Route Optimization Menghemat Bahan Bakar Hingga 30%

oleh | 7 Sep 2022 | Manajemen Armada

Bukan rahasia lagi bahwa harga bensin telah naik ke level yang luar biasa tinggi. Bahkan, kenaikan baru-baru ini adalah salah satu yang tertinggi, karena harga minyak telah meningkat lebih dari 30% pada tahun lalu. Ini adalah masalah utama bagi perusahaan yang bisnis intinya berhubungan dengan pengiriman.

Route planning yang efisien menjadi lebih penting dari sebelumnya untuk efisiensi bahan bakar. Dan untuk mencapai route planning yang efisien berarti Anda perlu meninjau strategi pengiriman Anda dengan cermat. Kita ketahui bersama, di luar sana pasti sulit bagi Anda, para manajer armada.

Jadi, jika Anda masih belum berinvestasi dalam sistem route planning profesional, sekaranglah saatnya untuk melakukannya.

Route optimization merupakan hal mendasar dalam last-mile logistics

35682C 61B1C6A20E4C49Bc87353B26D96A29Dd Mv2 1

Route optimization adalah proses penentuan rute yang paling hemat biaya. Namun tidak semudah mencari rute terpendek antara titik A dan B. Faktanya, rute terpendek mungkin tidak selalu paling efisien dalam hal penggunaan bahan bakar.

Rute yang efisien sangat penting bagi Anda menawarkan pengiriman dari pintu ke pintu (door-to-door deliveries) atau layanan di mana teknisi Anda mengunjungi pelanggan. Karena upah pengemudi dan biaya bahan bakarnya saja mungkin sebanyak 59,8% dari total biaya operasional per mil, jadi sedikit optimalisasi pada rute dapat secara positif mengubah keseluruhan keuntungan Anda.

Agar optimalisasi rute menjadi efisien, perlu mempertimbangkan semua faktor yang relevan seperti lalu lintas, delivery windows, jumlah pemberhentian di rute, ketersediaan pengemudi dan kendaraan, dll. Karena ini sangat memakan waktu dan pekerjaan yang rumit, tidak efisien untuk melakukannya secara manual (dan ya, di titik tertentu juga sangat tidak mungkin).

Untungnya, terdapat teknologi yang mengotomatiskan seluruh proses untuk Anda hanya dalam hitungan detik. Ya, Anda dapat menebaknya – ini adalah aplikasi route optimization.

Bagaimana aplikasi route optimization membantu menghemat biaya bahan bakar?

35682C 6C57B63422F54C33B1E71E1Db548Cceb Mv2

Kunci keberhasilan pengiriman yang hemat biaya dan membuat pelanggan senang adalah perencanaan rute yang akurat. Karena ada begitu banyak faktor dinamis yang perlu dipertimbangkan saat merencanakan rute ekonomi, Anda memerlukan aplikasi profesional yang dapat memenuhi harapan Anda.

Mari kita lihat bagaimana aplikasi route optimization (bagian dari TMS) dari McEasy membantu mengurangi konsumsi bahan bakar:

Mengoptimalkan rute

35682C E80C5Db7E31644A8A4F32Af19C037A2F Mv2

Nah, yang satu ini cukup jelas. Aplikasi route optimization secara otomatis menggunakan metode pengoptimalan dinamis dan menghasilkan rute yang paling hemat biaya dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti ETA, ketersediaan pengemudi/kendaraan, jumlah titik pengiriman, lalu lintas, dll. Hemat biaya berarti kendaraan Anda membakar lebih sedikit bahan bakar tetapi Anda tetap akan membuat pelanggan Anda senang dengan pengiriman tepat waktu.

Perubahan yang dinamis

35682C B6C281F741Ec4Fa8912Fc80D387D6719 Mv2 5

Katakanlah Anda telah mendistribusikan semua pesanan untuk hari itu di antara pengemudi Anda dan merencanakan rute yang sempurna untuk mereka. Tapi kemudian seorang sopir menelepon karena sakit. Atau bahkan mungkin dua. Merencanakan rute baru secara manual akan memakan waktu berjam-jam, tetapi Anda tidak punya waktu itu. Dengan aplikasi route optimization seperti TMS dari McEasy, hal itu tidak akan menjadi masalah.

McEasy akan mengembangkan rute hemat biaya baru hanya dalam beberapa detik, sambil tetap mempertahankan efektivitas biaya dan membuat pelanggan senang. Perangkat lunak ini juga memperhitungkan jumlah driver serta beban kerja yang ada dan mendistribusikan tugas tambahan secara merata tanpa mengesampingkan efektivitas biaya. Ini tidak akan pernah bisa dilakukan dengan perencanaan rute manual.

Berhasil pada percobaan pengiriman pertama

35682C 64E920E841554965Bf8D8A5Fe84E211E Mv2 1

Pernahkah Anda memikirkan berapa banyak bahan bakar kendaraan Anda telah terbuang karena pelanggan Anda tidak berada di titik penjemputan/pengantaran yang telah diatur sebelumnya dan pekerja Anda mengemudi kesana tanpa hasil? Tentu saja hal itu pernah terjadi. Setiap tahun, pengiriman yang gagal merugikan perusahaan dan itu masalah besar.

Tetapi tingkat pengiriman yang berhasil dapat dengan mudah meningkat dengan bantuan aplikasi route optimization, karena ini juga memberi Anda kesempatan untuk melacak paket Anda selama seluruh proses pengiriman. TMS dari McEasy misalnya memungkinkan Anda untuk mengirim pemberitahuan tentang pengiriman/penyedia layanan yang akan datang kepada pelanggan dengan link pelacakan . Pelanggan juga dapat menghubungi pengemudi dan membatalkan waktu pengiriman/layanan atau penjadwalan ulang. Ini akan membantu menghemat banyak waktu berharga dan menghindari konsumsi bahan bakar yang tidak perlu.

Berhenti membuang-buang bahan bakar dan coba aplikasi route optimization sekarang.

Tulisan Terkait

Efisiensi Tinggi dengan Fleet Management System 

Efisiensi Tinggi dengan Fleet Management System 

Fleet Management System telah menjadi aspek penting dalam mengoptimalkan operasional selama puncak aktivitas Ramadan. Sebagai sebuah solusi terpadu, Fleet Management System memberikan efisiensi tinggi dalam manajemen armada, memastikan kelancaran distribusi, dan...