6 Tantangan Last-Mile Delivery Di E-Commerce

oleh | 17 Okt 2022 | Manajemen Pengiriman

Ritel, sebuah industri yang telah ada di sebagian besar sejarah manusia, telah mengalami banyak perubahan dalam lima tahun terakhir daripada 50 tahun sebelumnya. Banyak dari perubahan baru-baru ini didorong oleh pergeseran cara konsumen berbelanja. Dengan batu bata & mortir, belanja di dalam toko kehilangan mode di antara pembeli, belanja online dengan cepat menjadi saluran pilihan untuk ritel di seluruh dunia. Penjualan ritel e-commerce global mencapai $5 miliar pada tahun 2022 saja. Dan dengan pertumbuhan belanja e-commerce ini, muncul pertumbuhan dalam pengiriman online dan fokus baru pada last-mile delivery, sebuah orkestrasi kompleks yang dapat membuat atau menghancurkan reputasi pengecer.

Kompleksitas dan biaya tambahan dari last mile muncul dalam bentuk variabel tambahan yang harus diperhitungkan. Tidak seperti first mile dan mid mile, last mile umumnya lebih sporadis dan tidak dapat diprediksi, dengan tujuan pengiriman dan timeline yang tidak diketahui sampai pesanan dilakukan. Kombinasikan itu dengan berbagai jenis fulfillment dan armada untuk dipilih dan Anda memiliki proses yang matang untuk inefisiensi, penundaan, dan risiko tambahan.

Konsumen ritel umumnya tidak menyadari kompleksitas logistik yang terlibat dalam last-mile delivery dan tidak tahu apa yang terjadi di balik layar. Dan untungnya bagi mereka, mereka tidak perlu melakukannya. Pengalaman pengiriman online yang unggul sedikit seperti sulap: memesan dari perangkat yang nyaman dan dalam beberapa hari atau bahkan beberapa menit, pengiriman muncul di depan pintu mereka.

Untuk mencapai pengalaman pengiriman yang unggul ini, pengecer harus menyederhanakan proses last-mile delivery yang rumit. Hal ini tidak hanya menguntungkan konsumen dengan pengalaman pengiriman yang lebih lancar dan hemat biaya, tetapi juga secara positif memengaruhi laba pengecer baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Di bawah ini kami akan menjelajahi beberapa aspek paling rumit yang dihadapi pengecer terkait last-mile delivery yang dapat diselesaikan dengan teknologi pengiriman inovatif.

Omnichannel Fulfillment

Pengecer online meningkatkan kapasitas dan fleksibilitas rantai pasokan dengan memanfaatkan non-traditional fulfillment centers seperti toko gelap, penjemputan di tepi jalan, pop-up distribution centers dan micro-fulfillment centers. Strategi ini meningkatkan kelincahan dan kemampuan beradaptasi bagi pengecer, memungkinkan mereka untuk mendiversifikasi titik awal yang dapat mengurangi risiko jika satu saluran mengalami penundaan atau kemacetan.

Strategi diversifikasi ini, bagaimanapun, juga memperkenalkan kompleksitas yang lebih besar. Mengelola berbagai metode fulfillment dan delivery adalah sebuah tantangan. Teknologi dapat membantu pengecer mengatasi tantangan ini dengan menggunakan fitur route optimization, dan meningkatkan visibilitas status produk selama proses pengiriman belangsung.

Keberagaman Destinasi Pengiriman

35682C B6C281F741Ec4Fa8912Fc80D387D6719 Mv2 4

Jauh sebelum 20 tahun yang lalu ketika e-commerce masih dalam masa pertumbuhan, konsumen tidak memiliki banyak pilihan dalam cara mereka menerima barang yang mereka beli, karena hampir semua pembelian dilakukan dan diambil di dalam toko. Fast-forward dalam beberapa tahun, e-commerce memungkinkan kenyamanan home delivery. Fast-forward lebih jauh ke hari ini dan pengecer mulai menawarkan opsi pengiriman yang fleksibel, pengiriman ke rumah konsumen, tempat kerja, dan bahkan rumah tetangga.

