4 Keunggulan Melakukan Preventive Maintenance

oleh | 26 Mei 2023 | Manajemen Armada

Bahan bakar merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam operasional armada pada perusahaan logistik. Meskipun begitu, penggunaan bahan bakar yang kurang efisien dapat menyebabkan biaya operasional yang tidak terkontrol. Oleh karena itu, perusahaan logistik harus memastikan armada yang dimilikinya selalu dalam kondisi optimal agar dapat memaksimalkan penggunaan bahan bakar dan mengurangi biaya operasional yang tidak perlu. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan preventive maintenance pada armada secara teratur. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana perusahaan logistik dapat memaksimalkan penggunaan bahan bakar pada armada dengan melakukan Preventive Maintenance yang terstruktur dan terjadwal dengan baik.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Bahan Bakar

Preventive Maintenance

Kondisi Jalan dan Cuaca

Kondisi jalan dan cuaca dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar armada. Misalnya, jika jalan berlubang atau bergelombang, armada akan mengalami hambatan yang membuat mesin bekerja lebih keras dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih tinggi. Begitu pula dengan kondisi cuaca, seperti angin kencang atau hujan deras, dapat memperburuk efisiensi bahan bakar.

Kondisi Kendaraan

Kondisi kendaraan seperti usia, keausan ban, dan keausan mesin dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar armada. Jika kendaraan sudah tua atau sudah lama tidak dilakukan perawatan, maka efisiensi bahan bakar akan menurun karena kerja mesin yang tidak optimal.

Gaya Mengemudi

Gaya mengemudi juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar armada. Gaya mengemudi yang agresif seperti akselerasi yang tiba-tiba dan pengereman yang keras, dapat mengurangi efisiensi bahan bakar. Sebaliknya, gaya mengemudi yang lebih santai dan penuh perhitungan dapat menghemat bahan bakar.

Beban Muatan

Beban muatan juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar armada. Semakin berat muatan, semakin besar beban kerja mesin, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, pengaturan beban muatan yang tepat akan mempengaruhi efisiensi bahan bakar pada armada.

Pentingnya Preventive Maintenance dalam Penghematan Bahan Bakar

Preventive Maintenance

Pengertian Preventive Maintenance

Preventive maintenance adalah perawatan yang dilakukan secara berkala untuk mencegah kerusakan pada armada sebelum terjadi, dengan tujuan memperpanjang masa pakai dan memastikan ketersediaan armada yang selalu siap digunakan.

Manfaat Preventive Maintenance

  • Mengurangi biaya perbaikan yang besar karena kerusakan yang tidak terdeteksi sebelumnya
  • Meningkatkan kinerja armada dan mencegah terjadinya kecelakaan karena kendaraan dalam kondisi yang baik dan selalu siap digunakan
  • Meningkatkan masa pakai armada sehingga mengurangi biaya penggantian armada yang baru
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar karena armada beroperasi dengan optimal

Hubungan Preventive Maintenance dengan Konsumsi Bahan Bakar

Dalam hal penggunaan bahan bakar, preventive maintenance dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar pada armada karena:

  • Memastikan kondisi mesin yang baik, sehingga armada dapat beroperasi dengan optimal dan tidak mengalami kerusakan yang memperburuk efisiensi bahan bakar.
  • Memeriksa kondisi ban, rem, suspensi, dan sistem transmisi lainnya, sehingga armada dapat beroperasi dengan optimal dan tidak mengalami hambatan pada jalan yang memperburuk efisiensi bahan bakar.
  • Mengganti oli dan filter secara berkala, sehingga mesin dapat beroperasi dengan optimal dan meminimalkan gesekan dan kebocoran yang dapat memperburuk efisiensi bahan bakar.

Dengan melakukan preventive maintenance secara rutin, perusahaan dapat memastikan bahwa armada selalu dalam kondisi yang baik dan siap digunakan. Hal ini dapat membantu mengurangi biaya perbaikan yang besar, meningkatkan kinerja armada, memperpanjang masa pakai armada, dan meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Langkah-Langkah Preventive Maintenance Agar Irit Bahan Bakar

Preventive Mintenance

Pengecekan Rutin Berkala

Melakukan pengecekan rutin berkala terhadap kendaraan merupakan langkah yang sangat penting untuk mencegah terjadinya kerusakan dan menjaga performa kendaraan. Dalam pengecekan rutin ini, beberapa hal yang perlu diperiksa antara lain tekanan ban, kondisi kelistrikan, kondisi mesin, dan beberapa komponen penting lainnya yang berkaitan dengan penggunaan bahan bakar.

Penggantian Oli dan Filter Udara

Penggantian oli dan filter udara secara rutin sangat penting untuk menjaga kinerja mesin kendaraan. Oli yang sudah kotor dan tercemar dapat memperburuk performa mesin, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Filter udara yang sudah kotor juga dapat membuat mesin bekerja lebih keras dan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak.

Perawatan Sistem Pemanas dan Pendingin

Sistem pemanas dan pendingin di dalam kendaraan juga perlu mendapat perhatian. Pemeriksaan terhadap kondisi sistem ini dapat membantu memastikan bahwa kendaraan bekerja dengan baik dan menghemat bahan bakar dengan optimal. Sistem pemanas dan pendingin yang rusak dapat membuat mesin bekerja lebih keras dan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak.

