Middle Mile Delivery: Rantai Kedua Terakhir dalam Supply Chain

oleh | 3 Jun 2022 | Manajemen Pengiriman

Middle mile logistic adalah operasi yang terdiri dari pengangkutan barang antara dua fasilitas. Aliran pergerakan ini biasanya terjadi antara gudang yang menyimpan sementara produk yang diterima dari pemasok atau pusat produksi dan fasilitas kedua yang mengirimkan pesanan ke pelanggan akhir.

Sebuah produk menempuh perjalanan jauh dari saat itu diproduksi sampai mencapai pelanggan akhir. Oleh karena itu, merupakan prioritas bagi perusahaan untuk memastikan bahwa pengiriman pesanan dilakukan seefisien dan seefektif mungkin dari segi biaya. Bisnis mencari solusi yang mengoptimalkan middle mile logistic, misalnya melalui teknologi.

Apa itu middle mile delivery?

Middle mile logistic adalah proses yang mencakup pergerakan barang antar gudang. Operasi ini berdampak langsung pada berbagai proses yang membentuk supply chain, terutama pengiriman produk ke pelanggan akhir, yaitu pengiriman last mile. Jadi, misalnya, jika pengiriman barang antara satu fasilitas dan fasilitas lain terlambat dari jadwal, pengiriman pesanan ke pelanggan akhir kemungkinan besar juga akan tertunda.

Middle mile delivery memungkinkan untuk mengoptimalkan sumber daya dalam proses yang tidak melibatkan first mile atau last mile. Komunikasi antara distribution center (DC) memfasilitasi kontrol stok yang akurat dan pengaturan tugas pengadaan yang tepat.

Jadi, jenis perusahaan apa yang biasanya mengelola middle mile logistic? Mereka yang hadir di beberapa wilayah, dengan gudang yang didirikan di dekat pusat perkotaan, atau perusahaan dengan pelanggan di sejumlah negara.

Salah satu contoh bisnis yang mengelola middle mile delivery secara efektif adalah Decathlon, sebuah perusahaan multinasional yang didedikasikan untuk penjualan barang olahraga. Di Northampton, Inggris, Decathlon memiliki gudang yang dilengkapi dengan rak pengambilan dari Mecalux Group. Fasilitas ini memasok toko fisik negara dan pelanggan online.

Zsolt Kabai, Manajer Proyek di Decathlon UK, menjelaskan cara kerja middle mile logistic di perusahaan ini: “Rata-rata, kami menerima 250 palet sehari dengan produk dari gudang pusat Decathlon di Prancis dan Spanyol.” Semua barang ini kemudian diatur dan disimpan di lokasi yang sesuai, dengan mempertimbangkan ukuran dan tingkat permintaannya.

Middle mile delivery vs. last mile delivery

Berbeda dengan last mile delivery — yang semakin penting dengan munculnya eCommerce — konsep middle mile logistic belum begitu luas di kalangan perusahaan. Perbedaan utama antara middle mile dan last mile terletak pada tujuan produk. Sementara middle mile delivery mencakup pergerakan barang antar gudang, jarak tempuh terakhir terdiri dari pengiriman dari fasilitas logistik atau pusat ke pelanggan akhir.

Mile terakhir adalah fase logistik yang paling kompleks: pengelolaan kendaraan transportasi ke titik penjualan fisik dan pelanggan akhir melibatkan berbagai tujuan yang lebih luas. Sementara itu, middle mile hanya berhubungan dengan gudang utama dan titik pengiriman yang berbeda, seperti dark store dan micro-fulfillment center. Dalam konteks ini, fasilitas logistik harus dikoordinasikan dengan pengangkut untuk mengoptimalkan distribusi barang.

Middle mile delivery membutuhkan koordinasi yang lancar antar gudang : pengiriman produk harus dilakukan sesuai dengan kapasitas penyimpanan yang tersedia dan dengan jadwal fasilitas yang menerima barang. Dan logistik last mile membutuhkan komunikasi yang lancar antara gudang, agen transportasi, dan pelanggan akhir. Pengoperasian gudang perlu memfasilitasi pengambilan barang dari pengangkut, mengatur pesanan terlebih dahulu sesuai dengan rute transportasi atau pengangkut yang mengantarkan kiriman.

