News Update: McEasy Raih Pendanaan Seri A Total Menjadi 178 Miliar

Apa itu Rantai Logistik?

oleh | 1 Okt 2022 | Manajemen Pengiriman

Rantai logistik mencakup semua proses yang melibatkan penyimpanan, transportasi, dan distribusi produk serta aliran informasi dan pergerakan yang terjadi selama tahapan yang berbeda. Peran rantai logistik adalah untuk mengirimkan produk ke pelanggan dalam jumlah yang disepakati, pada waktu yang disepakati, dan di bawah kondisi yang disepakati.

Serangkaian proses yang terintegrasi ke dalam rantai logistik menjamin bahwa produk dikirim dengan benar dari pusat produksi atau distribusi ke tujuan yang ditetapkan. Fase ini mencakup tahapan seperti pengiriman barang dan transportasi produk ke gudang lain atau pelanggan akhir.

Rantai logistik tidak hanya mencakup alur kerja yang berkaitan dengan penyimpanan dan transportasi barang, tetapi juga informasi yang dihasilkan selama operasi yang berbeda. Dengan demikian, rantai logistik harus menghubungkan pemasok, produsen, penyedia logistik, dan pelanggan akhir dengan tujuan meminimalkan biaya dan menjaga kualitas produk atau layanan.

Tujuan utama dari rantai logistik adalah untuk memastikan bahwa barang dagangan dipindahkan seefisien mungkin dari jalur produksi ke tujuan akhir, mengoptimalkan tahapan seperti penyimpanan barang dan transportasi.

Jenis rantai logistik

Tergantung pada kebutuhan dan profil perusahaan, ada berbagai jenis rantai logistik :

Rantai logistik organisasi industri

Ini dicirikan oleh produksi massal barang, jadi sudah menjadi kebiasaan bagi satu produsen untuk menyimpan dan mendistribusikan produk ke banyak pelanggan. Jenis rantai logistik ini memerlukan perencanaan yang efisien untuk memasok jalur produksi secara memadai, memenuhi pesanan pembelian, dan yang terpenting, mengoptimalkan biaya.

Rantai logistik perusahaan komersial

Ini dipusatkan pada perolehan produk untuk dijual kembali berikutnya tanpa tahap transformasi menengah. Rantai logistik bisnis ini menonjol karena aliran materialnya yang berkelanjutan. Ini membutuhkan efisiensi dalam fase penyimpanan dan transportasi untuk menghindari biaya logistik yang tidak terduga.

Rantai logistik perusahaan jasa

Prioritas dari jenis rantai ini adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Rantai logistik bisnis jasa harus beradaptasi dengan kebutuhan organisasi, yang menawarkan layanan tidak berwujud dan variabel.

Apa saja tahapan rantai logistik?

Rantai logistik terdiri dari organisasi dan koordinasi semua pergerakan barang, penyimpanan, manajemen penempatan di gudang dan pusat produksi dan distribusi, dan sinkronisasi antara pengangkutan dan transportasi produk internal dan eksternal.

Berikut ini adalah fase utama dari rantai logistik:

  1. Perencanaan logistik, antara lain dengan mempertimbangkan perputaran produk, penyimpanan SKU, dan penyimpanan dan pemenuhan pesanan.
  2. Pencatatan dan penerimaan barang dan persediaan stok sebelum disimpan.
  3. Manajemen lokasi penyimpanan, yaitu alokasi posisi dalam sistem pergudangan ke SKU yang berbeda untuk ditempatkan.
  4. Pergerakan internal barang antara dua area di fasilitas atau di antara zona gudang yang berbeda.
  5. Koordinasi tahap persiapan pesanan, misalnya, pengambilan produk dan pengepakan.
  6. Penanganan barang dengan peralatan penanganan konvensional dan/atau otomatis. Tahap ini juga mencakup kemungkinan perakitan produk di gudang (kitting).
  7. Organisasi pengiriman barang dan pengiriman pesanan ke titik penjualan atau pelanggan akhir.

