TMS dari McEasy: Layanan Teknologi untuk Operasional Logistik dan Transportasi

oleh | 10 Jan 2022 | Solusi

Perkembangan teknologi dan internet saat ini sangat mempengaruhi semua sektor industri. Salah satunya adalah sektor logistik. Di Indonesia sendiri, layanan aplikasi yang memudahkan operasional logistik sudah cukup banyak.

Salah satunya adalah TMS. Layanan ini mampu melengkapi kebutuhan perusahaan skala kecil hingga besar.

Lalu, apa itu sebenarnya TMS? Kali ini McEasy akan membahas tentang layanan TMS dari McEasy. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Manfaat Penggunaan Software dalam Bisnis?

Sebelum membahas tentang layanan TMS lebih dalam, mari kita bahas secara umum dulu apa manfaat penggunaan software dalam bisnis.

Dengan memanfaatkan software atau perangkat lunak, maka Anda bisa meningkatkan operasional bisnis perusahaan.

Misalnya, ketika anda mengelola banyak varian dan menjual barang-barang yang beragam, Anda akan menyadari bahwa memakai software atau perangkat lunak merupakan investasi yang tepat.

Lebih lanjut, dengan software, Anda bisa mengelola dan memonitor barang dagangan, data supplier dan pelanggan, menggunakannya untuk transaksi pembelian dan penjualan dengan keunggulan lebih mudah mengontrol penjualan dan pembelian yang terjadi setiap harinya.

Penggunaan software juga bisa menyajikan data laporan yang nantinya bisa dipadukan menggunakan anggaran atau mekanisme yang sudah ditentukan, sebagai output laporan keuangan yang benar akurat.

Apa itu TMS?

TMS atau Transportation Management System adalah Software as a Service (SaaS) yang digunakan untuk membantu mengatur dan menjalankan operasional logistik perusahaan: penerimaan order, tracking kendaraan, perawatan kendaraan, sampai analisis laba/rugi perusahaan secara cepat dan akurat.

Lebih lanjut, penggunaan TMS juga memberikan keuntungan lain yaitu, mampu memberikan data secara akurat mengenai kendaraan yang digunakan dan juga notifikasi yang selalu update secara realtime

Tidak hanya itu, keuntungan terbesar dalam penggunaannya adalah mengurangi tenaga kerja yang dibutuhkan. Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan lain penggunaan TMS bagi perusahaan:

Mengurangi Biaya dan Mengurangi Kesalahan Informasi

TMS yang sudah terintegrasi dengan system ERP dan list data tujuan, akan mengurangi kesalahan informasi yang dibutuhkan seperti, salah input data alamat. Hal ini tentunya akan mengakibatkan kesalahan dalam perhitungan biaya kirim, salah alamat pengiriman, bahkan sampai salah pemakaian transportasi.

Meningkatkan Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan.

Kelebihan menggunakan TMS lainnya adalah bisa meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Hal ini dikarenakan customer bisa mendapatkan rincian biaya yang tepat dan bisa mendapatkan informasi kapan sampai tujuan secara otomatis.

Meningkatkan Efisiensi Gudang

Dengan menggunakan TMS Anda bisa mengurangi waktu dalam mengelola pengiriman, fungsi gudang juga tetap terjaga. TMS bisa menghindari kesalahan dalam input data entry inventaris dan bisa mengoreksi kesalahan yang disebabkan karena kesalahan entri.

Pengelolaan Cash Flow yang Lebih Baik

TMS memiliki manfaat untuk membantu perusahaan yang memiliki biaya yang lebih rendah. Dengan TMS juga bisa membantu perusahaan dalam mengirimkan kargo yang lebih cepat dengan biaya yang lebih hemat.

Keunggulan TMS McEasy

Layanan TMS dari McEasy ini merupakan teknologi paling fleksibel karena dapat memfasilitasi kebutuhan perencanaan, optimalisasi, dan aplikasi mengoperasikan transportasi yang lebih baik. Berikut adalah kelebihan menggunakan aplikasi TMS McEasy:

  1. Memiliki infographics yang jelas
  2. Layanan pelanggan adalah yang utama
  3. Hemat biaya
  4. Memiliki notifikasi melalui email, sms dan WhatsApp yang masuk.
  5. Melakukan perawatan armada tepat waktu untuk memaksimalkan kinerja kendaraan.
  6. Memberikan akses data kepada pelanggan melalui portal web.
  7. Mengelola dan mengontrol yang terintegrasi dengan GPS dan ERP.
  8. Format report dan dasbor analis yang dapat disesuaikan.
  9. Live tracking dengan fitur peta (map).

