6 Trend Management Transportasi Logistik

oleh | 31 Des 2021 | Manajemen Pengiriman

Kehadiran virus COVID-19 yang mewabah di Indonesia sejak 2020 lalu, membuat bisnis jasa logistik mengalami peningkatan drastis sehingga berpengaruh pada perusahaan transportasi logistik.

Bukan hanya perusahaan transportasi dan logistik saja, namun pengiriman ojek online atau jasa pengiriman yang sifatnya mengantarkan barang semenjak itu meningkat drastis karena kebutuhan masyarakat.

Hal tersebut membuat pelaku bisnis membuat kreativitas untuk menghasilkan ide baru dengan membuka bisnis perusahaan transportasi logistik atau semacamnya.

Agar perusahaan rintisan Anda dapat bersaing di bidang pendistribusian, maka segeralah mengikuti perkembangan trend industri logistik saat ini. Berikut kami bahas 6 trend management transportasi logistik.

Pada dasarnya, trend management transportasi logistik diciptakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Alasannya, agar kegiatan operasional lebih efektif serta dapat mengirimkan lebih banyak produk dalam waktu singkat. Sehingga teknologi logistik yang berkembang saat ini sangat membantu perusahaan transportasi dalam mengelola kinerja perusahaannya. Berikut 6 trend management transportasi logistik yang ada.

1. Digitalisasi Industri Logistik

Peningkatan jual beli online di E-Commerce meningkat 30-40 persen selama masa pandemi, hal tersebut dikarenakan masyarakat yang menerapkan sistem WFH (work from home) dan mematuhi pembatasan aktivitas di luar rumah.

Kondisi tersebut akhirnya menjadikan perusahaan logistik mendapat keuntungan yang besar sekaligus menyadari bahwa teknologi digitalisasi dan infrastruktur di bidang logistik masih belum mumpuni.

Salah satu permasalahan yang sering terjadi di industri logistik ini adalah masalah ongkos kirim, yang mana dirasakan oleh UMKM Indonesia karena belum terdigitalisasi.

Namun masalah tersebut kini telah terselesaikan dengan hadirnya platform digital seperti Kargo, Shipper, Waresix, dan lainnya. Platform tersebut sangat memudahkan UMKM dalam mengirimkan barangnya secara end-to-end.

Platform-platform digital pengiriman barang lainnya juga ikut muncul, yakni dengan menciptakan pengiriman express sehingga barang-barang bisa sampai hanya dalam hitungan 1-3 hari saja dengan harga yang relatif murah.

2. Otomasi Logistik dan IoT

Iot (Internet of Things) adalah semacam perangkat yang berfungsi untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa terikat oleh bantuan manusia. Perangkat ini dapat dihubungkan dengan berbagai device dengan bantuan sensor sehingga Anda dapat berkomunikasi secara real time.

Dalam bidang transportasi dan logistik, perusahaan memanfaatkan IoT untuk armadanya yakni mobil, truk, kapal, bahkan kereta api. Maka dari itu semua barang yang akan didistribusikan beroperasi secara efektif.

IoT dan teknologi digital sangat membantu meningkatkan kinerja perusahaan logistik hingga supply chain. Perangkat ini bekerja dengan cara menggantikan kinerja manusia dalam menyimpan, memindahkan dan mengamankan barang.

Setiap penggunanya akan merasa sangat terbantu, sebab konektivitas IoT dengan sistem transportasi dapat melacak status, seperti guncangan, gerakan, suhu, dan gangguan lain selama di perjalanan.

3. Hadirnya 3PL dan 5PL

Jika dibandingkan dengan negara lain, Indonesia memiliki biaya logistik yang cukup tinggi, yakni hampir menyerap sebanyak 40% dari harga produk ritel dan 72% biaya untuk transportasinya.

Maka dari itu, perusahaan penyedia jasa logistik menghadirkan solusi dengan cara mengelola logistik, yang dikenal sebagai Third Party Logistics (3PL).

3PL adalah perusahaan outsourcing yang memberikan layanan kepada perusahaan logistik atau individu untuk melakukan tugas dari supply chain.

Sementara 5PL adalah perusahaan penyedia jasa yang melakukan konsolidator permintaan agregat dari perusahaan 3PL, contoh perusahaan 5PL adalah menawarkan bulk volume untuk mendapatkan biaya yang paling murah.

4. Pengiriman Mileage Terakhir yang Efisien

Kegiatan logistik yang utama adalah mengirimkan barang dari produsen ke konsumen dengan cepat dan aman. Hal tersebut menjadi pemicu persaingan antar jaringan manajemen rantai pasokan.

