Strategi Pemasaran Media Sosial untuk UKM

oleh | 14 Sep 2022 | Bisnis

“UMKM harus naik kelas!”, begitulah setidaknya kata-kata yang sering kali kita dengarkan dalam berbagai sambutan-sambutan untuk agenda pelatihan ataupun seminar bagi UMKM. Hal ini tentu saja benar adanya, sebab dengan UMKM sistem perekonomian negara bisa tumbuh dengan baik lantaran mampu menciptakan peluang kerja dan juga mengurangi tingginya angka pengangguran.

Oleh karena itu, salah satu strategi pemasaran UMKM agar bisa naik kelas pada saat ini ialah dengan melakukan pemasaran melalui media digital (online). Sebagaimana pada Tahun 2019 lalu saya melakukan wawancara langsung dengan pelaku UMKM yang memasarkan produk usahanya melalui media sosial.

7 Alasan Pentingnya Digital Marketing bagi UKM dan UMKM

35682C 626Fc982Aac840D1954E52A836D8F63D Mv2

Menjangkau Pasar yang Luas

Alasan pertama betapa pentingnya pebisnis UKM dan UMKM perlu memanfaatkan digital marketing adalah untuk menjangkau pasar luas. Masalah dari dulu yang sering menjadi kendala pada bisnis kecil adalah keterbatasan distribusi dan pemasaran.

Namun akhir-akhir ini, dengan keberadaan sosial media serta website persoalan distribusi dan pemasaran bisa teratasi bahkan jangkaun pemasaran melebihi batasan marketing tradisional.

Meningkatkan Jumlah Penjualan secara Signifikan

Kecenderungan masyarakat yang banyak melakukan kegiatan sehari-sehari secara online seperti memesan makanan, memesan jasa transportasi hingga belanja berbagai kebutuhan membuat digital marketing berpotensi meningkatkan jumlah penjualan.

Jika bisnis saat ini tidak menyesuaikan dengan ekonomi digital, Bersiaplah untuk kehilangan penghasilan. Karena sikap konsumen yang nyaman dengan belanja online.

Biaya Promosi yang Lebih Terjangkau

Banyak orang mengira pemasaran digital menghabiskan banyak uang padahal justru sebaliknya.

Hal ini karena prinsip dana digital marketing lebih transparan dan akuntabel dibanding pemasaran offline yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

Mudah Mengenali Tren dan Pasar

Digital marketing mempunyai kelebihan dapat menyesuaikan dengan tren yang terjadi di masyarakat. Dengan menyesuaikan tren, pemasaran akan lebih efektif. Selain itu, kamu bisa menganalisis perkembangan pasar melalui berbagai platform.

Memberikan Customer Experience yang Luar Biasa

Meskipun praktik digital marketing dilakukan secara online, customer dan penjual tetap dapat melakukan komunikasi dua arah yaitu melalui konten yang diunggah di media sosial, customer berkesempatan berkomentar dan berbagi.

Menjangkau Pengguna Perangkat Khususnya Smartphone

Dengan tidak adanya keterbatasan penyebaran produk, digital marketing mampu menjangkau banyak pengguna teknologi pintar khususnya smartphone yang mana hampir dimiliki setiap orang.

Mudah dalam Menganalisis Bisnis

Pemasaran yang dilakukan secara digital membuat mudah para pebisnis termasuk UKM dan UMKM dalam menganalisis minat, pengeluaran dan penghasilan bisnis. Karena pemasaran digital diterapkan dengan kompleks.

5 Strategi Pemasaran Digital untuk UKM dan UMKM

35682C Be2C9F6Bb6894286Ba962038B6862F11 Mv2 1

Promosi Lewat Media Sosial

Dahulu, kebanyakan orang menggunakan media sosial hanya sebagai hiburan, nambah kenalan dan tempat menampilkan foto saja. Tetapi sekarang, media sosial bisa dijadikan tempat mempromosikan bisnis atau mengiklankan bisnis.

