat untuk menjemput mereka, menghilangkan kebutuhan untuk parkir. Dalam pengaturan yang lebih terkontrol, robot juga digunakan untuk melakukan pengiriman, meskipun mereka masih perlu belajar menavigasi pengaturan yang ramai.
  4. Robot gudang yang dapat mengemas dan mengambil barang untuk pengiriman akan membantu pemenuhannya. Juga dikenal sebagai pemetik otonom, robot ini menggunakan identifikasi frekuensi radio (RFID) untuk mentransfer data dari tag yang dilampirkan ke objek, untuk mengidentifikasi dan melacak item secara otomatis. Robot-robot ini dapat membantu menyiapkan barang untuk pengiriman dari gudang dan mengurangi jumlah tenaga manusia yang dibutuhkan di gudang.

Bagaimana cara menggunakan teknologi untuk meningkatkan pengiriman last-mile?

Bagaimana perusahaan dapat menggunakan teknologi untuk meningkatkan pengiriman mereka? Perusahaan perlu secara dramatis menyederhanakan aspek yang paling rumit dari logistik pengiriman, terutama di last-mile.

Mereka harus mengoptimalkan omnichannel fulfillment end-to-end mereka dengan presisi sambil meminimalkan biaya last-mile. Orkestrasi yang disederhanakan dari pemesanan hingga pengiriman melalui perutean dinamis, mengelola armada yang dialihdayakan, penjadwalan, dan pelacakan jarak jauh adalah kuncinya, sekaligus memberikan visibilitas waktu nyata kepada semua stakeholders.

Ad4A9C 6Bf50Cf766C24C9A9D2B63D5596Cda82 Mv2

McEasy berfokus pada teknologi last-mile seperti visibilitas real-time, orkestrasi pengiriman, pengalaman pelanggan, business process management and sustainability, hingga gamification pengalaman pengemudi.

Untuk mengetahui lebih rinci tentang layanan kami, lihat halaman Transportation Management System atau jadwalkan konsultasi dengan tim kami.

Tulisan Terkait