Intelligent Automation untuk Pengambilan Keputusan di Warehouse

oleh | 13 Jul 2022 | Manajemen Gudang

Intelligent automation menggabungkan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi machine learning dengan robotic process automation (RPA) untuk merampingkan operasional bisnis, menjalankan keseluruhan dari administrasi dan produksi hingga logistik dan manajemen rantai pasokan.

Di pergudangan, kombinasi teknologi ini memfasilitasi penerapan teknologi dan solusi perangkat lunak yang mengoptimalkan arus barang dan meningkatkan produktivitas di fasilitas logistik. intelligent automation juga dikenal sebagai intelligent process automation (IPA).

Apa itu intelligent automation?

Intelligent automation, juga disebut sebagai cognitive automation, adalah kombinasi teknologi seperti AI, machine learning, machine vision, business process management (BPM), dan robotic process automation (RPA) untuk meningkatkan efisiensi di seluruh organisasi perusahaan.

Dengan kata lain, intelligent automation terdiri dari integrasi perangkat lunak dengan teknologi baru yang mengotomatisasi manajemen proses di berbagai bidang seperti jalur produksi, gudang, dan departemen keuangan. Berkat AI dan machine learning, program lanjutan ini meniru tugas manusia untuk membuat prosedur yang lebih produktif dan bebas kesalahan.

Diterapkan pada rantai pasokan, kombinasi teknologi ini menyederhanakan proses logistik, mendorong manajemen gudang ujung ke ujung, dan, terutama, mengurangi risiko kesalahan karena data manual atau penanganan produk.

Sebuah studi baru-baru ini dari perusahaan konsultan PwC menunjukkan bobot yang akan dimiliki intelligent automation dalam digitalisasi perusahaan: “Menggabungkan otomatisasi dengan analitik data dapat membantu organisasi memberikan hasil yang lebih cepat melalui peningkatan akurasi dan efisiensi operasional yang ditingkatkan. Kemajuan dalam analitik, IA, dan AI memungkinkan bisnis untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas, membentuk kembali struktur organisasi, meningkatkan cara kerja secara permanen, dan memiliki dampak signifikan pada ekonomi.”

Intelligent automation dapat menggantikan pengambilan keputusan konvensional di industri farmasi dan otomotif, di samping banyak lainnya. Penerapan AI dalam proses robotik gudang dan pusat produksi juga memungkinkan untuk memperkirakan permintaan guna menyesuaikan stok yang disimpan atau diproduksi dengan kebutuhan pasar. Selain itu, otomatisasi pengambilan keputusan akan meminimalkan risiko kesalahan dalam pembuatan, pengadaan, dan penyimpanan produk sambil memastikan lingkungan yang aman dan efisien bagi operator dan barang.

4 pilar intelligent automation

intelligent automation merupakan proses transformasi digital melalui penggunaan analitik dan AI untuk mensistematisasikan pengambilan keputusan. Ini adalah empat landasan utamanya:

  1. Robotic process automation (RPA) : jenis otomatisasi teknologi ini menggunakan robot perangkat lunak yang dapat diinstal pada PC, server fisik, atau mesin virtual untuk mengotomatiskan pengelolaan tugas yang sebelumnya dilakukan oleh manusia.
  2. Kecerdasan Buatan (AI) : Algoritma AI canggih menyediakan mesin, robot, dan perangkat lunak kemampuan untuk membuat keputusan secara cerdas dan tanpa perlu berinteraksi dengan manusia.
  3. Business process management (BPM) : praktik ini mengacu pada analisis dan optimalisasi dari setiap proses organisasi, yaitu, serangkaian operasional yang dilakukan di dalam perusahaan. Perangkat lunak BPM dibebankan dengan mengotomatisasi pelaksanaan proses ini untuk menghindari kesalahan yang timbul dari manajemen manual.
  4. Integrasi : intelligent automation harus memastikan bahwa robot perangkat lunak yang berbeda disinkronkan untuk mempertahankan operasional yang terintegrasi, gesit, dan andal. API (antarmuka pemrograman aplikasi) memainkan peran penting dalam koneksi antar sistem.

Manfaat intelligent automation

Intelligent automation meningkatkan kinerja proses perangkat lunak robot. Pada saat yang sama, ini memungkinkan mesin, robot, dan aplikasi untuk membuat keputusan otomatis melalui machine learning.

Keuntungan utama dari penerapan sistem otomasi cerdas adalah:

  1. Pengurangan biaya : intelligent automation menggunakan analisis data untuk menetapkan proses yang lebih produktif baik dalam hal robot perangkat lunak dan program manajemen, seperti yang berkaitan dengan administrasi tugas operator.
  2. Peningkatan kualitas produk dan layanan : memasangkan AI dengan otomatisasi proses memaksimalkan akurasi dalam berbagai operasional.
  3. Manajemen dan organisasi bebas kesalahan : otomasi cerdas mengotomatiskan proses yang, jika dilakukan secara manual, dapat mengakibatkan kesalahan dalam tugas administratif, kontrak hukum, dan dalam pengelolaan dokumentasi gudang, misalnya.