Dengan banyaknya pengguna media sosial, bisnis kamu akan mudah dikenal pengguna media sosial yang belum atau sudah mengetahui bisnis kamu. Berikut Platform media sosial yang sering dipakai masyarakat:

  • Facebook
  • Instagram
  • Tiktok
  • Twitter
  • LinkedIn
  • WhatsApp

Bekerjasama dengan Key Opinion Leader (KOL)

35682C E6F31D8B0B7841519B810E86C36Fb40B Mv2 3

Strategi pemasaran dengan menyewa jasa influencer atau KOL adalah salah satu tren paling populer di era digital. Influencer memiliki pengaruh kuat dalam pemasaran, tentu juga didukung kreativitas mempromosikan suatu produk/jasa.

Namun perlu kamu ketahui bahwa influencer dan KOL berbeda?

KOL adalah orang yang memiliki kemampuan di bidang tertentu dan aktif menggunakan media sosial untuk mengekspresikan pendapatnya tentang sesuatu. Dari pengalaman dan keahliannya di bidang tertentu, pendapat KOL memiliki kredibilitas lebih.

Influencer adalah seseorang yang memiliki pendapat atau suara yang merupakan kekuatan mereka untuk menyampaikan sesuatu. Influencer dinilai dari jumlah pengaruh yang diciptakan untuk pengikut.

Memanfaatkan Marketplace atau Website Sendiri

Selanjutnya kamu dapat memanfaatkan marketplace yang tersedia gratis di platform media sosial dan bisa juga menggunakan website sendiri untuk mempermudah konsumen mengenal bisnis kamu.

Memanfaatkan Google MyBusiness untuk Bisnis Lokal

Google Bisnisku adalah fitur yang berfungsi untuk memudahkan konsumen mengetahui informasi lengkap sebuah bisnis. Informasi ini mencakup alamat, kontak, jam operasi, situs web bisnis, bahkan ulasan konsumen tentang bisnis Anda.

Beriklan di Platform Digital

Kamu juga bisa mempromosikan iklan yang disediakan berbagai platform yag akan disediakan berikut, sayangnya disini kamu harus menyiapkan dana untuk melakukan promosi, diantaranya:

Google Ads adalah fitur iklan berbayar yang muncul di penelusuran Google. Untuk menampilkan iklan berbayar atau penelusuran berbayar, pengiklan tentu harus membayar agar iklan dapat ditampilkan menggunakan kata kunci tertentu yang relevan dengan produk dan layanan.

Facebook Ads

Facebook Ads adalah layanan iklan berbayar yang disediakan Facebook. Platform ini memang platform media sosial yang paling populer dan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

TikTok Ads

TikTok Ads adalah platform iklan yang dimiliki TikTok. Tik Tok yang dewasa ini banyak digunakan orang-orang, patut masuk pertimbangan pebisnis untuk memasarkan bisnisnya.

Lain-lain

Masih banyak platform lainnya untuk beriklan, tetapi platform yang telah disebutkan adalah platform yang sering digunakan.

Tips Memanfaatkan Digital Marketing bagi UKM & UMKM

35682C D80E716B208D443B8861E3D37Bf78B29 Mv2

Setelah mengetahui alasan dan strategi digital marketing, kamu juga harus tahu bagaimana cara memanfaatkannya, berikut tipsnya:

  1. Kenali siapa pelangganmu yang sebenarnya
  2. Fokus melakukan branding
  3. Lakukan promosi secara rutin
  4. Peka terhadap perubahan tren
  5. Maksimalkan berbagai platform digital secara bertahap

Tulisan Terkait

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Cegah Pemborosan, Pakai iFuel Sensor Pemantau Bahan Bakar Otomatis

Bahan bakar menjadi salah satu biaya operasional tertinggi. Jika penggunaan bahan bakar tidak optimal, maka perusahaan yang bergantung dengan armada kendaraan akan mengalami pembengkakan biaya. Untuk itu, kami di McEasy ingin berbagi pengetahuan dan solusi inovatif...