Tips Menilai Performance Karyawan Lapangan

oleh | 2 Sep 2022 | Manajemen Pengemudi

Semua perusahaan sangat membutuhkan performance review untuk mengukur kinerja karyawannya. Namun, untuk industri yang mengelola karyawan lapangan (salesman, merchandiser, sopir, kurir) seperti perusahaan distribusi, logistik, consumer goods, jasa dan perusahaan lainnya, yang mengelola tim tersebar secara geografis, performance review lebih sulit dilakukan dibanding untuk karyawan di kantor.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjalankan review kinerja karyawan:

Membuat Target untuk Masing-Masing Karyawan

Kewajiban dan tanggung jawab setiap karyawan berbeda-beda, contohnya salesman dan merchandiser sama-sama berkunjung ke toko tapi tugas yang dilakukan di toko sangatlah berbeda. Jadi, pastikan tugas yang dijalankan akurat dengan deskripsi pekerjaan mereka. Salah satu cara untuk mengukur kinerja adalah dengan melihat pencapaian metriks-metriks seperti di bawah ini.

35682C 49477C9D79Fa4E24804D507641D970F5 Mv2

Target Salesman, Merchandiser, dan kurir

Mengumpulkan Data Tugas Karyawan

35682C E6F31D8B0B7841519B810E86C36Fb40B Mv2 3

Setelah membuat target dan KPI, untuk mempermudah pengumpulan data, perusahaan dapat menggunakan aplikasi yang dapat mencatat semua tugas karyawan dan langsung mengkonversinya menjadi progress KPI langsung dari handphone karyawan lapangan.

Mereview Kinerja Melalui Dashboard

Review kinerja karyawan dari periode sebelumnya vs sekarang dengan cermat, berikan feedback dan tindakan yang paling tepat dengan periode performance review saat ini. Jika tanggung jawab kerja karyawan telah meningkat sejak periode penilaian terakhir, mereka harus diapresiasi, jika tidak, harus ada introspeksi dari supervisor.

Untuk mempermudah penilaian, supervisor dapat menggunakan aplikasi yang memiliki fitur seperti driver crore card yang ada di TMS yang dapat mudah mengkonversi semua data driver behavior menjadi informasi di dashboard.

35682C 4336D792A61E403A8B4B6866B4Ac08A7 Mv2

Laporan Skor Pengemudi

Tulisan Terkait

Sering Disepelekan, 5 Fungsi Dashcam Saat Mengemudi

Sering Disepelekan, 5 Fungsi Dashcam Saat Mengemudi

Di industri pengangkutan orang seperti bus, travel, maupun shuttle, keamanan dan keselamatan penumpang adalah prioritas utama. Salah satu inovasi terbaru yang semakin umum digunakan dalam bisnis transportasi adalah pemasangan dashcam atau kamera pengawas di kendaraan...

iBuzzer: Alarm Batas Kecepatan untuk Keamanan Berkendara

iBuzzer: Alarm Batas Kecepatan untuk Keamanan Berkendara

Salah satu masalah serius dalam lalu lintas adalah perilaku pengemudi yang sering melampaui batas kecepatan aman. Ini bukan hanya pelanggaran hukum, tetapi juga menyebabkan risiko kecelakaan yang tinggi. Pengemudi yang terbiasa dengan overspeed atau melampaui batas...