TMS McEasy Tingkatkan Operasional Logistik PT Bintang Harapan Makmur

oleh | 23 Feb 2023 | Studi Kasus

Pengelolaan operasional supply chain yang maksimal bisa diukur dengan jenis sistem yang digunakan perusahaan. Pemilihan sistem yang tepat bisa mempermudah dan mempercepat pekerjaan, sehingga meminimalisir sumber daya dan tenaga kerja yang terbuang. Tetapi faktanya, seringkali ditemukan sistem yang masih konvensional dan manual di beberapa perusahaan bidang logistik. Padahal di era teknologi seperti sekarang hampir seluruh kegiatan usaha logistik menggunakan sistem digital.

Penerapan sistem digital memberikan dampak positif bagi perusahaan supply chain, salah satunya bagi PT Bintang Harapan Makmur. Perusahaan ini berdiri kurang lebih lima tahun sejak 2017 yang hingga sekarang mendistribusikan produk minuman beralkohol berizin lengkap itu di seluruh kawasan provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. PT BHM mulanya menggunakan sistem manual dan seringkali ditemukan human error. Selain ingin lebih efektif, PT BHM juga ingin mengintegrasikan bisnisnya ke ekosistem digital yang inovatif dalam jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya yang kian meningkat.

Solusi TMS dari McEasy untuk Bintang Harapan makmur

Tms Mceasy Kendalikan Operasional Logistik Bintang Harapan Makmur

Bermula dari kondisi itulah yang kemudian membuat PT BHM menemukan solusi tepat untuk mengelola aktivitas logistiknya dengan baik dan optimal. Transportation Management System (TMS) dari McEasy adalah jawaban sekaligus solusi tepat untuk mengatasi masalah operasional sekaligus meningkatkan visibilitas truk muatan PT BHM agar lebih optimal.

TMS McEasy adalah software yang didesain untuk membantu manajemen dan operasional pengiriman dengan lebih efisien, akurat, dan transparan. Sebagaimana yang dituturkan Faust Maximillian L, Direktur PT Bintang Harapan Makmur yang mengatakan, TMS Mobile dari McEasy memudahkan operasional mereka dan membantu melakukan tracking armada di seluruh area Jawa Barat dan Jawa Tengah pada waktu yang bersamaan. PT BHM juga bisa melakukan controlling terhadap penggunaan bahan bakar bakar di seluruh armada.

Route Optimization dan Live Tracking Optimalkan Armada

Fitur-fitur yang ada di dalam TMS memang sangat berdampak positif bagi pelaku usaha logistik. Selain untuk investasi jangka panjang, ternyata fitur-fitur TMS sangat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis logistik baik di masa sekarang maupun masa depan. Apalagi dengan permasalahan biaya logistik yang masih tinggi di Indonesia sekitar 23,5% dan performa logistik sebesar 3,15% membuat Indonesia menduduki peringkat ke-46 global dan peringkat ke-5 di kawasan ASEAN. Maka, menekan biaya operasional harus dilakukan segera oleh para penggiat bisnis logistik di Indonesia.

Belajar dari permasalahan logistik inilah yang membuat PT BHM memilih TMS untuk mengontrol biaya operasional dengan fitur route optimization. Fitur ini membantu PT BHM dalam merencanakan dan membuat rute tercepat untuk pengiriman sekaligus. Selain lebih hemat bahan bakar, route optimization juga mengefisiensi waktu. Pada akhirnya PT BHM tidak membuang waktu lebih banyak untuk membuat rute, bahkan manajemen pengelolaannya lebih sistematis.

Route Optimization Mceasy

Kemudian PT BHM juga bisa memonitoring seluruh armada pengirimannya secara real-time dari jarak jauh dimanapun dan kapanpun melalui fitur live tracking yang terdapat di TMS. Selain bisa diakses melalui desktop dan mobile, PT BHM juga semakin mudah membuat laporan data pengiriman. Tentunya lebih akurat dan transparan, sekaliguvs menghindari terjadinya human error.

Demikian kesuksesan perusahaan PT Bintang Harapan Makmur setelah menggunakan TMS McEasy. Ada banyak fitur andal yang terdapat di TMS untuk ciptakan ekosistem logistik yang lebih efisien dan inovatif.
Dapatkan fitur TMS menarik lainnya dan jadwalkan demonya gratis! Hubungi tim sales McEasy atau kunjungi website kami.

Tulisan Terkait

PO Ladju Semakin Berkembang Sejak Manfaatkan VSMS

PO Ladju Semakin Berkembang Sejak Manfaatkan VSMS

Berbicara tentang bisnis yang menjual jasa perencanaan rute perjalanan, keamanan dan kenyamanan penumpang adalah hal yang perlu diutamakan. Penyedia jasa perjalanan bukan hanya memikirkan bagaimana menjaga aset armada mereka, tetapi juga harus menciptakan loyalitas...

Efisiensi Jams Logistic Meningkat 76,84% Sejak Gunakan TMS McEasy

Efisiensi Jams Logistic Meningkat 76,84% Sejak Gunakan TMS McEasy

Pemilihan dan penggunaan sistem yang tepat mempermudah dan mempercepat kegiatan usaha logistik. Seperti salah satu perusahaan logistik Mid-mile yang berdiri sejak tahun 2017 yaitu Jams Logistic berhasil mengefisiensi dan mengoptimalisasi usaha logistiknya dengan...