Fakta Menarik Bidang Logistik di Indonesia

oleh | 25 Des 2021 | Manajemen Pengiriman

Bidang logistik adalah suatu hal yang berkaitan dengan bidang usaha serta seluruh organisasi penting seperti halnya rumah sakit, pemerintah, sekolah dan sebagainya. Logistik dapat dikatakan sebagai proses pemindahan, penyimpanan dan pengelolaan barang mulai dari pengiriman sampai ke pelanggan akhir dan diatur dalam satu rantai pasok.

Bidang logistik adalah salah satu kegiatan wajib yang perlu dilakukan dalam bidang ekonomi. Akan tetapi, logistik di Indonesia sering dipandang sebagai mimpi buruk.

Mengapa demikian? Berikut McEasy akan menjelaskannya dalam artikel logistik yang akan membahas seputar fakta menarik Indonesia dalam bidang ini yang perlu untuk Anda ketahui.

Tantangan Perusahaan Logistik di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan, terdiri dari 17.500 pulau yang membentang seluas 1.905 juta km persegi. Keunikan kondisi geografis ini, kerap kali menjadikan Indonesia dipandang sebagai mimpi buruk dalam industri logistik.

Dalam menguasai daratan dan perairan untuk mengirimkan barang antar kota yang dibutuhkan merupakan suatu tantangan besar. Berbagai masalah inheren yang ada di Indonesia dari mulai infrastruktur transportasi serta konektivitas maritim menjadi penghalang juga bagi bisnis untuk mendapatkan proses logistik yang berjalan lancar.

Jika kita melihat di negara lain, seperti halnya di Amerika Serikat atau Tiongkok, penggunaan truk sebagai moda pengangkut sudah cukup dalam menjangkau mayoritas daerah karena luasnya area daratan di negara-negara tersebut. Bukan hanya itu, kedua negara tersebut juga memiliki infrastruktur dan jaringan transportasi yang sangat baik.

Berbeda halnya dengan logistik di Indonesia, yang mana negara ini masih mencari cara tepat dalam mengatasi tantangan tersebut karena struktur geografisnya. Apalagi ditambah dengan biaya logistik di Indonesia yang terbilang cukup tinggi.

Karena hal tersebut, transportasi multimoda menjadi solusi pengiriman barang yang tepat untuk saat ini. Maksudnya, menggabungkan metode transportasi yang berbeda agar dapat mencapai wilayah-wilayah terpencil.

Jadi, jika Anda perhatikan sebenarnya tantangan terbesar dari logistik di Indonesia yakni negara kita bukan merupakan daratan homogen yang besar seperti halnya Tiongkok dan Amerika.

Fakta Menarik Indonesia tentang Logistik

Sebelumnya sudah Anda ketahui beberapa hal yang menjadi tantangan dari logistik di Indonesia. Dari hal tersebut, pemerintah akan memperbaiki sistem logistik di Tanah Air ini, karena persoalan logistik selama ini masih belum berkembang secara maksimal.

Apalagi sistem kita turut membuat ribet pelaku-pelaku usaha yang ingin mengurus dokumen ekspor dan impor. Untuk itu, McEasy sudah merangkum beberapa fakta sistem logistik di Indonesia dalam artikel logistik berikut.

  1. Logistik Indonesia berkontribusi sebanyak 24% dari nilai produk domestik bruto negara pada tahun 2016. Diungkapkan oleh Data Bank Dunia pada tahun 2016 peringkat perusahaan logistics di Indonesia untuk performa logistik menempati posisi ke-63 dari 160 negara.
  2. Berdasarkan peringkat perusahaan logistics di Indonesia, yang mana masuk dalam 10 besar diantara negara berpendapatan tingkat menengah ke bawah, peringkat Indonesia masih berada dibawah negara tetangga kita yakni Malaysia, Singapura dan Vietnam.
  3. Sistem logistik di Indonesia diibaratkan seperti benang ruwet. Hal tersebut diungkapkan oleh Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia bahwa gambaran sistem logistik sekarang ini seperti benang ruwet. Meskipun sudah dirintis dengan adanya national single window untuk menghubungkan beberapa dari kementerian serta lembaga, namun hal itu belum bisa membuat suatu sistem ekosistem yang dapat mempermudah transaksi dengan para pelaku usaha.
  4. Membentuk National Logistic Ecosystem (NLE). Pemerintah membentuk NLE untuk nantinya dapat meningkatkan proses kinerja ekspor dan impor di Indonesia. Hal tersebut diklaim dapat membuat proses lalu lintas barang semakin cepat.
  5. Ingin bersaing dengan perdagangan Singapura. Pembentukan NLE berdasarkan pernyataan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi dilakukan agar Indonesia bisa sejajar dan tidak dilecehkan oleh negara Singapura.
  6. Bidang berikut yang sangat membutuhkan transportasi sekaligus logistik adalah ekonomi seperti halnya perdagangan, pemasaran barang.

