Indeks Performa Pengemudi yang dapat Dipantau Manajer Armada

oleh | 3 Mei 2022 | Manajemen Pengemudi

Jika perusahaan Anda bergerak di bidang transportasi, supply chain, maupun logistik yang memanfaatkan armada kendaraan sebagai moda utamanya, Anda pasti membutuhkan indikator untuk mengetahui performa pengemudi agar bisa dipantau.

Dengan mengetahui performa pengemudi, Anda dapat mengukur performa pengemudi saat mengemudikan armada kendaraannya.

Perilaku dan performa pengemudi yang baik haruslah yang dapat dipantau, sebab hal ini akan berdampak pada kepuasan pelanggan, penghasilan perusahaan, serta adanya efisiensi biaya pada saat operasional.

Dengan memantau performa pengemudi kamu akan dapat memahami apa saja yang mereka lakukan serta kebiasaan-kebiasaan apa saja saat mengemudikan armada, sehingga dapat membuat kebiasaan-kebiasaan mereka lebih baik serta dapat meningkatkan efisiensi. Berikut ini 3 hal penting yang telah dirangkum oleh tim Mc Easy untuk memantau performa pengemudi.

Keselamatan dalam berkendara

Keselamatan dalam berkendara merupakan satu hal yang paling mendasar dalam pengukuran performa pengemudi. keselamatan dalam berkendara dapat diukur dengan berbagai indikator seperti, kelajuan kendaraan, akselerasi kendaraan, cara pengereman, serta penangan kendaraan saat menikung dengan tajam.

Jika pengemudi memperhatikan semua aspek tersebut maka performa pengemudi sangat baik, akan tetapi jika sebaliknya maka akan membuat armada yang kamu miliki mempunyai umur yang pendek. Dikarenakan akan menimbulkan kerusakan pada kendaraan, menimbulkan bahaya baik barang maupun penumpang, serta membuat boros bahan bakar. Semua itu akan menimbulkan meningkatnya biaya perawatan serta perbaikan akibat kerusakan yang ditimbulkan.

Resiko yang lebih lanjut adalah akan menghentikan bisnismu akibat tidak adanya armada atau kendaraan dikarenakan semuanya mendapatkan perbaikan serta penggantian spare part. Sistem manajemen armada yang disediakan oleh Ms Easy dapat melakukan penilaian performa pengemudi dalam menerapkan keselamatan saat berkendara seperti: peringatan perilaku dalam mengemudikan kendaraan (kebut-kebutan, akselerasi secara mendadak, melakukan pengereman dengan keras, dan melakukan manuver menikung dengan tajam, dashboard performa pengemudi armada, serta beberapa laporan otomatis (pelaporan keselamatan pengemudi, status performa pengemudi, pelaporan manajemen risiko, pelaporan jarak perjalan dan lain-lain).

Kamu dapat mengetahui kapan, dimana serta beberapa kali pengemudi beraktivitas yang berbahaya dan beresiko, serta mengetahui rerata kecepatan pengemudi setiap kali melakukan perjalanan. Selain fitur diatas Mc Easy juga menyediakan fitur GPS sehingga kamu dapat mengetahui kebiasaan pengemudi seperti kelelahan dan mengantuk.

Efisiensi

Kamu dapat mengukur efisiensi dengan menggunakan aktivitas kendaraan sebagai indikatornya antara lain: kepatuhan terhadap jadwal yang ditentukan, jumlah dan lokasi untuk berhenti, tingkat idle, serta pemanfaatan kendaraan.

Dengan Begitu manajer armada dapat melakukan pemantauan, apakah pengemudi terlambat memulai pekerjaan atau tiba pada lokasi pengiriman, mempergunakan kendaraan dengan tidak semestinya, membuat boros BBM dengan membiarkan mesin terus beroperasi pada saat berhenti/sedang diparkir (idle), serta adanya trip yang tidak efisien dikarenakan sering berhenti pada lokasi yang tidak semestinya. maka dari itu Mc Easy dapat melakukan pelacakan kepatuhan pada jadwal, kamu dapat menggunakan fitur yang tersedia. kamu juga dapat mengetahui kapan mereka mulai dan mengakhiri trip setiap harinya.

Pada laporan jumlah dan lokasi stop, kamu dapat memantau melalui GPS serta mengetahui laporan di titik mana saja pemberhentiannya seperti: informasi lokasi, geofence, waktu berhenti dan mulai starter, serta durasi stop. Jika kamu ingin mengetahui tingkat idle pada armada, kamu dapat mempergunakan fitur peringatan idle, dasbor yang dapat membandingkan tingkat durasi idle dan mengemudi antar kendaraan. Serta laporan Idle yang dapat memberikan info waktu mulai dan selesai, lokasi, serta durasi idle. Dan yang terakhir adalah kamu dapat mengetahui efisiensi pemanfaatan armada, kamu dapat mempergunakan fitur peringatan penggunaan armada pada luar jadwal sehingga dasbor dapat membandingkan penggunaan antar armada berdasarkan perjalanan serta jarak tempuh.

