Efisiensi Jams Logistic Meningkat 76,84% Sejak Gunakan TMS McEasy

oleh | 14 Mar 2023 | Studi Kasus

Pemilihan dan penggunaan sistem yang tepat mempermudah dan mempercepat kegiatan usaha logistik. Seperti salah satu perusahaan logistik Mid-mile yang berdiri sejak tahun 2017 yaitu Jams Logistic berhasil mengefisiensi dan mengoptimalisasi usaha logistiknya dengan menggunakan teknologi pintar Transportation Management System (TMS) dari McEasy.

Sebaliknya, jika sistem yang digunakan masih bersifat konvensional dan manual, aktivitas logistik justru tidak berjalan efektif. Termasuk di era yang serba digital sekarang, pemanfaatan teknologi sangatlah penting untuk mengembangkan industri logistik global maupun domestik.

Dengan digitalisasi menjadikan proses logistik dan operasional transportasi semakin efisien dan tepat guna. Bukan itu saja, pemilik bisnis, pihak staff, dan pihak pengemudi juga semakin mudah melakukan pekerjaan dan produktivitas kerja mereka juga meningkat.

Jams Logistic Integrasi ke Solusi Pintar TMS

Jams Logistic Tms

Sebelumnya Jams Logistic mengungkap selama lima tahun beroperasi, sistem yang mereka gunakan masih sangat manual dengan pencatatan dan pengelolaan data pengiriman di spreadsheet. Belum lagi jika intensitas permintaan pengiriman yang tinggi membuat Jams Logistic membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal inilah yang membuat manajemen dan operasional Jams Logistic perlu dibenahi agar mendapatkan hasil maksimal.

Selain untuk mengefisiensi dari segi waktu, ada banyak permasalahan yang mereka ungkap hingga mengapa mereka memilih dan menggunakan teknologi TMS McEasy sebagai solusi logistiknya. Adapun tantangan logistik yang ingin diselesaikan Jams Logistic adalah meningkatkan tingkat akurasi proses bisnisnya, mengurangi adanya human error karena sistem yang digunakan masih manual termasuk mengurangi pemakaian kertas, dan yang paling penting adalah Jams Logistic ingin meningkatkan daya saing pelayanannya agar loyalitas dan kepuasan kliennya tetap terjaga.

Benefit Apa Yang Jams Logistic Dapatkan dari TMS?

Berbagai fitur dalam satu platform TMS McEasy memberikan benefit yang begitu luas untuk perkembangan logistik dan armada Jams Logistic. Benefit apa yang didapatkan Jams Logistic dari penggunaan TMS?

Efisiensi Waktu 100 Jam Per Bulan

Fitur Route Management yang terdapat di TMS mampu menghemat waktu operasional Jams Logistic menjadi 100 jam setiap bulannya atau meningkat 76,84% lebih efisien dalam pembuatan fleet order dan menginformasikan posisi armada kepada klien. Dengan fitur ini Jams Logistic bisa mengatur jadwal pengiriman dengan mudah yang tentunya lebih efisien, sehingga kapasitas dan produktivitas armada semakin meningkat.

Akurasi Proses Bisnis Meningkat

Digitalisasi TMS membantu Jams Logistic melakukan monitoring armada melalui fitur live tracking dan live view yang bisa melacak dan memantau jalannya armada secara real time 24 jam, sehingga memberikan peningkatan visibilitas pada armada Jams Logistic.

Pengurangan Lead Time Pada Pembuatan Invoice

Electronic Proof of Delivery (E-PoD) pada TMS mempersingkat lead time pembuatan invoice menjadi 30 menit saja. Sebelumnya sistem pengerjaan lead time ini hanya bisa dikerjakan selama satu hari kerja setelah muatan terkirim. Dengan begitu efisiensi semakin tercipta di ekosistem Jams Logistic.

Mengurangi Human Error

TMS menerima dan membuat order pengiriman secara otomatis, mencatat dan mengelola data pelanggan dengan lebih transparan, sehingga proses manajemen Jams Logistic terhindar dari adanya human error.

Meningkatkan Produktivitas

Semenjak Jams Logistic mengintegrasikan bisnisnya ke TMS McEasy, efisiensi dan produktivitas semakin meningkat karena pekerjaan dilakukan dengan mudah, sehingga Anda pun bisa lebih fokus terhadap pekerjaan lain.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Efisiensi, akurasi, dan transparan yang tercipta di ekosistem Jams Logistik membuat bisnis ini semakin dikagumi oleh para klien, karena mereka juga diberi akses untuk melacak barang dan armada pengirimannya atau mengetahui update status pengirimannya. Hal inilah yang membuat para klien merasa semakin merasa aman dan puas dengan layanan Jams Logistic.

Jams Logistic

Itulah cara Jams Logistic bertransformasi ke sistem digital TMS McEasy. Sangat banyak sekali bukan benefit yang didapatkan? Sekarang giliran Anda mempercepat proses logistik dan meningkatkan visibilitas armada dengan TMS McEasy! Kunjungi laman website product]untuk dapatkan fitur-fiturnya. Anda juga bisa hubungi tim sales McEasy atau ajukan demonya gratis! Jadi tunggu apa lagi?

Tulisan Terkait

PO Ladju Semakin Berkembang Sejak Manfaatkan VSMS

PO Ladju Semakin Berkembang Sejak Manfaatkan VSMS

Berbicara tentang bisnis yang menjual jasa perencanaan rute perjalanan, keamanan dan kenyamanan penumpang adalah hal yang perlu diutamakan. Penyedia jasa perjalanan bukan hanya memikirkan bagaimana menjaga aset armada mereka, tetapi juga harus menciptakan loyalitas...

Hanya dalam Setahun! Cooljek Berhasil Tingkatkan Customernya 35-45%

Hanya dalam Setahun! Cooljek Berhasil Tingkatkan Customernya 35-45%

Salah satu indikator keberhasilan suatu bisnis sangat bergantung dengan seberapa banyak customer yang telah menggunakan layanan maupun produk dari bisnis tersebut. Sejenak coba bayangkan jika bisnis Anda sudah mampu menjamah atau melampaui target pasar atau target...