Pemeriksaan Sistem Injeksi Bahan Bakar

Sistem injeksi bahan bakar juga perlu mendapat perawatan yang baik untuk memastikan performa mesin optimal dan menghemat bahan bakar. Pemeriksaan terhadap kondisi sistem injeksi bahan bakar secara berkala dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan dan menjamin performa mesin yang optimal.

Perawatan Sistem Rem

Sistem rem di dalam kendaraan juga perlu diperiksa secara rutin untuk memastikan bahwa sistem ini berfungsi dengan baik dan memperkecil risiko terjadinya kecelakaan. Ketika sistem rem tidak berfungsi dengan baik, mesin kendaraan harus bekerja lebih keras untuk melakukan pengereman, sehingga mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar. Oleh karena itu, perawatan sistem rem secara rutin dapat membantu menghemat bahan bakar pada kendaraan.

Tips Irit Bahan Bakar Selain Preventive Maintenance

Preventive Maintenance

Penggunaan Bahan Bakar yang Berkualitas

Penggunaan bahan bakar yang berkualitas dapat meningkatkan efisiensi armada. Bahan bakar yang berkualitas memiliki kandungan karbon yang lebih rendah sehingga dapat mengurangi emisi dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Selain itu, pastikan juga membeli bahan bakar di tempat yang terpercaya agar terhindar dari bahan bakar yang tidak berkualitas atau tercampur dengan air.

Pemilihan Rute yang Tepat

Pemilihan rute yang tepat dapat membantu menghemat bahan bakar armada. Pilihlah rute yang paling efisien dan hindari rute yang macet atau bergelombang. Selain itu, juga perlu memperhatikan jarak tempuh dan waktu yang dibutuhkan sehingga armada dapat mencapai tujuan dengan waktu yang tepat.

Pelatihan Mengemudi Ekonomis

Pelatihan mengemudi ekonomis dapat membantu menghemat bahan bakar armada. Dengan mengemudi dengan tenang dan menghindari akselerasi dan pengereman yang berlebihan, armada dapat berjalan lebih efisien dan menghemat bahan bakar. Selain itu, juga perlu memperhatikan kecepatan yang stabil dan menghindari penggunaan mesin dalam waktu yang lama saat mengemudi di tempat parkir atau dalam kondisi macet.

Kesimpulan

Preventive Maintenance

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah preventive maintenance sangat penting untuk menjaga efisiensi bahan bakar armada kendaraan. Melalui pengecekan rutin, penggantian oli dan filter udara, perawatan sistem pemanas dan pendingin, pemeriksaan sistem injeksi bahan bakar, dan perawatan sistem rem, dapat meningkatkan performa kendaraan dan mengurangi konsumsi bahan bakar yang boros.

Namun, untuk memaksimalkan efisiensi dan pengelolaan armada, perusahaan dapat memanfaatkan teknologi modern seperti aplikasi Vehicle Management System (VSMS) McEasy yang dilengkapi dengan hardware iTank dan iFuel. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur penting seperti manajemen muatan dan bahan bakar, serta monitoring secara real-time. Dengan adanya iTank dan iFuel, perusahaan dapat memiliki visibilitas yang lebih baik terhadap pemantauan bahan bakar armada, pengelolaan muatan, dan pengoptimalan penggunaan sumber daya.

Melalui penggunaan aplikasi VSMS McEasy dengan hardware iTank dan iFuel, perusahaan dapat memperoleh keuntungan seperti penghematan biaya operasional, peningkatan efisiensi penggunaan bahan bakar, dan pengawasan yang lebih baik terhadap armada. Dengan fitur-fitur yang terintegrasi dalam aplikasi ini, perusahaan dapat melacak dan mengelola pemakaian bahan bakar secara akurat, memantau muatan kendaraan, serta membuat keputusan yang lebih cerdas dalam pengaturan jadwal pengiriman.

Dengan demikian, penggunaan aplikasi VSMS McEasy dan hardware iTank dan iFuel dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar armada kendaraan. Hal ini akan memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan logistik dalam persaingan dengan perusahaan sejenis. Dengan transparansi dan kontrol yang diberikan oleh aplikasi ini, perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan bahan bakar, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tulisan Terkait

Cegah Penumpang Gelap dengan Solusi Dashcam TrackVision 

Cegah Penumpang Gelap dengan Solusi Dashcam TrackVision 

Bagi Anda pemilik bisnis jasa transportasi, keamanan di jalan raya adalah prioritas utama bagi setiap pengemudi dan penumpang. Namun, seringkali Anda menghadapi situasi di mana penumpang gelap, yang tidak terdaftar dalam catatan resmi kendaraan, dapat menimbulkan...

Temukan Cara iBuzzer Kendalikan Kecepatan Pengemudi di Jalan 

Temukan Cara iBuzzer Kendalikan Kecepatan Pengemudi di Jalan 

Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh pengemudi ngebut atau ugal-ugalan adalah masalah yang serius yang dapat mengancam bisnis Anda dan keselamatan publik. Selain risiko kerugian akibat kecelakaan, perilaku pengemudi dengan kecepatan agresif ini juga rentan...