TMS, Rahasia Suksesnya Alibaba Logistik China

oleh | 26 Apr 2023 | Manajemen Armada


Nama Alibaba sepertinya sudah tidak asing bagi semua orang termasuk Anda. Raksasa e-commerce asal Tiongkok yang didirikan oleh pebisnis besar Jack Ma ini bukan hanya memiliki spesialisasi di sektor marketplace saja, tetapi juga melakukan ekspansi ke sektor jasa pengiriman juga yaitu Alibaba Logistik.

Jika melihat histori perjalanan Alibaba Logistik yang melebarkan sayapnya hingga sekarang, ternyata tahun 2018 Alibaba Group menyuntikkan investasi untuk membangun jaringan logistiknya sendiri sebesar Rp200 Triliun. Angka ini tentu tak main-main, menurut Jack Ma, langkah ini untuk meningkatkan jaringan logistik dunia dan mengefisiensi proses pengiriman. Jack Ma juga menambahkan bahwa langkah investasi ini untuk membangun logistik pintar dan menekan biaya hingga 5% dari sekitar 15% PDB Tiongkok saat itu.

Mengapa Alibaba Memilih Solusi TMS?

Alibaba

Dengan anggaran dana sebesar itu tentu Alibaba tak ingin gagal membangun dan mengembangkan industri logistiknya sendiri. Dan faktanya, kita bisa lihat bersama, Alibaba kini menjadi rajanya logistik China. Ada satu hal yang perlu diketahui sekaligus menjadi kunci utama keberhasilan Alibaba, yaitu mereka mengelola dan mengoperasikan portofolio pengirimannya dengan memanfaatkan teknologi dan kecerdasan buatan dari Transportation Management System (TMS). Pemilihan TMS dianggapnya sebagai sistem pintar paling sesuai untuk meningkatkan jaringan manufaktur dan logistik dunia, serta mengefisiensi proses pengiriman dari segi biaya.

TMS menjadi otak sekaligus solusi di industri Alibaba Logistik bukan hanya sekadar untuk mengirimkan barang, namun untuk membantu perusahaan logistik mengirimkan produk dengan membangun jaringan yang menghubungkan semua elemen logistik dan menghubungkan setiap pengantar barang, setiap gudang, setiap pusat logistik, dan setiap rumah. Apalagi dengan laju perubahan yang pesat, Alibaba Logistik tidak perlu mempersiapkan infrastruktur yang kuat, karena di TMS sudah tersolusikan untuk menghadapi segala tantangan di industri logistik masa depan. Untuk melihat lebih jauh seberapa besar keuntungan menggunakan TMS yang didapatkan Alibaba, mari kita simak penjelasan berikut!

Manfaat TMS untuk Industri Logistik

Selain menekan biaya operasional, peran TMS juga memiliki kontribusi besar bagi proses bisnis Alibaba. Berikut keuntungan penggunaan TMS di industri Alibaba Logistik.

  1. Visibilitas dan Pemantauan Pengiriman Real-Time
    Dengan logistic monitoring yang ada di TMS berfungsi memantau dan melacak posisi armada pengiriman secara akurat dan real-time 24 jam. Fitur ini semakin mudah mengendalikan dan mengontrol seluruh armada dari jarak jauh. Selain mampu menampilkan icon kendaraan seperti detail nomor polisi kendaraan, dilengkapi juga status kendaraan berhenti atau berjalan yang ditampilkan dalam satu tampilan dashboard.
  2. Pengaturan dan Penjadwalan Pengiriman Otomatis
    Route Management yang ada di TMS membantu proses delivery order dan jadwal pengiriman secara otomatis, sehingga tim operasional tidak perlu mencatatnya di kertas, papan, ataupun memasukkan data pesanan dan pelanggan di spreadsheet. Hal ini untuk meminimalisir adanya human error dan meningkatkan efisiensi.
  3. Rute Efisien dengan Perhitungan Cerdas
    Fitur selanjutnya ada Route Optimize memberikan perhitungan cerdas dengan pilihan rute tercepat atau rute paling efisien, sehingga tidak perlu membuang waktu lebih banyak untuk membuat rute pengiriman. Di Route Optimize akan terkoneksi otomatis dan bisa melakukan beberapa pengiriman dalam satu waktu yang sama. Hasilnya tentu lebih mengefisiensi rute, memangkas waktu pengiriman, juga menghemat ongkos perjalanan dan penggunaan bahan bakar.
  4. Kolaborasi Digital dengan Berbagai Pihak
    Software TMS juga bisa diintegrasikan dengan sistem aplikasi lain perusahaan melalui API seperti ERP maupun WMS, sehingga membantu operasional lebih efektif dan efisien. Biasanya penggunaan ERP sangat cocok digunakan oleh perusahaan yang sudah maju maupun yang masih berkembang seperti UMKM.
  5. Pelaporan dan Analisis Data Akurat
    Selain bekerja secara otomatis dan memberikan informasi akurat pada proses delivery order hingga pengiriman dari hulu ke hilir, TMS juga memberikan kemudahan bagi seluruh pelanggannya untuk melacak pengiriman dengan mudah melalui share live location dan customer portal.

TMS McEasy Maksimalkan Performa Logistik

Solusi TMS menjadi faktor utama keberhasilan perusahaan Alibaba di sektor pengiriman barang. Tentunya pencapaian luar biasa ini sebagai pemicu bagi perusahaan logistik lain di Indonesia untuk memperkuat layanan logistiknya dan menekan biaya operasional perusahaan.

Slide 4 3 2 7

Di TMS McEasy, Anda bisa mendapatkan semua keuntungan di atas dengan mudah. Penggunaan TMS McEasy juga telah terkoneksi dengan lebih dari 600 perusahaan di Indonesia. Jadi tunggu apa lagi? Ikuti jejak kesuksesan Alibaba Logistik dengan solusi pintar TMS McEasy. Gunakan TMS Mceasy dan dapatkan berbagai keuntungannya untuk daya saing industri logistik yang lebih kuat dan hemat biaya operasional! Hubungi kami lebih lanjut di Contact – McEasy.

Tulisan Terkait

Cegah Penumpang Gelap dengan Solusi Dashcam TrackVision 

Cegah Penumpang Gelap dengan Solusi Dashcam TrackVision 

Bagi Anda pemilik bisnis jasa transportasi, keamanan di jalan raya adalah prioritas utama bagi setiap pengemudi dan penumpang. Namun, seringkali Anda menghadapi situasi di mana penumpang gelap, yang tidak terdaftar dalam catatan resmi kendaraan, dapat menimbulkan...

Temukan Cara iBuzzer Kendalikan Kecepatan Pengemudi di Jalan 

Temukan Cara iBuzzer Kendalikan Kecepatan Pengemudi di Jalan 

Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh pengemudi ngebut atau ugal-ugalan adalah masalah yang serius yang dapat mengancam bisnis Anda dan keselamatan publik. Selain risiko kerugian akibat kecelakaan, perilaku pengemudi dengan kecepatan agresif ini juga rentan...

Tips Hemat Konsumsi Bahan Bakar dan Biaya Operasional

Tips Hemat Konsumsi Bahan Bakar dan Biaya Operasional

Sebagai pemilik bisnis yang bergantung pada armada kendaraan, apakah Anda ingin merasakan sensasi penghematan konsumsi bahan bakar tanpa harus terus-terusan khawatir tentang budget bahan bakar? Dengan sedikit perencanaan dan penyesuaian kecil, Anda bisa menghemat...