PO Ladju Semakin Berkembang Sejak Manfaatkan VSMS

oleh | 24 Mar 2023 | Studi Kasus


Berbicara tentang bisnis yang menjual jasa perencanaan rute perjalanan, keamanan dan kenyamanan penumpang adalah hal yang perlu diutamakan. Penyedia jasa perjalanan bukan hanya memikirkan bagaimana menjaga aset armada mereka, tetapi juga harus menciptakan loyalitas penumpang untuk keberlangsungan lini bisnisnya. Untuk mencapai efektivitas itu, para pemilik layanan perjalanan tentunya harus mengelola manajemen operasional bisnis dengan baik.

Tetapi, dengan sistem yang digunakan sebagian perusahaan masih manual membuat semakin rendahnya efektivitas dan efisiensi proses bisnis jasa penyedia perjalanan. Dan faktanya, justru sistem manual inilah yang menghambat operasional dan dalam skala besar berpengaruh pada ketidaknyamanan penumpang sebagai pelanggan.

Seperti yang dialami oleh perusahaan otobus yang berpusat di Pasuruan Jawa Timur, yaitu PO Ladju atau Ladju Trans. Perusahaan yang memiliki 50 armada dengan menyediakan rute Surabaya hingga Denpasar ini terkendala pada proses operasional, seperti kesusahan memantau armada hingga minimnya kontrol armada yang membuat performa bisnisnya belum maksimal dan tidak efisien. Kondisi ini jelas merugikan pihak perusahaan dan jika tidak ditangani dengan sigap, total kerugian dengan jumlah besar tentunya menyerobot masuk ke perusahaan Ladju Trans. Jadi, bagaimana Ladju mengatasi tantangannya itu?

VSMS, Solusi Terbaik PO Ladju

Setelah mengalami transisi masalah yang begitu kompleks karena sistem manual, PO Ladju kini berekspansi ke sistem digital yang lebih pintar untuk menjawab tantangan manajemen operasionalnya. Sistem digital ini yaitu VSMS dari McEasy. Apa itu VSMS? Vehicle Smart Management System atau disingkat VSMS adalah aplikasi atau platform yang menyediakan solusi digital terintegrasi dan terpercaya untuk menjawab semua tantangan sesuai kebutuhan industri transportasi. Selain bisa mengatur seluruh operasional yang telah terkoneksi dengan 50 armadanya, fitur-fitur yang ada di software VSMS juga mengelola fleet management dengan sangat baik.

Keuntungan Menggunakan VSMS

Semenjak PO Ladju beralih dari sistem digital VSMS, sekarang manajemen operasional mereka lebih mudah dioperasikan dan mendapat hasil maksimal. “Dengan menekan pengeluaran yang dijalankan yang tidak dibutuhkan, kita bisa mengontrol konsumsi bahan bakar dan rute yang di jalan”, ungkap Sapiudin, Kepala Koordinator dan Operasional PO Ladju. Berikut keuntungan yang diperoleh dari PO Ladju sejak memanfaatkan solusi pintar VSMS.

Penggunaan BBM Lebih Transparan dan Terkontrol

Memastikan kebutuhan BBM untuk perjalanan jauh sangatlah penting, karena jika Anda terus-menerus kehabisan BBM saat di tengah jalan dan tidak mampu mengontrolnya dengan baik akan merusak mesin kendaraan. Tetapi di VSMS, dilengkapi dengan sensor telematik yaitu iTank yang mampu mengukur kebutuhan BBM sesuai jarak yang diperhitungkan. Dengan iTank membuat manajemen BBM lebih mudah dengan laporan jumlah dan lokasi pengisian BBM yang transparan untuk minimalisir kecurangan pengisian BBM.

Pemantauan Real-Time Seluruh Armada

Aplikasi VSMS dilengkapi dengan GPS Tracker terintegrasi dan terpercaya yang terkoneksi di setiap armada. Sehingga memudahkan tim operasional untuk melacak dan memantau armada secara real-time 24 jam dan memberi pelaporan akurat dengan menampilkan detail kendaraan, seperti nomor kendaraan dan status kendaraan berjalan atau berhenti.

Peningkatan Keamanan Berkendara

Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang saat perjalanan, solusi VSMS dibekali teknologi Artificial Intelligence (AI) berupa alarm buzzer otomatis yang memperingatkan pengemudi jika melampaui batas kecepatan berkendara. Terdapat juga fungsi kamera TracVision yang bisa memantau aktivitas pengemudi dengan tampilan video live-streaming. Jika didapati pelanggaran mengemudi, maka fitur Driver Scorecard mampu menampilkan daftar peringatan otomatis yang menilai dan mengevaluasi kinerja pengemudi agar lebih baik. Tolok ukur penilaian pengemudi juga bisa diatur sesuai dengan keinginan.

Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Dengan berbagai fitur dan sensor telematik untuk keamanan dan kenyamanan penumpang, VSMS juga memberikan akurasi ETA yang tinggi. ETA yang akurat semakin memudahkan dan meningkatkan kepuasan para penumpang untuk tahu perkiraan waktu kedatangan di lokasi tujuan.

Peningkatan Efektivitas Bisnis

Integrasi dengan VSMS semakin meningkatkan efektivitas bisnis dari segi visibilitas armada dan kepuasan pelanggan. Seluruh armada bisa dikontrol penuh dari jarak jauh dan semua data tercatat dengan baik dan transparan. Tentunya dengan memberikan performa pengemudi yang lebih baik untuk melayani penumpang lebih maksimal.

Hingga detik ini keuntungan itu terus mengalir dan bisnis PO Ladju terus berkembang. Tentunya para penyedia jasa perjalanan termasuk Anda ingin memaksimalkan manajemen operasional dan mengikuti jejak keberhasilan seperti PO Ladju bukan? Temukan solusinya sesuai kebutuhan bisnis Anda dengan jadwalkan demo VSMS gratis. Hubungi kami di sini.

Tulisan Terkait

Efisiensi Jams Logistic Meningkat 76,84% Sejak Gunakan TMS McEasy

Efisiensi Jams Logistic Meningkat 76,84% Sejak Gunakan TMS McEasy

Pemilihan dan penggunaan sistem yang tepat mempermudah dan mempercepat kegiatan usaha logistik. Seperti salah satu perusahaan logistik Mid-mile yang berdiri sejak tahun 2017 yaitu Jams Logistic berhasil mengefisiensi dan mengoptimalisasi usaha logistiknya dengan...

Hanya dalam Setahun! Cooljek Berhasil Tingkatkan Customernya 35-45%

Hanya dalam Setahun! Cooljek Berhasil Tingkatkan Customernya 35-45%

Salah satu indikator keberhasilan suatu bisnis sangat bergantung dengan seberapa banyak customer yang telah menggunakan layanan maupun produk dari bisnis tersebut. Sejenak coba bayangkan jika bisnis Anda sudah mampu menjamah atau melampaui target pasar atau target...