Teknologi Transportasi untuk Mempermudah Operasional Perusahaan Logistik

oleh | 17 Des 2021 | Manajemen Pengiriman

Teknologi transportasi adalah digunakan hampir setiap hari oleh sebagian masyarakat untuk pergi ke suatu tempat. Kehadiran transportasi sudah ada sejak zaman dahulu sekitar tahun 3500 SM.

Keberadaan teknologi transportasi hingga saat ini masih terus berkembang hingga menghadirkan berbagai transportasi baru. Salah satu contohnya adalah transportasi umum.

Sebagai transportasi terbaru yang dioperasikan oleh negara Jepang, yaitu kereta monorel gantung. Kereta ini sangat canggih dengan penampakannya yang seperti melayang di udara.

Transportasi tersebut berhasil menyita perhatian sebagian masyarakat dunia, termasuk Indonesia karena kecanggihan teknologi transportasi yang sangat luar biasa pada keretanya, sehingga seperti menaiki sebuah wahana.

Namun perkembangannya tidak hanya sampai disitu saja, masih ada banyak lagi alat teknologi transportasi canggih yang akan kami bahas dalam artikel berikut.

Fungsi Teknologi Transportasi dalam Kehidupan

Fungsi teknologi transportasi sebenarnya sudah jelas, yakni sebagai angkutan untuk individu atau kelompok ke suatu tempat atau tujuan.

Namun tidak hanya itu saja, transportasi juga berfungsi untuk mengangkut berbagai keperluan barang atau logistik. Hal tersebutlah yang menjadikan perusahaan logistik dan transportasi hadir dan berkembang pesat di masyarakat, yakni untuk menunjang segala kebutuhan manusia.

Tanpa adanya alat transportasi di dunia ini, maka kehidupan akan terasa sangat lama dan tidak efektif.

Pernyataan diatas memang tidak mungkin ada di zaman sekarang, namun masyarakat di zaman dulu pernah merasakan sulitnya melakukan kegiatan sosial, ekonomi dan lainnya tanpa menggunakan alat transportasi.

Pada intinya bagi perusahaan logistik, transportasi adalah alat esensial yang wajib ada untuk keberlanjutan sebuah bisnis.

Fungsi Teknologi Transportasi bagi Perusahaan Logistik

1. Sistem Manajemen Rantai Pasokan

Sistem manajemen rantai pasokan atau supply chain adalah kegiatan pengadaan barang yang pengelolaannya berhubungan dengan antarmitra, sehingga prosesnya membutuhkan alat transportasi untuk mengantarkan pasokan ke mitranya.

Transportasi yang sering digunakan untuk manajemen rantai pasokan biasanya harus memiliki muatan yang besar, seperti mobil box atau mobil truk.

2. Meningkatkan Perekonomian Nasional

Teknologi transportasi sangat berguna untuk perekonomian nasional terutama dalam pengiriman barang. Bayangkan jika kegiatan pendistribusian barang tidak ada, maka toko-toko besar juga tidak akan ada.

Jika kegiatan perekonomian tidak ada alat transportasinya, maka sistem jual beli pun akan terhambat sehingga kemakmuran masyarakat tidak terpenuhi.

3. Meningkatkan Kepentingan Sosial

Selain fungsinya untuk meningkatkan perekonomian nasional bagi perusahaan logistik, transportasi juga dapat meningkatkan kepentingan sosial bagi perusahaan transportasi yakni sebagai penyedia jasa perjalanan.

Melalui jasa perjalanan tersebut, Anda dapat mempersingkat perjalanan dengan efektif, sehingga waktu yang ditempuh tidak memakan waktu lama untuk sampai ke tempat tujuan.

4. Menciptakan Lapangan Kerja

Tanpa bantuan tenaga manusia, alat transportasi tidak dapat dijalankan. Maka dari itu, fungsi transportasi selanjutnya adalah untuk menciptakan lapangan kerja.

Dalam perusahaan transportasi dan logistik, perusahaan membutuhkan setidaknya puluhan hingga ratusan orang untuk bertugas mengantarkan barang ke tempat tujuan,

Inilah mengapa kehadiran transportasi sangat menguntungkan bagi masyarakat yang memiliki keahlian dalam berkendara, sehingga mereka dapat memanfaatkannya untuk menghasilkan uang.

5. Transportasi Sebagai Penyimpanan Produk

Transportasi menjadi alat yang penting untuk menyimpan sebuah barang, terutama sebagai penyimpanan sementara dari lokasi asal ke lokasi tujuan.

Penyimpanan produk ini seringkali digunakan untuk loading barang yang sudah terjadwal waktu pengirimannya.

Loading barang biasanya dikerjakan oleh perusahaan ekspedisi agar meminimalisirkan keterlambatan waktu.