Oleh karena itu, perusahaan logistik di Indonesia harus dapat menawarkan layanan yang benar-benar kita butuhkan, dari hulu sampai ke hilir. Hal tersebut dapat mencakup berbagai macam elemen, seperti halnya kargo, infrastruktur transportasi, konsolidasi sampai pergudangan.

Perusahaan logistik dapat memperbaiki rangkaian pasokan di Indonesia dengan memberikan solusi logistik bagi pelaku bisnis maupun individu yang ingin lebih efisien dalam menjangkau klien. Karenanya, mereka perlu menciptakan platform khusus untuk menghubungkan operator gudang dan penyedia transportasi darat dan transportasi laut yang dapat menyewakan area penyimpanannya.

Transportasi Logistik di Indonesia

Beberapa fakta menarik seputar logistik di Indonesia telah Anda ketahui sebelumnya. Namun, banyak yang bertanya-tanya, efektifkah transportasi logistik di Indonesia dalam bidang logistik?

Transportasi menjadi hal yang paling penting dalam setiap perusahaan yang bergerak pada bidang pendistribusian barang. Tanpa transportasi untuk logistik, berbagai sektor bahkan individu akan mengalami kesulitan saat akan mengirim dan membeli barang.

Jika Anda amati, trend transportasi di Indonesia memang belum seimbang, karena masih ada beberapa perusahaan yang kurang memahami pentingnya keamanan, kecepatan hingga keefisienan.

Hal tersebut dapat kita ketahui dengan masih banyaknya perusahaan logistik yang menggunakan cara manual, sehingga seringkali ada yang membuat kesalahan. Tentunya kesalahan itu akan berdampak pada kepercayaan konsumen terhadap perusahaan logistik tersebut.

Sangatlah penting untuk menerapkan manajemen transportasi logistik demi kenyamanan dan keamanan bersama. Pada umumnya, terdapat enam pihak dalam manajemen transportasi yang menentukan kinerja perusahaan logistik yaitu pengirim, penerima, pemerintah, ICT, agen hingga publik.

Apabila perusahaan transportasi masih menggunakan cara konvensional tersebut, maka keenam pihak diatas akan menganggap perusahaan Anda kurang daripada perusahaan lainnya.

McEasy, Penyedia Teknologi Layanan Logistik Terbaik

Berdasarkan beberapa fakta penting diatas seputar dunia logistik di Indonesia, apakah Anda semakin tertarik untuk mengembangkan perusahaan logistik dan berkontribusi dalam meningkatkan perlogistikan di Indonesia?

Bidang yang sangat membutuhkan transportasi sekaligus logistik adalah dunia ekonomi dan hal ini sangat berpengaruh bagi kemajuan pendapatan negara juga. Jika Anda tertarik, Percayakanlah VSMS (Vehicle Smart Management System) dari McEasy dalam mengembangkan operasional perusahaan Anda nantinya.

Dengan menggunakan fitur-fitur kami yang sudah teruji dan berkualitas tinggi, kami menjamin dapat menjadi partner terbaik untuk Anda melalui sistem logistik berbasis digital kami ini.

McEasy sendiri merupakan perusahaan yang menyediakan GPS tracker terbaik di Indonesia, kami menyediakan dua produk utama yakni:

  1. TMS (Transportation Management System), platform berbasis cloud SaaS yang telah terintegrasi dengan GPS, sensor dan API yang akan membuat bisnis logistik Anda berjalan secara efektif dalam pengiriman barang.
  2. VSMS (Vehicle Smart Management System) adalah GPS tracker yang telah terintegrasi dengan berbagai fitur yakni dengan memantau dan mengendalikan seluruh armada kendaraan secara real time. Untuk lebih jelasnya Anda dapat lihat selengkapnya di Produk VSMS dan Produk TMS.

Itulah fakta menarik seputar logistik di Indonesia. McEasy adalah solusi terbaik dalam memaksimalkan perusahaan logistik yang Anda rencanakan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi website resmi McEasy dan dapat langsung menghubungi tim McEasy.

Tulisan Terkait