Webinar: Peran Penting Sistem Manajemen Transportasi di Industri Cold Chain

oleh | 11 Apr 2022 | Events

Pada Hari Rabu, 6 April 2022 lalu, bersama-sama dengan ARPI (Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia), McEasy menyelenggarakan webinar dengan tema Peran Penting Sistem Manajemen Transportasi di Industri Cold Chain. Acara membawa narasumber yang merupakan praktisi di bidangnya antara lain Ketua ARPI yaitu Pak Hasanuddin Yasni, Pak Raymond Sutjiono dan Pak Hendrik Ekowaluyo yang merupakan Co-Founders dari McEasy, Direktur Operasional MGM Bosco yaitu Pak Roni Razak, GM Operations dari Cikarang Dry Port Pak Agus Utomo, dan Pak Setijadi yang merupakan Ketua Supply Chain Indonesia.

Webinar dibuka oleh Rizky Harisnanda dari CNN Indonesia selaku moderator yang membawa isu yang ada di era pandemi. Rizky menyebut tingginya permintaan dari tren belanja online yang terjadi dan meningkatnya volume produk-produk yang memerlukan pengiriman dengan pendingin di Indonesia yang akan menjadikan negara kita menjadi pangsa pasar ke-7 terbesar di dunia dalam sektor ini.

Pak Yasni selaku Ketua ARPI menjabarkan tantangan dan fakta-fakta yang dihadapi oleh industri rantai pendingin di Indonesia saat ini. Di era industry 4.0 saat ini, pertumbuhan pasar global rantai pendingin disebut meningkat tajam. Distribusi produk-produk mudah rusak meningkat drastis. Namun, hal ini tidak dibarengi dengan teknologi dan fasilitas yang memadai di negara kita. Bahkan dikatakan oleh Pak Yasni, industry rantai pendingin di negara kita masih gagal. Adaptasi teknologi dan pemahaman akan benefit teknologi digital yang diperlukan sangat ketinggalan jika dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya.

Dilanjutkan dengan Pak Raymond dan Pak Hendrik yang menawarkan solusi digital akan permasalahan yang ada. Pak Raymond memaparkan bagaimana sistem dan integrasi secara digital adalah jawaban yang akan membawa industry rantai pendingin ini kea rah kemajuan yang tepat. Keunggulan McEasy secara teknis dan sistematis dijelaskan juga secara singkat dan jelas oleh Pak Hendrik pada kesempatan kali ini.

Selaku salah satu partner McEasy, MGM Bosco juga menjelaskan dampak yang dirasakan perusahaan belau selaku pengguna solusi digital dan bagaimana proses operasional perusahaan menjadi jauh lebih efisien dan terintegrasi. Dilanjutkan dengan tanggapan dari Pak Agus Utomo dan Pak Setijadi, webinar kali ini menjadi ajang berpendapat yang sangat menarik.

At the end of the day, kami semua berharap industry rantai pendingin di Indonesia dapat semakin berkembang dan mengejar ketinggalannya dengan beralih ke solusi digital yang terintegrasi dan terstandarisasi.

Kalau Anda tertarik untuk menyimak secara lengkap, webinar kami dapat diakses melalui link berikut: ARPI X McEasy | Peran Penting Sistem Manajemen Transportasi di Industri Cold Chain – YouTube

Tulisan Terkait

[Offline Event] Optimizing McEasy Platform in Ramadan Sesion

[Offline Event] Optimizing McEasy Platform in Ramadan Sesion

Jakarta - McEasy sukses menggelar acara McEasy Meet Up dengan tema "Optimizing McEasy Platform in Ramadan Season" pada Kamis, 7 Maret 2023 lalu di Porta Coffee and Kitchen, Kelapa Gading Jakarta. Acara ini menarik perhatian sejumlah pelaku industri logistik dan...