Aplikasi TMS dari McEasy menawarkan dan menyediakan solusi untuk mengintegrasikan serta meningkatkan kinerja penjualan dan hasil yang maksimal.

Berbagai kelebihan juga bisa didapatkan dari layanan TMS McEasy bagi konsumen. Khusus dalam hal biaya pengiriman yang terus meningkat pada logistik. Dilanjutkan dengan permasalah kekurangan kapasitas dan kompleksitas pada manajemen transportasi. Demi menyelesaikan seluruh tantangan tersebut, perusahaan perlu memanfaatkan teknologi yang membantu mereka menaikkan kemampuan logistik dan sekaligus mengurangi biaya transportasi, salah satunya adalah menggunakan TMS.

McEasy menawarkan pilihan produk yang bisa anda pilih sinkronkan dengan kebutuhan perusahaan. Anda dapat mempermudah segala proses pengawasan, pengendalian, dan penyimpanan dan pengolahan data logistik usaha Anda. Berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan layanan TMS dari McEasy.

Dilengkapi dengan GPS Tracker

Layanan TMS McEasy dilengkapi dengan GPS tracker yang terintegrasi menggunakan fleet manajemen untuk memantau dan mengendalikan semua armada kendaraan secara real-time 24/7.

Integrasi dengan GPS Tracker dan ERP perusahaan

GPS tracker adalah solusi digital untuk membantu operasional logistik & pelacakan lokasi tunggangan secara real-time. TMS dari McEasy juga bisa terintegrasi dengan GPS dan ERP yang telah Anda gunakan untuk perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, & optimisasi proses pengiriman barang agar lebih efisien dan mengurangi biaya.

Memiliki 4 Modul Primer yang Saling Terintegrasi

Bagian dari 4 modul primer pada McEasy TMS terintegrasi buat menangani manajemen logistik mulai dari proses penanganan order, alokasi armada serta pengemudi, pemantauan proses pengiriman order, dan pengelolaan kontrak pelanggan.

Dilengkapi dengan Analisis dan Visualisasi Data

Keseluruhan modul layanan TMS MCEasy didukung dengan kemampuan Analisa dan visualisasi data, pengaturan akses pengguna, dan Integrasi API menggunakan sistem terpasang.

Aplikasi Smart Driver

Kelebihan berikutnya adalah layanan TMS dari McEasy memiliki Smart Driver untuk operasional Driver. Fitur ini juga berfungsi untuk melacak posisi dan monitor biaya operasional semua armada transportasi (mobil, bus, truk) secara transparan dan otomatis.

Free Trial TMS dari McEasy Selama 9 Bulan

Setelah tahu banyaknya manfaat TMS bagi perusahaan, kini saatnya Anda mencoba layanan tersebut segara GRATIS selama 9 bulan.

… dan Bebas Biaya Aktivasi Rp15.000.000.

Biaya aktivasi tersebut meliputi: fasilitas pemasangan, pengaturan data, testing, pengaturan dashboard hingga reporting.

Tunggu apalagi? Jangan lewatkan kesempatan ini!

Dapatkan berbagai manfaatnya, mulai dari mendapatkan data secara akurat dan otomatis, serta kemudahan memiliki manajemen logistik yang memudahkan kegiatan operasional perusahaan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi tim McEasy.

Tulisan Terkait

Tingkatkan Keamanan Muatan Anda dengan VSMS McEasy

Tingkatkan Keamanan Muatan Anda dengan VSMS McEasy

Intensitas kenaikan pengiriman barang di Indonesia diprediksi semakin tinggi dari tahun ke tahun. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Dr. Nofrisel, SE, MM, Ketua Dewan Pakar Asosiasi Logistik Indonesia, yang mengatakan, di tahun 2022 hingga hari ini mencapai 11,5 juta...

Manfaat Transportation Management System (TMS)

Manfaat Transportation Management System (TMS)

Ada banyak manfaat TMS yang membantu perusahaan memindahkan barang dari titik awal ke tujuan secara akurat dan hemat biaya Transportation Management System (TMS) adalah platform logistik yang menggunakan teknologi untuk membantu bisnis merencanakan, melaksanakan, dan...