Rantai logistik VS rantai pasokan

Istilah rantai logistik dan rantai pasokan sering digunakan secara sinonim. Namun, logistik sebenarnya adalah fase dalam rantai pasokan suatu produk. Rantai logistik dibebankan dengan mengirimkan barang secara efisien ke pelanggan akhir dengan mengatur semua proses yang terlibat dalam transportasi, penyimpanan, dan distribusi produk. Rantai logistik mencakup, misalnya, manajemen inventaris, pemrosesan pesanan, dan pengendalian armada transportasi, di antara operasi lainnya.

Rantai pasokan, sementara itu, mencakup semua tugas rantai logistik ditambah yang berkaitan dengan desain dan manufaktur produk, yaitu pengadaan bahan baku dan organisasi jalur produksi. Dan orang di atas, manajer rantai pasokan, adalah seorang eksekutif yang misinya adalah meminimalkan biaya produksi dan mengoordinasikan penjualan dan layanan pelanggan, sambil menjamin layanan yang efisien kepada pelanggan akhir.

Bagaimana mendigitalkan rantai logistik

Teknologi baru di gudang, pusat produksi, dan fasilitas logistik lainnya memungkinkan untuk mengotomatisasi operasionalnya. Arus informasi yang dihasilkan dalam fase rantai logistik dapat didigitalkan dengan sistem manajemen gudang (WMS).

Semakin banyak perusahaan yang berinvestasi dalam solusi digital untuk mengotomatisasi rantai logistik mereka serta rantai pasokan mereka. Sebuah WMS memungkinkan Anda mengontrol inventaris Anda secara real time. Hal ini untuk menghindari kehabisan stok, yang dapat mencoreng reputasi perusahaan, dan kelebihan stok, yang meningkatkan biaya logistik.

Perangkat lunak logistik ini memastikan tracebility produk secara penuh, faktor fundamental dalam rantai logistik perusahaan industri dan makanan. Bagaimana? WMS secara ketat memantau produk dengan mengumpulkan informasi dalam fase yang telah dilalui barang.

Digitalisasi dapat membuat semua perbedaan dalam hal pengambilan pesanan, salah satu operasi paling mendasar namun paling kompleks dalam rantai logistik. Di sinilah kunci program seperti Easy WMS dari Interlake Mecalux: perangkat lunak ini mengotomatiskan pengelolaan produk di berbagai lokasi di gudang. Berdasarkan seperangkat aturan dan kriteria yang ditetapkan oleh manajer logistik, WMS menghitung lokasi ideal untuk setiap SKU sesuai dengan kondisi perputaran dan penyimpanan produk, di antara persyaratan lainnya.

Selain itu, software logistik mengoordinasikan pergerakan barang, peralatan penanganan otomatis dan konvensional, dan operator untuk memastikan keamanan dan efisiensi fasilitas logistik. Sofware logistik juga akan menentukan jalur pemilihan operator dan mengonfigurasi pengiriman pesanan dengan tujuan mengoptimalkan rantai logistik.

Tulisan Terkait

Masa Depan Keamanan Armada dengan Artificial Intelligence

Masa Depan Keamanan Armada dengan Artificial Intelligence

Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih terbilang tinggi. Setiap tahun, ribuan nyawa melayang di jalan raya akibat kelalaian pengemudi, seperti mengantuk atau kelelahan yang menimbulkan kehilangan fokus dalam mengemudi atau perilaku mengemudi yang tidak aman....

Masa Depan Armada dengan Integrasi Teknologi Fleet Management Terbaru 

Masa Depan Armada dengan Integrasi Teknologi Fleet Management Terbaru 

Fleet Management memainkan peran kunci dalam perusahaan yang mengandalkan armada kendaraan dalam operasional sehari-hari. Salah satunya di Balikpapan, kota yang ramai akan aktivitas pengiriman barang dan transportasi tentu membutuhkan teknologi manajemen armada untuk...