Namun, fleksibilitas tambahan ini dapat memperumit last-mile delivery lebih jauh. Memiliki teknologi yang tepat dapat meningkatkan fleksibilitas pada tujuan pengiriman yang berbeda dan pada saat yang sama dapat menyederhanakan proses logistik yang terlibat – keduanya sangat penting.

Jenis Transportasi Dan Kurir

35682C 95670Ee680Bf432Fadc7D117463208Cd Mv2 2

Ada tiga cara utama pengecer memindahkan produk sepanjang pengiriman last-mile dari titik asal ke tujuan pilihan konsumen:

  • Gunakan perusahaan logistik khusus seperti JNE dan Anteraja
  • Outsource dengan platform pengiriman
  • Gunakan armada pengiriman yang dimiliki

Banyak pengecer juga dapat menggunakan dua atau lebih hal di atas. Untuk pengecer kecil, menggunakan perusahaan logistik khusus dan jaringan operator outsourcing biasanya masuk akal, karena ini hanya memerlukan sedikit atau tanpa investasi modal dan menawarkan kapasitas yang lebih fleksibel – sebagian besar waktu. Selama musim permintaan puncak, banyak perusahaan logistik khusus seperti UPS mungkin memiliki kapasitas terbatas yang dapat menyebabkan penundaan atau lebih buruk. Armada pengiriman yang dimiliki mengurangi risiko ini dengan memberi pengecer kendali penuh atas jaringan pengiriman mereka, tetapi memerlukan investasi modal, manajemen aset transportasi, kemampuan perutean dan penjadwalan, dan tenaga kerja tambahan.

Solusi teknologi pengiriman dapat meringankan upaya dan menyederhanakan kompleksitas logistik yang terlibat dalam memiliki armada dengan kecerdasan buatan dan solusi perutean berbasis pembelajaran mesin, optimalisasi loop, visibilitas waktu nyata, alur kerja Manajemen Proses Bisnis (BPM) yang dapat disesuaikan, dan alat manajemen tenaga kerja. Banyak dari alat yang sama ini dapat digunakan untuk menyederhanakan kompleksitas pengiriman yang dialihdayakan juga. Dengan teknologi yang tepat, pengecer dapat menggunakan perpaduan yang dioptimalkan dari pendekatan di atas untuk menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dan kapasitas yang terjamin saat dibutuhkan.

Kekurangan Pengemudi

35682C 14C965F800Cb4A2Ca67Bab493D7B6550 Mv2 1

Berita utama baru-baru ini di seluruh dunia telah menunjukkan betapa ketatnya pasar tenaga kerja global. Salah satu sektor ekonomi khususnya di mana menemukan tenaga kerja yang cukup untuk memenuhi permintaannya adalah di bidang transportasi. Pain point ini dirasakan terutama di antara pengemudi truk, di mana kekurangan parah menyebabkan penundaan bagi pengecer.

Untuk pengecer yang mengoperasikan armada mereka sendiri, kekurangan pengemudi dapat menyebabkan tantangan serius seperti kapasitas yang tidak mencukupi dan peningkatan biaya, yang harus diserap oleh pengecer atau diteruskan ke konsumen. Ada beberapa solusi bagi pengecer untuk mengurangi dampak kekurangan pengemudi pada bisnis mereka:

  • Perluas kapasitas dengan memanfaatkan jaringan operator
  • Tingkatkan efisiensi perutean untuk menggunakan lebih sedikit driver
  • Gamification pengalaman pengemudi untuk meningkatkan produktivitas dan mpertahankan tenaga kerja
  • Memanfaatkan pengiriman otonom untuk mengurangi ketergantungan pada pengemudi manusia