Perkembangan Teknologi Transportasi di Perusahaan Logistik

Semakin canggihnya perkembangan teknologi transportasi, maka semakin meningkat pula sistem keamanan pada perusahaan logistik. Begitu pula dengan keinginan masyarakat yang ingin ikut merasakan kecanggihan teknologi transportasi.

Adapun salah satu contoh kecanggihan teknologi dalam transportasi yakni GPS tracker, alat tracking dengan menggunakan teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang dapat melacak lokasi kendaraan secara real time.

Setiap orang yang menggunakan jasa ekspedisi pasti menginginkan kenyamanan serta keamanan. Agar produk yang dipesan aman sampai ke tujuan. Teknologi GPS tracker ini yang diterapkan pada transportasi jasa ekspedisi mampu melakukan pelacakan pada kendaraan ekspedisinya.

Bahwasannya saat ini banyak pengguna jasa ekspedisi yang tidak hanya ingin sekedar barang sampai saja, namun juga mengutamakan customer experience, yang dapat menunjang kebutuhan pengiriman barang dengan sistem visibilitas. Customer experience ini sangat menguntungkan bagi kedua pihak baik untuk pengguna dan perusahaan.

Melalui alat tracking, pengguna akan merasa lebih aman karena bisa memastikan serta mengetahui seberapa lama barang akan sampai kepada mereka. Sementara pihak perusahaan akan lebih dipercaya oleh pengguna berkat kecanggihannya dalam pengiriman barang yang telah dilengkapi dengan transportasi canggih di dalamnya.

Penggunaan alat GPS tracker sebenarnya sudah dianggap biasa bagi sebagian orang, pasalnya teknologi ini sudah hadir sekian lama.

Namun kecanggihannya ini kian berkembang dengan fitur-fitur yang telah terintegrasi dalam satu alat saja.

Ternologi tersebut adalah TMS (Transportation Management System) sebuah teknologi teknologi berbasis cloud, diciptakan untuk menyederhanakan kegiatan operasional perusahaan, terutama pada bidang logistik.

McEasy Mengembangkan Teknologi untuk Operasional Logistik dan Transportasi

Jika Anda adalah seorang pengusaha yang sedang membangun perusahaan logistik untuk skala besar maupun kecil, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan produk TMS dari McEasy.

TMS yang McEasy kembangkan telah terbukti menjadi teknologi transportasi terbaik, terutama untuk bisnis logistik.

Selain itu, McEasy juga mengembangkan VSMS (Vehicle Smart Management System), software tracker yang memiliki fitur monitoring, history, controlling, scheduling dan licence reminder yang dapat meningkatkan pengguna untuk memperpanjang surat-surat kendaraan.

Platform TMS dapat terintegrasi dengan VSMS untuk mengolah semua data mulai dari order, proses pengiriman, alokasi armada, hingga invoicing.

Pengaplikasiannya juga sangat fleksibel, bahkan jika perusahaan Anda telah memiliki sistem GPS pribadi atau menggunakan jasa brand lain, Anda masih tetap bisa terintegrasi dengan TMS dari McEasy.

Jika Anda penasaran apa saja fitur-fitur yang tergabung pada produk TMS kami, silakan kunjungi halaman TMS dari McEasy.

Keunggulan McEasy, Perusahaan Pelacakan Logistik No. 1

McEasy adalah penyedia layanan GPS tracker dengan monitoring terbaik untuk setiap kendaraan. Berikut ini keunggulan yang dapat Anda rasakan jika menggunakan produk kami:

1. Terpercaya

Perusahaan kami telah berdiri sejak tahun 2017, sampai saat ini kami selalu mengembangkan dan bertransformasi menjadi perusahaan yang terdepan dalam memberikan solusi terintegrasi pada bidang logistik dan pergudangan.

Kami sudah dipercaya oleh 300+ perusahaan, baik perusahaan dalam skala besar maupun skala kecil. Customer kami diantaranya, Club Air Mineral, Alfamidi. Fed Express, MGM Bosko, Go Trans, dan lain-lain.

2. Request Demo

Melalui request demo, Anda dapat mengetahui bagaimana kecanggihan dari produk kami yaitu TMS dan VSMS.

Anda dapat pelajari terlebih dahulu fitur-fitur dari produk kami, dengan mengisi form yang tertera di website McEasy.

3. Free Trial 2 Minggu

Kami menyediakan program uji coba dengan gratis selama 2 minggu pemakaian, sehingga Anda dapat menikmati pengalaman menggunakan kedua produk unggulan kami.

4. Free Training

Kami juga menyediakan training bagi semua staf mitra yang akan mengoperasikan software.

Anda tidak perlu khawatir, karena software kami sangat fleksibel sehingga perusahaan tidak perlu melakukan banyak pengaturan, TMS kami dapat diintegrasikan dengan sistem perusahaan yang sudah ada.

Segera gunakan teknologi transportasi canggih dari McEasy. Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik dalam menunjang proses ekspedisi barang di perusahaan Anda!

Tulisan Terkait