Adopsi Solusi Digital Logistik VSMS dan TMS di Kota Manado

oleh | 18 Okt 2023 | Events

Kota Manado menjadi saksi dari acara kolaboratif yang penting, yang melibatkan McEasy, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dan Logistik Go Digital. Berlokasi di Mercure Manado Tateli Beach Resort, acara sosialisasi yang bertajuk “Adopsi Solusi Digital Logistik VSMS dan TMS di Kota Manado” pada Selasa (17/10) kemarin, berhasil menarik perhatian banyak pemangku kepentingan dalam industri logistik. 

Libatkan Pemangku Kepentingan 

Libatkan Pemangku Kepentingan

Pemerintah Kota Manado dengan dukungan penuh dari Kementerian Kominfo, memahami betapa pentingnya pengembangan infrastruktur logistik yang efisien untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Untuk itu, mengadopsi teknologi Vehicle Smart Management System (VSMS), Transportation Management System (TMS), dan Smart Driver App adalah salah satu langkah kunci sebagai solusi digital untuk menciptakan logistik di Kota Manado menjadi lebih mudah, hemat biaya, dan efisien. 

Para peserta dapat melihat secara langsung bagaimana teknologi VSMS dan TMS dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan armada kendaraan, pengiriman barang, memberikan transparansi kepada pelanggan, dan memberikan solusi komunikasi dengan pengemudi yang efisien melalui Smart Driver App. 

Dikki Permana selaku Ketua Tim Transformasi Digital Sektor Pertanian Maritim dari Logistik Kementerian Kominfo, berperan penting dalam mendukung pengembangan solusi ini. “Kominfo memiliki mandat untuk memimpin transformasi digital di sektor-sektor strategis guna mendorong ekonomi digital Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui berbagai fasilitasi, kerjasama, dan program, seperti yang terlihat dalam kegiatan ini”, ungkap Dikki.

Kepala Bidang Pengembangan Sistem Transportasi Dinas Perhubungan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Siti Magdalena menyampaikan, transportasi logistik sudah saatnya melakukan digitalisasi guna memudahkan pengawasan juga meningkatkan efektivitas dan efisiensi distribusi logistik. “Dinas Perhubungan sudah menyiapkan infrastruktur sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung kemajuan digitalisasi sektor logistik”, tuturnya. 

Sementara itu, Nur Iman selaku Sekretaris Jenderal Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN) mengungkapkan, digitalisasi logistik memiliki peran penting dalam kemajuan sektor logistik Indonesia. IPCN mendorong sosialisasi teknologi logistik digital antar moda, mengingat sifat negara kepulauan kita di mana distribusi logistik tidak dapat dilakukan hanya dengan satu moda transportasi saja. 

Pernyataan Dikki Rukmana dan Nur Iman juga dikuatkan oleh Iqbal Prakasa selaku Head of Marketing McEasy. “Pendekatan digital kepada pelaku usaha logistik diharapkan menjadi solusi dalam memudahkan operasional. Melalui solusi VSMS, TMS, dan Smart DriverApp milik McEasy yang bertujuan untuk mendigitalisasi pemantauan dan pengendalian armada, memberikan transparansi kepada konsumen, dan memberikan solusi komunikasi dengan pengemudi”, ungkap Iqbal saat sosialisasi dilakukan. 

Kepala Bidang Pengembangan Sistem Transportasi Dinas Perhubungan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Siti Magdalena menyampaikan, transportasi logistik sudah saatnya melakukan digitalisasi guna memudahkan pengawasan juga meningkatkan efektivitas dan efisiensi distribusi logistik. Dinas Perhubungan sudah menyiapkan infrastruktur sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung kemajuan digitalisasi sektor logistik.  

Mengenal McEasy sebagai Penyedia Solusi Digital Logistik

Ilustrasi Ui Vsms

McEasy merupakan platform manajemen armada dan transportasi yang mendukung bisnis logistik dengan membantu meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan mereka. Hingga sekarang, platform ini telah digunakan lebih dari seribu perusahaan dengan industri yang berbeda untuk mengatur, mengelola, dan memantau kendaraan mereka. 

Apa yang membedakan McEasy adalah kemampuannya untuk memberikan visibilitas penuh terhadap rantai pasokan, dari manajemen armada hingga pengiriman barang ke pelanggan. Solusi VSMS dan TMS yang disediakan oleh McEasy bukan hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memberikan tingkat transparansi yang tinggi. Ini memungkinkan pelanggan untuk memiliki kepercayaan lebih dalam hal pengiriman barang, yang semakin menjadi tuntutan utama dalam industri logistik modern. 

Bukan hanya itu, McEasy juga menyediakan Smart Driver App, sebuah aplikasi mobile pengemudi yang membantu komunikasi agar lebih efisien antara perusahaan logistik dan pengemudinya. Dengan beragam fitur canggih, seperti perencanaan, pelacakan dan pemantauan secara real-time, serta pemantauan aktivitas armada dan pengemudi yang lebih baik, McEasy membantu perusahaan logistik beroperasi dengan lebih efisien. 

Dengan McEasy, masa depan logistik yang digital dan efisien menjadi lebih mudah dan dapat diakses oleh perusahaan dari berbagai ukuran dan sektor industri. Dengan demikian, McEasy bukan hanya penyedia terkemuka dalam solusi logistik digital, tetapi juga menjadi pionir dalam perubahan menuju masa depan logistik yang lebih cerdas, terhubung, dan efisien. 

Sosialisasi ini menggambarkan sinergi antara sektor publik dan swasta, serta antara pemerintah dan pemangku kepentingan industri dalam upaya bersama untuk memajukan industri logistik digital di Kota Manado. Dengan kolaborasi antara McEasy, Kementerian Kominfo, dan Logistik Go Digital, Kota Manado telah memasuki era baru di mana teknologi dan inovasi menjadi pendorong utama dalam mengoptimalkan proses logistik. 

Kehadiran solusi VSMS, TMS, dan Smart Driver App di Kota Manado memberikan kesempatan besar bagi perusahaan logistik lokal untuk mengadopsi teknologi yang akan membantu mereka menjadi lebih kompetitif dan efisien dalam lingkup nasional maupun regional. Dengan semangat inovasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan efisiensi dalam industri logistik, kolaborasi ini menandai langkah maju yang penting dalam mewujudkan masa depan yang lebih cerah dan terkoneksi untuk Kota Manado dan Indonesia secara keseluruhan dalam era logistik digital. 

Tulisan Terkait

[Offline Event] Optimizing McEasy Platform in Ramadan Sesion

[Offline Event] Optimizing McEasy Platform in Ramadan Sesion

Jakarta - McEasy sukses menggelar acara McEasy Meet Up dengan tema "Optimizing McEasy Platform in Ramadan Season" pada Kamis, 7 Maret 2023 lalu di Porta Coffee and Kitchen, Kelapa Gading Jakarta. Acara ini menarik perhatian sejumlah pelaku industri logistik dan...