Berbagai pihak ingin memberikan pelayanan terbaik sehingga dapat memuaskan hati para konsumennya. Maka dari itu, terciptalah trend baru dalam pengiriman barang, yang mana perusahaan dapat mengirimkan barang dalam hitungan jam saja.

Tren tersebut dinamakan Last Mile Delivery, artinya distributor dapat mengirimkan barang secara langsung tanpa bantuan pihak ketiga. Kegiatan ini tentu sangat memuaskan hati pelanggan, sehingga kedua belah pihak akan saling diuntungkan tanpa ada pengeluaran biaya yang besar.

5. Adopsi Analisis Data dan Logistik Big Data

Peran Big Data dalam bidang logistik sangatlah penting, diantaranya untuk melihat permasalahan secara real time, mengambil keputusan dengan tepat, mendeteksi adanya penyimpangan dalam bisnis, hingga mengurangi biaya operasional.

Kebutuhan data yang kian meningkat membuat perusahaan logistik memerlukan sumber daya yang memadai, salah satunya yakni menggunakan Big Data. Big Data sangat berguna dalam mengatasi permasalahan data sehingga dapat membantu kegiatan operasional bisnis Anda.

Big Data juga sangat bermanfaat bagi pelayanan konsumen, yakni sebagai Customer Relationship Management. Pada intinya, penggunaan Big Data sangat berpengaruh dalam proses perkembangan bisnis logistik Anda.

6. Keselamatan Logistik Menjadi Prioritas Utama

Tindakan kejahatan bisa mengintai siapa saja termasuk kasus peretasan yang memungkinkan terjadi dalam perusahaan logistik.Seperti yang dialami oleh salah satu E-Commerce terbesar yakni Amazon atau Walmart yang mengungkapkan adanya ancaman keamanan di dunia maya.

Hal tersebut memicu perusahaan logistik global untuk lebih perhatian terhadap keamanan barang konsumen. Perusahaan logistik seperti FedEx dan International Post Corporate telah menggunakan teknologi seperti identifikasi otomatis dan pengambilan data (AIDC).

AIDC adalah teknologi yang dapat mengidentifikasi objek, dengan mengumpulkan data secara langsung ke dalam komputer. Jenis teknologi AIDC untuk pengambilan data antara lain seperti Barcode, RFID, Biometrics, Voice Recognition, Smart Cards, dan lainnya.

Apakah Trend Management Transportasi Logistik sudah Efektif di Indonesia?

Transportasi logistik adalah jantungnya dari setiap perusahaan yang bergerak pada bidang pendistribusian barang. Tanpa adanya transportasi logistik maka berbagai sektor bahkan individu akan mengalami kesulitan ketika ingin mengirim dan membeli barang.

Melihat pentingnya trend management transportasi logistik tersebut maka munculah trend teknologi baru yang dapat mendukung aktivitas perusahaan, baik dalam kegiatan internal maupun saat pendistribusian barang.

Jika dilihat apakah Indonesia telah efektif menerapkan trend teknologi logistik di perusahaannya, jawabannya memang tidak seimbang, karena masih ada beberapa perusahaan yang kurang memahami pentingnya keamanan, keefisienan, dan kecepatan.

Masih banyak perusahaan logistik yang menggunakan cara manual, sehingga seringkali ada yang membuat kesalahan. Kesalahan tersebut tentu berefek pada kepercayaan konsumen terhadap perusahaan logistik tersebut. Maka dari itu, sangat penting untuk menerapkan trend management transportasi logistik demi kenyamanan dan keamanan bersama.

Pada dasarnya ada enam pihak dalam manajemen transportasi yang menentukan kinerja perusahaan yakni, pengirim, penerima, agen, pemerintah, ICT dan publik.

Jika perusahaan transportasi masih menggunakan cara konvensional tersebut, maka keenam pihak diatas akan menggap perusahaan Anda kurang daripada perusahaan lainnya.

McEasy Menyediakan Teknologi untuk Operasional Logistik dan Transportasi

McEasy adalah perusahaan yang menyediakan GPS tracker terbaik, kami menyediakan dua produk utama yaitu TMS (Transportation Management System) dan VSMS (Vehicle Smart Management System).

TMS adalah platform berbasis cloud SaaS yang telah terintegrasi dengan GPS, sensor dan API yang akan membuat bisnis logistik Anda berjalan dengan efektif dalam pengiriman barang.

VSMS adalah GPS tracker yang telah terintegrasi dengan berbagai fitur yakni dengan memantau dan mengendalikan seluruh armada kendaraan secara real time. Untuk lebih jelasnya Anda dapat lihat selengkapnya di Produk VSMS dan Produk TMS.

McEasy merupakan solusi terbaik dalam memaksimalkan trend management transportasi logistik. Segera hubungi kami!

Tulisan Terkait