Rute

35682C 64E290D7747A480A9478C45E8Affcfea Mv2

Pengecer yang mengoperasikan armada pengiriman mereka sendiri harus memperhitungkan rute yang diikuti oleh pengemudi dan kendaraan mereka untuk mendapatkan pengiriman dari titik asal ke tujuan pilihan konsumen. Berbeda dengan first-mile dan mid-miles, di mana rute dan jadwal pengiriman tetap relatif tidak berubah dari waktu ke waktu, last-mile tidak dapat diprediksi dan perutean harus disesuaikan untuk setiap pengiriman. Oleh karena itu, perutean harus diotomatisasi dan dioptimalkan dan teknologi pengiriman adalah suatu keharusan untuk membuat proses ini mudah dan efisien. Kemajuan dalam kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) membuat proses ini lebih mulus, dapat dikonfigurasi, dan terlihat. Menurut Bain & Co., mengoptimalkan perutean armada yang dimiliki dapat mengurangi 13% jumlah truk yang dibutuhkan dan 28% pengurangan total jarak tempuh. Ini hanya beberapa dari banyak manfaat yang dapat ditawarkan oleh proses logistik yang disederhanakan dengan pengoptimalan rute, seperti:

  • Mengurangi biaya operasional
  • Mengurangi waktu pengiriman
  • Mengurangi emisi karbon
  • Berkurangnya kebutuhan akan pengemudi
  • Peningkatan kepatuhan SLA
  • Visibilitas real-time dari progress pengiriman

Pengembalian

Pengiriman bukan menupakan jalan satu arah. Seringkali pengiriman online harus berjalan mundur dari depan pintu ke pusat fulfillment karena pengembalian. Konsumen menuntut agar pengecer menawarkan kebijakan pengembalian online dan mereka menggunakannya – hampir setengah dari semua pembeli online telah melakukan pengembalian dalam satu tahun terakhir dan 30% kekalahan dari semua pembelian online dikembalikan.

Kebijakan pengembalian semakin menjadi pertimbangan konsumen, karena 75% pembeli online mencari proses pengembalian yang mudah dan 92% pembeli akan membeli lagi dari pengecer jika pengembaliannya mudah. Sebaliknya, 84% pembeli online akan beralih ke pesaing jika mereka memiliki pengalaman pengembalian yang buruk. Realita? Hampir setengah dari semua pembeli online tidak percaya bahwa pengembalian online itu mudah.

Solusi untuk teka-teki pengembalian online terletak pada teknologi inovatif dan kemitraan yang ditingkatkan antara pengirim, penyedia logistik, dan platform yang mendukung teknologi. Solusi sempurna dapat menawarkan pengembalian yang gratis, cepat, fleksibel, dan berkelanjutan kepada konsumen dan proses hemat sumber daya yang ringan untuk pengecer, memastikan kedua belah pihak puas. Orkestrasi dan optimalisasi rute dapat meningkatkan pemanfaatan kapasitas untuk truk yang membawa kurang dari muatan penuh untuk menerima pengiriman kembali. Pengecer dapat meningkatkan penggunaan banyak node omnichannel mereka untuk mengakomodasi pengembalian, memanfaatkan teknologi untuk menentukan produk mana yang harus dikirim kembali ke mana. Teknologi visibilitas dapat meningkatkan komunikasi antara pengecer, operator, dan konsumen, memperingatkan konsumen secara real-time ketika pengembalian mereka diproses, dan pengembalian uang dapat dilakukan.

Sederhanakan Last-Mile Delivery yang Kompleks Menggunakan TMS

35682C Cf47E32Bcb82434F873C2C906F12E15F Mv2 1

Menanggapi tantangan pengiriman yang terus-menerus ini, McEasy mengembangkan Transportation Management System (TMS) sebagai arahan bagi pengecer, brand, dan operator di seluruh Indonesia untuk mencapai last-mile delivery yang unggul yang mengubah pengalaman pengiriman pelanggan menjadi keunggulan kompetitif dengan menyederhanakan proses pengiriman yang kompleks dan memecahkan tantangan pengiriman yang dirasakan perusahaan selama bertahun-tahun.

McEasy berfokus pada pemecahan tantangan ini melalui kemampuan teknologi logistik last-mile seperti visibilitas real-time, orkestrasi pengiriman, pengalaman pelanggan, business process management and sustainability, hingga gamification pengalaman pengemudi.

Untuk mengetahui lebih rinci tentang layanan kami, lihat halaman Transportation Management System atau jadwalkan konsultasi dengan tim kami.

Tulisan Terkait