2 Solusi Agar Aman Berkendara

oleh | 15 Jun 2023 | Manajemen Pengemudi


Tingginya angka kecelakaan bus di Indonesia menaruh perhatian penting bagi pelaku usaha di industri jasa transportasi atau perusahaan otobus. Salah satu faktor penyebab yang sering terjadi adalah tingginya tingkat pelanggaran lalu lintas dan kesadaran berkendara yang rendah menjadi faktor yang signifikan. Pelanggaran ini seperti melampaui batas kecepatan, mengemudi dalam keadaan mengantuk ataupun mabuk, dan lain sebainya. Ini tentunya sangat merugikan para penumpang, terutama pemilik jasa transportasi. Padahal, keselamatan penumpang menjadi aspek terpenting untuk mengukur kinerja armada bus.  

Dalam menghadapi situasi ini, kita semakin menyadari bahwa upaya menciptakan perjalanan yang aman belum sepenuhnya maksimal. Padahal, keselamatan dalam berkendara harus menjadi prioritas utama agar penumpang merasa nyaman. Maka dari itu, solusi tematik terintegrasi yang disediakan McEasy hadir membantu para pelaku usaha jasa transportasi, termasuk Anda, dalam menyederhanakan pengaturan operasional armada. Dengan menggunakan solusi tematik terbaik dari McEasy, Anda dapat mengatasi kendala dalam mengendalikan armada dan pengemudi dari jarak jauh, serta meningkatkan kualitas layanan perusahaan Anda. 

Apa itu Solusi Tematik dari McEasy? 

Istockphoto 1273454433 612X612 1

Untuk meningkatkan kualitas layanan jasa transportasi, peran teknologi di era kompetitif sekarang sangat membantu operasional armada menjadi lebih sederhana. Salah satunya melalui solusi tematik dari McEasy, yaitu TrackVision dan iBuzzer. Kedua solusi digital ini terhubung dengan platform McEasy untuk memantau kinerja armada dan pengemudi dari jarak jauh. Dengan visibilitas real-time 24/7 dari TrackVision dan iBuzzer, Anda dapat meningkatkan keamanan perjalanan dan menghindari risiko kecelakaan yang diakibatkan oleh pengemudi mengantuk, kehilangan konsentrasi, ugal-ugalan, ataupun mengalami distraksi lainnya. Lalu, bagaimana cara kerja TrackVision dan iBuzzer membantu Anda dalam memantau armada dan pengemudi secara keseluruhan? Bagaimana pula manfaat yang diberikan oleh kedua solusi tersebut dalam meningkatkan keamanan berkendara? 

Pemantauan Distraksi Pengemudi dengan TrackVision  

Trackvision Header

TrackVision ini berfungsi sebagai sistem pemantau aktivitas pengemudi yang berbentuk real-time video monitoring, merupakan alat dual kamera yang yang menghadap ke jalan dan pengemudi yang dilengkapi dengan Driver Monitoring System (DMS) sebagai notifikasi jika pengemudi mengalami distraksi. Tanda-tanda distraksi tersebut seperti kelelahan, kehilangan konsentrasi, mengantuk, merokok, tertidur, dan sebagainya. Dengan memberikan peringatan kepada pengemudi berupa notifikasi, maka pengemudi Anda akan kembali mengendarai dengan baik. Ini akan mengurangi risiko kecelakaan dan memantau pola perilaku pengemudi secara real-time. Dengan demikian, potensi bahaya di jalan dapat diminimalisir dan data tersebut dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja pengemudi, serta memberikan umpan balik yang berguna untuk meningkatkan keamanan berkendara. 

Notifikasi Batas Kecepatan Mengemudi dengan iBuzzer 

Ibuzzer

Selanjutnya, solusi yang kedua ada iBuzzer. iBuzzer merupakan sensor telematik berupa alert atau alarm digital. Manfaat dari iBuzzer yaitu memberikan peringatan kepada pengemudi ketika mereka melampaui batas kecepatan yang ditetapkan. Ini akan membantu mengingatkan pengemudi agar mematuhi peraturan lalu lintas dan mengurangi risiko kecelakaan akibat kecepatan berlebih. 

iBuzzer juga akan memberikan peringatan saat mendekati perlintasan jalan atau wilayah yang berisiko tinggi. Tentunya ini akan membantu mengingatkan pengemudi untuk berhati-hati, memperlambat kecepatan, dan meningkatkan kewaspadaan saat mendekati area yang berpotensi berbahaya. Bukan itu saja, iBuzzer dapat memberikan peringatan kepada pengemudi ketika mereka memasuki area dengan batasan kecepatan yang lebih rendah, seperti zona sekolah atau wilayah pemukiman. Hal ini membantu pengemudi mematuhi aturan kecepatan yang berlaku di lingkungan tersebut dan meningkatkan keselamatan bagi pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya. 

Solusi Komprehensif Meningkatkan Keamanan Berkendara 

Driver Behavior

Dengan menggabungkan kedua solusi fitur TrackVision dan iBuzzer, Anda dapat memberikan solusi yang komprehensif dalam meningkatkan keamanan berkendara. Dengan kemampuan TrackVision dan iBuzzer yang dapat mendeteksi tanda-tanda distraksi pengemudi dan pengingat batasan kecepatan armada, maka keamanan di setiap perjalanan dapat ditingkatkan dan penumpang semakin nyaman. 

Kini, saatnya untuk meningkatkan kualitas layanan dengan memiliki visibilitas real-time terhadap armada dan pengemudi Anda. Segera manfaatkan solusi TrackVision dan iBuzzer untuk menciptakan keamanan di setiap perjalanan. Kunjungi laman resmi TrackVision dan iBuzzer atau ajukan demo produknya, gratis!

Tulisan Terkait

Sering Disepelekan, 5 Fungsi Dashcam Saat Mengemudi

Sering Disepelekan, 5 Fungsi Dashcam Saat Mengemudi

Di industri pengangkutan orang seperti bus, travel, maupun shuttle, keamanan dan keselamatan penumpang adalah prioritas utama. Salah satu inovasi terbaru yang semakin umum digunakan dalam bisnis transportasi adalah pemasangan dashcam atau kamera pengawas di kendaraan...