Perbedaan lain antara kedua fase logistik terletak pada beban unit yang akan dikelola dan disimpan. middle mile delivery memindahkan barang dalam jumlah besar, terutama palet, antara DC dan gudang transit. Di last mile, di sisi lain, tujuannya adalah pelanggan akhir dan toko fisik; oleh karena itu, kotak dan beban unit kecil lainnya biasanya dikelola dalam fase ini.

Optimalisasi middle mile delivery

Mengingat dampak middle mile logistic pada supply chain secara keseluruhan, perusahaan yang berurusan dengan manajemen inventaris multi-lokasi telah menemukan dalam operasi ini peluang nyata untuk mengoptimalkan proses mereka.

Amazon, misalnya, telah membuat komitmen kuat untuk middle mile delivery dengan menciptakan Ilmu Penelitian dan Pengoptimalan Perencanaan Milenium, sebuah departemen yang mengkhususkan diri dalam menentukan cara terbaik untuk mendistribusikan produk antara pemasok dan DC.

Salah satu cara untuk meningkatkan middle mile logistic adalah dengan meningkatkan throughput gudang. Implementasi software manajemen gudang memberi Anda kontrol inventaris. Selain itu, hal tersebut memungkinkan Anda untuk mengatur proses penerimaan dan pengiriman barang di gudang perusahaan Anda.

Proses penerimaan dan pengiriman produk adalah kunci untuk memiliki operasi yang gesit dan efisien yang mempercepat transfer antar gudang. Dan mengotomatisasi sebagian atau sepenuhnya tugas-tugas ini meningkatkan kinerja dalam operasi ini. Beberapa solusi tersebut termasuk sistem bongkar muat truk otomatis (untuk stok palet) dan sistem konveyor palet. Mengotomatiskan manajemen dan pelaksanaan proses gudang memungkinkan operasi yang efisien dan bebas kesalahan, yang mempercepat middle mile delivery dan memperkuat daya saing bisnis.

Salah satu tugas paling kompleks dalam arus barang antara DC perusahaan dan gudang transitnya adalah pengaturan rute pengiriman. Ada beberapa program perangkat lunak di pasar yang, dalam koordinasi langsung dengan perangkat lunak manajemen gudang, mengoptimalkan manajemen armada.

Middle mile delivery: teknologi untuk mengoptimalkan supply chain

Semakin banyak bisnis yang memperhatikan diri mereka sendiri dengan middle mile logistic. Perusahaan dengan gudang di lokasi yang berbeda perlu mengoptimalkan link supply chain terakhir untuk menjamin kelancaran fungsi supply chain mereka.

Di McEasy, kami mengembangkan perangkat lunak yang meningkatkan efisiensi operasi multi-gudang. Digitalisasi proses logistik mendorong kontrol yang lebih ketat atas keterlacakan produk dan manajemen armada. Hubungi kami, dan kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana teknologi kami akan membantu mengoptimalkan middle mile logistic bisnis Anda.

Tulisan Terkait

Menjelajahi Fitur Unggulan Vendor Management System McEasy

Menjelajahi Fitur Unggulan Vendor Management System McEasy

Sebagai brand owner, manajemen vendor logistik atau transportasi jika dilakukan secara manual bisa memakan banyak waktu dan rentan terjadi human error. Namun, jangan khawatir. Sejak McEasy merilis solusi terbarunya, yaitu Vendor Management System, Anda bisa...

Sejumlah Fungsi Vendor Management Sytem yang Wajib Dimanfaatkan

Sejumlah Fungsi Vendor Management Sytem yang Wajib Dimanfaatkan

Sebagai brand owner yang mengandalkan vendor logistik, seperti industri manufaktur dan distributor, tantangan yang kompleks seringkali menjadi penghambat pada operasional di dua sektor ini. Tantangan ini seperti memilih vendor yang berpengalaman, pengelolaan kontrak,...

Tips Memilih Vendor Transportasi Pengiriman Muatan yang Tepat

Tips Memilih Vendor Transportasi Pengiriman Muatan yang Tepat

Sebagai cargo owner di sektor distributor maupun manufaktur, proses pengiriman muatan merupakan salah satu aspek kritis dalam rantai pasokan. Memilih vendor transportasi yang tepat dapat memiliki dampak besar pada efisiensi operasional, kepuasan pelanggan, dan tentu...