3 Cara Efektif Pantau Kondisi Seluruh Armada

oleh | 24 Feb 2024 | Manajemen Armada

Memantau kondisi seluruh armada menjadi suatu keharusan, terutama dengan kebutuhan mobilitas yang semakin meningkat. Tanpa pemahaman yang tepat tentang setiap kendaraan, perusahaan berisiko menghadapi tantangan serius, termasuk peningkatan biaya operasional, risiko downtime, dan ketidakefisienan yang dapat mempengaruhi daya saing bisnis. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk memantau kondisi seluruh armada Anda. 

1. Sistem Pemeliharaan Terjadwal 

Memanfaatkan sistem pemeliharaan terjadwal membantu perusahaan merencanakan dan melaksanakan perawatan kendaraan secara tepat waktu. Dengan pemantauan yang cermat, perusahaan dapat mencegah kegagalan kendaraan dan mengurangi risiko downtime yang tidak terduga. Pemeliharaan preventif yang teratur juga dapat meningkatkan umur pakai armada secara keseluruhan. 

2. Analisis Perilaku Pengemudi 

Menganalisis perilaku pengemudi adalah langkah penting untuk memahami bagaimana armada digunakan dalam operasional sehari-hari. Sistem analisis ini dapat memberikan informasi tentang kecepatan, pemberhentian yang sering, dan gaya mengemudi yang dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Dengan mengetahui perilaku pengemudi, perusahaan dapat memberikan pelatihan yang tepat dan meningkatkan keselamatan serta efisiensi. 

3. Laporan Analisis Armada 

Menggunakan laporan analisis armada yang terperinci memberikan gambaran menyeluruh tentang kinerja armada. Laporan ini mencakup aspek-aspek seperti penggunaan bahan bakar, perawatan kendaraan, waktu tempuh, dan perilaku pengemudi. Dengan data ini, perusahaan dapat mengidentifikasi pola-pola kinerja, memprediksi kebutuhan perawatan, dan mengambil keputusan yang berdasarkan informasi yang akurat. 

Solusi Komprehensif dengan McEasy Platform 

Control Tower Status 2

Setelah hadir dengan tampilan baru McEasy Platform beserta 12 solusi lengkapnya, McEasy juga memberikan fitur Control Tower Status yang terdapat dalam solusi Fleet Management. Control Tower Status ini bertujuan untuk memantau seluruh kondisi armada dalam satu platform, yang memberikan monitoring seluruh kondisi armada secara cermat dalam satu tampilan, mulai dari kendaraan bermasalah, kendaraan selesai diperiksa, dan kendaraan offline. Dengan teknologi canggih, Control Tower Status memberikan gambaran kepada Anda tentang informasi bahan bakar, kecepatan kendaraan, status kendaraan, dan waktu tempuh.  

Selain bisa memonitor kondisi armada secara menyeluruh dengan Control Tower Status, McEasy Platform juga memberikan solusi lain seperti: 

1. Maintenance Management 

Maintenance Management 3 Pemeliharaan Preventif

Pemeliharaan yang terjadwal dan berkala serta dilengkapi dengan pengingat otomatis untuk mencegah kerusakan mesin kendaraan dan menghemat biaya servis. 

2. Driver Scorecard 

Driver Behaviour

Salah satu fitur yang ada pada solusi Driver Management, yang memberikan laporan penilaian pengemudi berdasarkan performa berkendara, seperti akselerasi mendadak, tikungan tajam, dan sebagainya. Ini sebagai bahan evaluasi agar pengemudi Anda selalu menerapkan budaya perilaku berkendara yang aman. 

3. Report and Analytics 

Report And Analytics 1 Analisis Armada

Solusi selanjutnya adalah Report and Analytics yang memudahkan Anda dalam mengambil keputusan berdasarkan laporan analisis penggunaan armada dan operasional secara keseluruhan. Ini mencakup detail status dan waktu diam armada, serta penggunaan bahan bakar.  

Dengan solusi yang lengkap dan terintegrasi, McEasy Platform menjadi solusi untuk memantau dan mengelola kondisi seluruh armada. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan sendiri manfaatnya. Ajukan demo sekarang dan temukan bagaimana McEasy Platform dapat membantu meningkatkan efisiensi, mengurangi risiko, dan mengoptimalkan kinerja armada Anda. 

Ajukan demonya di sini.

Tulisan Terkait

Cegah Penumpang Gelap dengan Solusi Dashcam TrackVision 

Cegah Penumpang Gelap dengan Solusi Dashcam TrackVision 

Bagi Anda pemilik bisnis jasa transportasi, keamanan di jalan raya adalah prioritas utama bagi setiap pengemudi dan penumpang. Namun, seringkali Anda menghadapi situasi di mana penumpang gelap, yang tidak terdaftar dalam catatan resmi kendaraan, dapat menimbulkan...

Temukan Cara iBuzzer Kendalikan Kecepatan Pengemudi di Jalan 

Temukan Cara iBuzzer Kendalikan Kecepatan Pengemudi di Jalan 

Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh pengemudi ngebut atau ugal-ugalan adalah masalah yang serius yang dapat mengancam bisnis Anda dan keselamatan publik. Selain risiko kerugian akibat kecelakaan, perilaku pengemudi dengan kecepatan agresif ini juga rentan...

Tips Hemat Konsumsi Bahan Bakar dan Biaya Operasional

Tips Hemat Konsumsi Bahan Bakar dan Biaya Operasional

Sebagai pemilik bisnis yang bergantung pada armada kendaraan, apakah Anda ingin merasakan sensasi penghematan konsumsi bahan bakar tanpa harus terus-terusan khawatir tentang budget bahan bakar? Dengan sedikit perencanaan dan penyesuaian kecil, Anda bisa menghemat...