Produktivitas

Dengan adanya dukungan pada seluruh armada. Kamu dapat memastikan performa pengemudi mempunyai nilai yang seimbang, sehingga pengemudi tidak mempunyai beban kerja secara lebih atau sedikit. Keseimbangan produktivitas diantara pengemudi dapat kamu berikan nilai dengan beberapa indikator, seperti jumlah jam kerja, jumlah jam istirahat, jumlah perjalanan, jarak tempuh, serta durasi ada di area tertentu untuk pemberhentian. Indikator ini sangat membutuhkan pertimbangan dari manajer armada untuk melakukan penilaian performa pengemudi secara bijak.

Kamu dapat menambahkan fitur identifikasi pengemudi guna mengetahui posisi pasti pengemudi yang sedang menggunakan armada jenis apa. Setelah itu, Anda dapat menggunakan Laporan Perjalanan Berdasarkan Pengemudi untuk mengetahui jumlah perjalanan, durasi perjalanan, serta jarak tempuh Kamu dapat memastikan pengemudi agar tidak kelelahan.

Dalam satu perjalanan dapat dihitung pada saat starter dinyalakan hingga dimatikan, sehingga dalam satu perjalanan belum tentu menggambarkan jumlah pengiriman atau pekerjaan yang diselesaikan oleh pengemudi. Jika kamu ingin mengetahui dengan pasti jumlah pekerjaan yang diselesaikan oleh pengemudi, kamu dapat menambahkan fitur yang tersedia pada aplikasi Ms Easy. Untuk memastikan pengemudi tidak kelelahan kamu dapat mengaktifkan peringatan durasi mengemudi berlebihan yang mana hal ini juga tersedia pada aplikasi Ms Easy

Sikap

Seorang pengemudi harus mempunyai sikap serta perilaku yang baik sehingga membuatnya dirinya dihargai dan disegani oleh teman maupun atasan. SIkap dan perilaku juga sangat penting dalam berkendara jika seseorang memiliki sikap yang temperamental serta mempunyai penguasaan emosi yang buruk akan mudah marah menghadapi situasi saat mengemudikan kendaraan apalagi di jalan raya sangat menguras tenaga serta emosi.

Maka dari itu seorang pengemudi tidak gampang marah jika menghadapi situasi yang dapat menyulut emosi. Seorang pengemudi lebih baik bersikap tenang dan jernih jika menghadapi permasalahan saat di jalan raya. Bisa juga dengan menghubungi manajer armada ataupun pihak berwenang yang berada di jalan raya seperti dinas perhubungan ataupun kepolisian untuk membantu menyelesaikan masalah.

Penampilan

Meskipun penampilan merupakan hal yang terkadang disepelekan tetapi merupakan penilaian lebih jika pengemudi bertemu dengan pelanggan baik itu penumpang maupun penerima paket yang diantarkan.

Semuanya akan memberikan baik penilaian positif maupun negatif pada pengemudi yang mana hal ini dapat mempengaruhi performa pengemudi. Maka dari itu manajer armada harus memastikan penampilan setiap pengemudi sudah sesuai dengan peraturan keselamatan berkendara serta memakai alat pelindung diri jika memasuki tempat-tempat khusus.

Sehingga hal ini akan menjadikan suatu poin plus bagi pengemudi armada kita dalam menghadapi penumpang, pengguna jasa serta pelayanan yang mempercayakan bisnis pengantaran kepada kita.

Pemantauan performa pengemudi dapat membantu kamu mengukur efisiensi pada armada yang sangat penting bagi bisnis kamu. Dengan mengetahui performa pengemudi, pengambilan keputusan oleh Manajer Armada guna meningkatkan armada jadi lebih efektif dan efisien.

Tulisan Terkait

Sering Disepelekan, 5 Fungsi Dashcam Saat Mengemudi

Sering Disepelekan, 5 Fungsi Dashcam Saat Mengemudi

Di industri pengangkutan orang seperti bus, travel, maupun shuttle, keamanan dan keselamatan penumpang adalah prioritas utama. Salah satu inovasi terbaru yang semakin umum digunakan dalam bisnis transportasi adalah pemasangan dashcam atau kamera pengawas di kendaraan...

iBuzzer: Alarm Batas Kecepatan untuk Keamanan Berkendara

iBuzzer: Alarm Batas Kecepatan untuk Keamanan Berkendara

Salah satu masalah serius dalam lalu lintas adalah perilaku pengemudi yang sering melampaui batas kecepatan aman. Ini bukan hanya pelanggaran hukum, tetapi juga menyebabkan risiko kecelakaan yang tinggi. Pengemudi yang terbiasa dengan overspeed atau melampaui batas...