Hanya dalam Setahun! Cooljek Berhasil Tingkatkan Customernya 35-45%

oleh | 2 Mar 2023 | Studi Kasus

Salah satu indikator keberhasilan suatu bisnis sangat bergantung dengan seberapa banyak customer yang telah menggunakan layanan maupun produk dari bisnis tersebut. Sejenak coba bayangkan jika bisnis Anda sudah mampu menjamah atau melampaui target pasar atau target penjualan yang telah ditentukan perusahaan di awal, tentu menghasilkan jumlah profit yang sangat besar bukan? Selain itu, citra perusahaan Anda juga semakin meningkat.

Lagi-lagi kunci keberhasilan suatu bisnis terletak pada bagaimana sistem perusahaan Anda bekerja guna memberikan yang terbaik bagi para customer. Dengan pengelolaan yang tersistem dengan baik itu, juga akan menciptakan loyalitas customer.

Cooljek Ekspansi ke Teknologi Pintar McEasy

Hal ini sudah dibuktikan dengan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman produk rantai dingin atau cold chain delivery Cooljek. Jadi, Cooljek adalah anak perusahaan dari PT Karya Indonesia Sukses yang bergerak di bidang cold parcel delivery yang hingga kini berdiri selama 20 tahun. Memiliki banyak armada motor berpendingin yang dilengkapi freezer box aktif dengan rata-rata suhu yang bisa diatur -22 hingga 10 derajat celcius.

Titik penggerak keberhasilan Cooljek bermula dari mereka menggunakan teknologi pintar berupa Transportation Management System (TMS) dan Vehicle Smart Management System (VSMS) dari McEasy. TMS yang terintegrasi dengan sistem existing perusahaan melalui API yang dapat diintegrasikan dengan sistem perusahaan lain, seperti ERP dan WMS sangat membantu aktivitas manajemen pengiriman Cooljek. Sedangkan VSMS adalah aplikasi fleet management berbasis GPS Tracker yang bisa mengendalikan secara penuh jalannya armada Cooljek. Dengan menyeimbangkan antara manajemen pengiriman dan armada pengiriman, integrasi pengiriman Cooljek semakin optimal.

“Sebelum kita menggunakan McEasy, kita punya kendala untuk tracking semua driver kita. Jadi sebelum menggunakan McEasy, kita masih tracking semua driver kami melalui WhatsApp. GPS tracking dari McEasy itu meningkatkan produktivitas kita, karena kita bisa lebih efisien dan gampang memperhatikan lokasi driver kita melalui TMS-nya”, ungkap Nathanael Christopher, CEO Cooljek.

Cooljek

CEO Cooljek Nathanael juga menambahkan, di situlah customer Cooljek bertambah satu persatu hingga sekarang meningkat tajam, yaitu mencapai 35-45% yang terdiri dari customer lama maupun customer baru. Perubahan dan peningkatan luar biasa ini terjadi hanya dalam satu tahun. Fantastis bukan?

Fitur-fitur McEasy Andalan Cooljek

McEasy berbasis Software as a Service (SaaS) dan Internet of Things (IoT) sengaja didesain untuk mengatasi masalah logistik dan armada melalui fitur-fitur andalannya. Fitur live view dan live tracking menjadi keunggulan tersendiri bagi Cooljek untuk mengetahui dan memantau posisi driver dan armada motor berpendinginnya.

Sejalan dengan kendala yang sering dialami Cooljek yaitu kesusahan melakukan tracking driver, fitur live tracking dan live view sangat membantu Cooljek melacak posisi tiap armadanya. Cooljek dengan sangat mudah mengendalikan seluruh motor berpendinginnya secara real time 24 jam. Pihak staff Cooljek tidak lagi membuang waktunya untuk integrasi ke WhatsApp masing-masing driver jika ingin mengetahui masing-masing posisinya. Penggunaan TMS dan VSMS ini bisa dioperasikan melalui mobile maupun desktop. Bukan itu saja, pihak customer juga diberi akses untuk melacak langsung muatannya. Inilah yang membuat para customer merasa puas dengan pelayanan Cooljek.

Cooljek

Fitur andalan selanjutnya yang meningkatkan produktivitas operasional pengiriman Cooljek adalah route optimization yang terdapat di TMS. Route optimization membantu Cooljek untuk membuat order pengiriman otomatis dan mengefisiensi rute pengiriman dari segi waktu, rute, hingga menghemat biaya bahan bakar armada.

“Dan juga yang terakhir itu route optimization. Jadi itu memudahkan kita untuk merouting outlet-outlet yang akan dikirim pada hari itu secara otomatis. Integrasi dengan sistem McEasy, mempermudah pengaturan armada Cooljek”, tutur Nathanael.

Itulah kilas balik kesuksesan yang dicapai Cooljek hingga seperti sekarang. Dengan digitalisasi McEasy semakin mempermudah Cooljek menuju masa depan teknologi industri cold chain delivery.

Sekarang adalah saat yang tepat untuk mengintegrasikan bisnis Anda ke teknologi pintar McEasy. Dapat dan rasakan langsung fitur-fiturnya agar manajemen dan operasional bisnis Anda semakin efisien, produktif, dan optimal! Hubungi tim sales kami untuk dapatkan informasi lebih lengkap dan ajukan demo gratis dari kami.

Tulisan Terkait

PO Ladju Semakin Berkembang Sejak Manfaatkan VSMS

PO Ladju Semakin Berkembang Sejak Manfaatkan VSMS

Berbicara tentang bisnis yang menjual jasa perencanaan rute perjalanan, keamanan dan kenyamanan penumpang adalah hal yang perlu diutamakan. Penyedia jasa perjalanan bukan hanya memikirkan bagaimana menjaga aset armada mereka, tetapi juga harus menciptakan loyalitas...

Efisiensi Jams Logistic Meningkat 76,84% Sejak Gunakan TMS McEasy

Efisiensi Jams Logistic Meningkat 76,84% Sejak Gunakan TMS McEasy

Pemilihan dan penggunaan sistem yang tepat mempermudah dan mempercepat kegiatan usaha logistik. Seperti salah satu perusahaan logistik Mid-mile yang berdiri sejak tahun 2017 yaitu Jams Logistic berhasil mengefisiensi dan mengoptimalisasi usaha logistiknya dengan...