Tingkatkan Keamanan Muatan Anda dengan VSMS McEasy

oleh | 9 Des 2022 | Solusi

Intensitas kenaikan pengiriman barang di Indonesia diprediksi semakin tinggi dari tahun ke tahun. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Dr. Nofrisel, SE, MM, Ketua Dewan Pakar Asosiasi Logistik Indonesia, yang mengatakan, di tahun 2022 hingga hari ini mencapai 11,5 juta shipment. Diperkirakan angka ini akan terus meningkat mencapai 15 juta shipment per hari di tahun 2023, Rabu (16/11). “Secara spasial, hampir 60% pergerakan barang berpusat di pulau Jawa. Sekitar 20% di Sumatera. Jakarta sendiri mencatat lebih dari 7.000.000 shipment setiap harinya,” ungkap Nofrisel.

35682C 59C08Ab075Cc4F4Ba585879882A1D69B Mv2

Nofrisel juga menambahkan, jika tidak ditangani dengan baik, bisa rawan terjadi mismatching, bottlenecking, dan mengakibatkan penurunan kualitas logistik. Salah satu strategi peningkatan efisiensi logistik adalah mengotomasi jaringan supply chain lewat digitalisasi teknologi.

Melihat kondisi demikian, tingkat efisiensi di dunia logistik perlu diciptakan agar tidak mengganggu kualitas produk logistik dan proses pengiriman juga berjalan lancar. Belum lagi permasalahan bidang logistik di luar sana yang disebabkan manajemen armada kurang optimal membuat sistem logistik di Indonesia perlu dibenahi agar tidak mengganggu proses pergerakan barang.

Karena itulah, solusi inovatif Vehicle Smart Management System (VSMS) McEasy hadir sebagai sistem manajemen armada untuk mendorong digitalisasi dan menciptakan efisiensi di ekosistem logistik Anda. Dengan solusi digital Software as a Service (SaaS) dan Internet of Things (IoT) yang dilengkapi berbagai fitur mampu mengelola dan mengontrol armada secara penuh, sehingga keamanan armada, proses pengiriman, dan aktivitas pengemudi dapat dipantau secara real time melalui GPS Tracker by VSMS McEasy.

Fitur-fitur dan Manfaat VSMS McEasy

Selain menjadi sesuatu yang paling vital, armada logistik juga bertanggung jawab untuk menjaga kualitas produk logistik dan tujuan yang kedua adalah agar muatan sampai ke pelanggan dengan tepat waktu.

Guna memenuhi kebutuhan itu, VSMS McEasy dilengkapi berbagai fitur untuk mengontrol penuh armada pengiriman agar tidak mengganggu kualitas muatan. Fitur-fitur ini antara lain:

Speed Alarm Buzer

35682C F52F3B535C654A9494Cb8F6Ed0E7B0C8 Mv2

Fitur VSMS yang satu ini berupa peringatan suara buzzer yang bisa membantu Anda untuk memperingatkan pengemudi saat armada melebihi batas kecepatan atau overspeed.

Sebelum armada dikemudikan, fitur ini sudah menentukan batasan maksimal yang harus dipatuhi pengemudi untuk menghindari bahaya yang tidak diinginkan sekaligus menjamin keselamatan mereka dalam bekerja.

Notif speed alarm akan berhenti jika pengemudi sudah mengurangi kecepatannya. Selain itu, fitur ini terdapat speed report yang akan menampilkan laporan kecepatan jika mengalami kecelakaan.

Sensor Pintu

35682C 6Ef82Eaabf9B461Da7Ab9D913E64304F Mv2

Fitur sensor pintu bisa membantu Anda untuk mendeteksi informasi mengenai jam, tanggal, dimana, dan berapa lama pintu armada dibuka, serta lokasi dari aktivitas buka tutupnya pintu. Sensor notifikasi ini sangat efektif untuk memberikan laporan yang penting pada aktivitas armada.

Sensor Suhu

35682C E577248Dfa9D4E979572Ac14Dee580F0 Mv2

Fitur sensor suhu ini bisa mendeteksi perubahan suhu di ruangan armada maupun bagasi secara real time. Sensor ini didesain untuk menghindari kecelakaan kerja akibat kegagalan mesin.

Misalnya, jika terjadi perubahan suhu yang signifikan pada armada, maka operator aplikasi akan segera mengetahuinya, sehingga kendala ini dapat diselesaikan dengan secepat mungkin. Ketika pengemudi merasa aman, pekerjaan mengemudi pun akan menjadi lebih nyaman dan lancar.

Sehingga, ketiga fitur VSMS di atas bisa menjadi solusi untuk menjaga kualitas muatan dan mengoperasionalkan armada dengan maksimal.

Beralih ke VSMS McEasy, jaga keamanan muatan dengan kontrol penuh armada Anda!

Tertarik untuk meningkatkan keamanan muatan Anda? Segera aktifkan dan hubungi tim sales kami untuk dapatkan penawaran khusus secepatnya!

Tulisan Terkait

Manfaat Transportation Management System (TMS)

Manfaat Transportation Management System (TMS)

Ada banyak manfaat TMS yang membantu perusahaan memindahkan barang dari titik awal ke tujuan secara akurat dan hemat biaya Transportation Management System (TMS) adalah platform logistik yang menggunakan teknologi untuk membantu bisnis merencanakan, melaksanakan, dan...