Begini Strategi Cold Delivery Superkul Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

oleh | 3 Feb 2023 | Studi Kasus

Simak bagaimana Superkul berhasil melampaui permasalahan operasionalnya dengan solusi digital inovatif dari McEasy


Tingginya Angka Kegagalan Produk Rantai Dingin

Mungkin bagi Anda penggiat bisnis cold chain delivery sudah tak asing lagi dengan berbagai permasalahan yang dialami oleh jasa pengiriman ini. Tingginya angka kegagalan pada produk rantai dingin kerap kali menurunkan kualitas dan pelayanan cold chain delivery. Padahal para pebisnis ini selalu mengupayakan dan memberikan service maksimal bagi para pelanggannya.

Hal ini makin diperkuat dengan pemberitaan yang dilansir dari Bisnis.com, yang mengatakan bahwa industri cold chain atau rantai pendingin di Indonesia menghadapi tantangan berupa kegagalan logistik terkait dengan sistem distribusi yang cukup tinggi hingga 20% dari total distribusi.

Ketua DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Yukki Nugrahawan Hanafi juga mengatakan, di balik potensi bisnis cold chain juga terdapat berbagai tantangan seperti menyangkut teknologi untuk sistem pengiriman, maupun asuransi penyedia layanan, serta terbatasnya platform e-Commerce yang menginformasikan kemampuan cold chain. Untuk mencegah intensitas permasalahan logistik ini, perlu dilakukan upaya atau strategi guna memperbaiki dan memaksimalkan sistem pengiriman.

Bisnis Cold Chain Delivery Superkul Ekspansi ke McEasy

Bisa kita lihat bersama dari kedua pendapat di atas, sebenarnya permasalahan jasa logistik cold chain cukup besar. Akan tetapi, permasalahan itu justru bisa ditangani agar bisnis cold chain delivery berjalan optimal. Kali ini Anda bisa menyimak kisah sukses dari bisnis cold chain delivery Superkul yang sukses menangani masalah logistiknya.

Superkul berhasil melampaui permasalahan operasionalnya dengan solusi digital inovatif dari McEasy, yang sejalan dengan argumen Ketua DPP ALFI kalau sistem pengiriman sangat berkaitan dengan teknologi. Di sinilah McEasy berperan untuk membantu Superkul mengoptimalkan operasionalnya.

35682C 58D8F699Cfc545Cdb610B66250Ebc5B4~Mv2

Bagi yang belum tau apa itu Superkul, jadi Superkul yang memiliki nama lain dari PT Superkul Amerta Indonesia merupakan spesialis jasa pengiriman barang fresh and frozen berpendingin pertama di Indonesia. Saat ini jangkauan pengiriman atau delivery Superkul baru berada di Jakarta dan Bandung dan telah melayani sebanyak 231 klien dari sektor Food and Beverages (F&B), kesehatan, dan farmasi.

Untuk melayani ratusan kliennya itu, Superkul memaksimalkan pengirimannya menggunakan VSMS dari McEasy. Hasilnya tentu sangat memuaskan. Superkul sukses mengelola bisnisnya yang dibuktikan dengan tingginya angka kepuasan para pelanggan mereka dan kualitas produk rantai dingin mereka yang tetap terjaga.

35682C 4A44Db5375Dc4Cdc8A65E9B55Be1Db83~Mv2

Klien Superkul saat ini sangat puas dengan pelayanan kami yang benar-benar end to end, tutur Chris Wiranata, Co-Founder Superkul. Chris juga menambahkan bahwa secara langsung dampaknya sangat terbantu untuk meningkatkan kepercayaan klien mereka sejak menggunakan VSMS McEasy. Jadi kita tidak hanya menyediakan jasa pengiriman, tapi juga memberikan akses kepada customer kami, tegasnya.

Kepuasan Klien Meningkat dengan Fitur-fitur McEasy

Live Tracking

35682C 158B87D674E849058A77A57167A80A90~Mv2

Fitur live tracking yang terdapat di VSMS membantu Superkul untuk melacak setiap pergerakan armada atau motor berpendingin secara real time. Superkul juga bisa membagikan live tracking ini kepada kliennya tanpa berkomunikasi langsung dengan driver logistik, sehingga para klien Superkul merasa aman karena bisa melihat posisi driver dan barang mereka secara langsung. Oleh sebab itu, para klien ini percaya dan sangat loyalitas dengan layanan Superkul.

Sensor Suhu

35682C Eec0A93Cdde340F2Acc59A213190E78A~Mv2

Salah satu fitur yang sangat membantu Superkul dalam operasional pengirimannya adalah sensor suhu. Sensor suhu pada VSMS ini berfungsi untuk mengetahui dan mendeteksi suhu secara real time yang bisa menjaga kualitas produk rantai dingin di dalam cool box pengiriman. Hal inilah yang membuat klien Superkul merasa puas karena barang yang mereka terima sangat terjaga kualitasnya.

Dengan demikian, adanya fitur live tracking dan sensor suhu bisa mempercepat proses bisnis Superkul karena mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi pengiriman. Bukan hanya itu, VSMS juga mampu menambah value proposition Superkul karena pelayanan yang diberikan sangat maksimal dengan tetap terjaganya kualitas produk rantai dingin secara end to end. Inilah yang membuat citra perusahaan Superkul semakin bagus di mata kliennya.

35682C 81Af1A22513C42Bbb4Ca78Ccd0Bd62B1~Mv2

Tertarik untuk mengikuti jejak kesuksesan bisnis Cold Chain Delivery seperti Superkul?

Percepat lini bisnis Anda sekarang dengan digitalisasi pintar dari VSMS McEasy!

Hubungi tim sales kami untuk ajukan demo gratis atau kunjungi laman website McEasy untuk dapatkan informasi lebih lengkap. Selengkapnya di Product | McEasy

Tulisan Terkait

PO Ladju Semakin Berkembang Sejak Manfaatkan VSMS

PO Ladju Semakin Berkembang Sejak Manfaatkan VSMS

Berbicara tentang bisnis yang menjual jasa perencanaan rute perjalanan, keamanan dan kenyamanan penumpang adalah hal yang perlu diutamakan. Penyedia jasa perjalanan bukan hanya memikirkan bagaimana menjaga aset armada mereka, tetapi juga harus menciptakan loyalitas...

Efisiensi Jams Logistic Meningkat 76,84% Sejak Gunakan TMS McEasy

Efisiensi Jams Logistic Meningkat 76,84% Sejak Gunakan TMS McEasy

Pemilihan dan penggunaan sistem yang tepat mempermudah dan mempercepat kegiatan usaha logistik. Seperti salah satu perusahaan logistik Mid-mile yang berdiri sejak tahun 2017 yaitu Jams Logistic berhasil mengefisiensi dan mengoptimalisasi usaha logistiknya dengan...