Perusahaan konsultan McKinsey memberikan angka tentang dampak intelligent automation: mengotomatisasi 50% hingga 70% tugas diterjemahkan menjadi efisiensi biaya run-rate tahunan sebesar 25% hingga 35%. Demikian juga, waktu yang dihabiskan untuk proses bisnis yang berbeda dipotong 50% hingga 60%.

Intelligent automation di gudang

Intelligent automation menjadi semakin umum dalam logistik. Ada banyak program perangkat lunak khusus dalam mengoptimalkan kinerja pergudangan dan operasional transportasi. Misalnya, program perangkat lunak manajemen tingkat lanjut menerapkan analisis data dan perkiraan permintaan untuk memaksimalkan produktivitas di fasilitas.

Selain mengkoordinasikan proses gudang, sistem ini menyinkronkan tugas operator dan solusi penyimpanan dan pengangkutan otomatis yang beroperasi di fasilitas.

Dalam artikel penelitian Robotic Process Automation and Artificial Intelligence in Industry 4.0, Jorge Ribeiro, profesor di Polytechnic Institute of Viana do Castelo (Portugal), merangkum intelligent automation sebagai berikut: “Industri 4.0— revolusi yang kita alami saat ini — hidup dari perpaduan Internet of Things, intelligent automation, intelligent devices and processes, dan cyber-physical system. Kombinasi semua konsep dan teknologi ini membawa perubahan signifikan dalam proses industri, yang mempengaruhi alur kerja proses digital di seluruh perusahaan. Saat ini, dan untuk meningkatkan proses ini, mereka menggabungkan otomatisasi beberapa langkah melalui robot (RPA). Selain itu, RPA saat ini menggabungkan … intelligent techniques and algorithms (AI), yang memungkinkan untuk mencapai tingkat kecerdasan dalam otomatisasi proses dalam perusahaan.”

McKinsey menyebutkan gambaran tentang apa yang bisa menjadi adopsi secara luas teknologi ini pada logistik dalam dekade berikutnya. Perusahaan konsultan menunjukkan bahwa banyak operasional dapat diotomatisasi pada tahun 2030, karena AI bertanggung jawab atas berbagai aktivitas berulang yang dilakukan oleh perusahaan logistik.

Demikian juga, McKinsey menunjukkan bahwa kita akan melihat fasilitas dengan rak otomatis dan kendaraan otonom yang beredar di gang. Manajer gudang akan dapat melihat semua operasional melalui kacamata augmented reality, yang akan membantu mereka mengoordinasikan manusia dan robot. Sementara itu, sistem manajemen gudang (WMS) akan memantau persediaan secara real time.

Intelligent automation akan didukung oleh penerapan teknologi seperti 5G untuk memastikan presisi dan sinkronisasi maksimum antara jalur produksi dan robot perangkat lunak otomatis yang berbeda. Dalam laporannya The Impact of 5G on the Evolution of Intelligent Automation and Industry Digitalization, Mohsen Attaran, seorang profesor di California State University, Bakersfield, mengatakan: “Teknologi jaringan 5G menyediakan karakteristik jaringan yang penting untuk manufaktur. 5G akan memberi perusahaan manufaktur kesempatan untuk membangun pabrik pintar dan benar-benar memanfaatkan teknologi seperti otomatisasi, kecerdasan buatan, dan augmented reality untuk pemecahan masalah.”

Intelligent automation: cara mendigitalkan pengambilan keputusan

Intelligent automation adalah pengenalan AI dan machine learning dalam proses bisnis. Program perangkat lunak mutakhir menggunakan teknologi ini untuk meminimalkan risiko kesalahan dalam pengambilan keputusan dan untuk merampingkan proses.

Dalam pergudangan, intelligent automation berkontribusi terhadap pembuatan perangkat lunak canggih untuk mengelola operasional di fasilitas logistik. Program ini menerapkan analisis data dan perkiraan permintaan untuk meningkatkan keandalan dan produktivitas dalam tugas pergudangan.

Ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana otomatisasi dan digitalisasi dapat menguntungkan operasional logistik Anda? Jangan ragu untuk menghubungi kami. Tim kami akan menawarkan solusi ideal untuk bisnis Anda.

Tulisan Terkait

7 Rekomendasi Aplikasi Pergudangan Terbaik untuk Anda

7 Rekomendasi Aplikasi Pergudangan Terbaik untuk Anda

Pentingnya Aplikasi PergudanganBerikut rekomendasi aplikasi pergudangan terbaik untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas pada bisnis logistik Anda!ShipperJubelioSolenGineeEcount ERP Berikut aplikasi pergudangan terbaik untuk meningkatkan efisiensi dan...

Implementasi Warehouse Management System

Implementasi Warehouse Management System

Implementasi WMS — penerapan warehouse management system atau sistem manajemen gudang — memungkinkan perusahaan untuk melakukan transformasi digital pada operasional logistik mereka, meminimalisir kesalahan, dan mengoordinasikan semua proses yang terjadi di dalam dan...

8 Tren Pergudangan yang Berlanjut di 2022

8 Tren Pergudangan yang Berlanjut di 2022

Manajemen pergudangan dan logistik terus berkembang. Mengelola gudang dalam iklim saat ini bisa menjadi tantangan. Lanskap ini mendorong perubahan dan mengungkapkan tren dan solusi baru untuk menjaga operasi tetap berjalan pada kinerja puncak. Menjelang akhir Q3 2022,...