Route Optimization McEasy Masa Depan Semua Armada

oleh | 12 Des 2022 | Route Optimization

Route optimization menemukan rute terbaik, sehingga dapat meningkatkan efisiensi waktu perjalanan, jarak perjalanan, dan biaya bahan bakar armada.

Keberhasilan pengelolaan armada muatan sangat bergantung dengan suksesnya bisnis logistik. Salah satunya adalah pengelolaan armada yang efisien tentu membawa hasil optimal bagi perusahaan. Namun jika pengelolaan armada tidak efisien, maka perusahaan akan mengalami berbagai permasalahan operasional pengiriman.

PR Newswire mengatakan, salah satu tantangan utama manajemen operasional lapangan adalah efisiensi pengiriman yaitu sebesar 25%. Hal ini terbukti dengan banyaknya permasalahan pengiriman yang kompleks, seperti kiriman terkendala akibat miskomunikasi, terbatasnya armada, banyaknya jadwal pengiriman yang akhirnya membutuhkan banyak tenaga kerja, operasional tidak transparan sehingga biaya bahan bakar membengkak, dan sebagainya.

35682C Bdffd4Dbfa684381Be4E50D5C25E3A9F Mv2

Hal serupa juga diperkuat oleh data dari Capgemini, biaya untuk proses last mile delivery mencapai 53% dari total biaya pengiriman dan hingga 41% dari total biaya supply chain. Sebagian besar biaya ini merupakan akibat dari cara manual yang masih digunakan.

Karena itu, solusi software Route optimization McEasy hadir untuk membantu Anda mengoptimalkan manajemen armada agar tepat guna dan efisien dalam menemukan rute tercepat dan membantu perusahaan menjawab tantangan-tantangan proses last mile delivery.

Jika perusahaan memiliki puluhan hingga ratusan pesanan yang harus dikirim dalam satu waktu tertentu, maka memetakan jalur pengirimannya secara manual bisa memakan waktu lama. Di sinilah peran route optimization menemukan rute terbaik, sehingga dapat meningkatkan efisiensi waktu perjalanan, jarak perjalanan, dan biaya bahan bakar armada.

Fitur-fitur Route Optimization

35682C 5614F82Ec16548A9A5B871Ebde09Dacd Mv2

Selain membuat manajemen armada Anda jauh lebih efisien, ada banyak sekali benefit yang didapatkan dari penggunaan solusi digital route optimization bagi bisnis Anda, seperti:

Menemukan Rute Tercepat dan Efisien

Route optimization mampu menemukan rute pengiriman otomatis dan paling efisien, sehingga digitalisasi route planning melalui route optimization dapat membantu perusahaan dalam menjawab tantangan-tantangan dalam proses last mile delivery.

Biaya Pengiriman Lebih Efektif

Adanya route optimization membuat perusahaan bisa memangkas jumlah jarak perjalan, waktu perjalanan, hingga memangkas biaya-biaya seperti bensin dan perawatan kendaraan.

Efektivitas Pengiriman Meningkat

Route optimization mampu membuat banyak jadwal dan rute pengiriman oleh satu operator ke seluruh pengemudi. Hasilnya, perusahaan dapat melakukan beberapa pengiriman sekaligus dalam satu kali perjalanan.

Fleksibilitas Meningkat

Terciptanya fleksibilitas di ekosistem armada Anda karena bisa mengubah jadwal perjalanan maupun rute perjalanan. Bukan hanya itu, route optimization juga bisa mengirim ataupun memperbarui informasi ke pengemudi kapan saja.

Produktivitas Operasional Pengiriman Meningkat 10-25%

Meningkatnya produktivitas operasional pengiriman hingga 10-25% dari segi optimasi muatan, zonasi rute, menghindari tol, menghindari perjalanan bolak-balik, memprioritaskan order pengiriman, minimumnya armada muatan, dan optimasi waktu dan jarak.

Transparansi Data Meningkat

Data analisis dan laporan secara real time yang siap cetak untuk mempercepat pengambilan keputusan, sehingga transparansi data di internal perusahaan meningkat sekaligus mengurangi human error.

35682C B6C281F741Ec4Fa8912Fc80D387D6719 Mv2 1

Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa route optimization merupakan solusi untuk optimalkan armada muatan jauh lebih efisien dari segi waktu, jarak perjalanan, biaya pengiriman, hingga produktivitas operasional pengiriman.

Temukan rute tercepat dan ciptakan efisiensi pada armada Anda dengan route optimization McEasy! Ketahui lebih jauh fitur-fitur route optimization McEasy dengan mengunjungi laman website kami.

Tulisan Terkait

Manfaat Rute Pengiriman yang Efisien untuk Bisnis Anda

Manfaat Rute Pengiriman yang Efisien untuk Bisnis Anda

Pengiriman barang menjadi semakin penting dalam dunia bisnis sekarang, terutama dengan semakin meningkatnya penggunaan e-commerce dan bisnis online. Namun, salah satu tantangan terbesar dalam proses pengiriman adalah mengoptimalkan rute pengiriman agar lebih efisien...

Cara Maksimalkan Muatan Pengiriman di Dalam Box Armada!

Cara Maksimalkan Muatan Pengiriman di Dalam Box Armada!

Armada yang tidak terealisasi secara maksimal dapat menjadi masalah dalam operasional pengiriman order. Banyak perusahaan logistik menghadapi tantangan ini, di mana armada seringkali membawa order yang tidak sesuai dengan kapasitas muatan pengiriman yang dimiliki. Hal...