3 Takeaways Dari Gartner Supply Chain Symposium

oleh | 24 Okt 2022 | News

Gartner Supply Chain Symposium/XpoTM baru-baru ini mempertemukan lebih dari 2.600 pemimpin rantai pasokan profesional di Orlando, Florida untuk membahas tantangan dan solusi dalam manajemen rantai pasokan

Para pemimpin saat ini menghadapi gangguan dan volatilitas yang berkelanjutan dalam rantai pasokan mereka. Gartner Supply Chain Symposium/XpoTM baru-baru ini mempertemukan lebih dari 2.600 pemimpin rantai pasokan profesional di Orlando, Florida untuk membahas tantangan dan solusi dalam manajemen rantai pasokan.

Bagaimana perusahaan menavigasi di masa yang penuh gejolak dan bagaimana mereka berkembang? Kedua pertanyaan ini menjadi dasar dari banyak presentasi. Perusahaan harus memiliki daya tahan untuk menangani berbagai gangguan sekaligus merasakan dan memenuhi kebutuhan pelanggan di dunia yang berkembang pesat.

Tren dan insight baru dalam last-mile delivery

35682C 5A494E911Dea47F99C6A445800Eacb39 Mv2

Berbicara dengan berbagai pemimpin rantai pasokan di konferensi tersebut, diketahui bahwa last-mile delivery tetap menjadi tantangan bagi retailer dan perusahaan logistik. Sementara industri peserta sangat bervariasi, mulai dari obat-obatan hingga vendor e-commerce, semuanya sangat terfokus pada pengurangan biaya dan meningkatkan pengalaman pelanggan di last-mile.

Dalam presentasi di simposium berjudul, “Last Mile is So Last Year – Here’s How to Reach the Future Retail Consumer,” Tom Enright, vice president and analyst dari Gartner berbicara tentang memperluas definisi last-mile. Dia mengatakan retailer perlu mengubah definisi mereka tentang last-mile.

Secara tradisional, retailer akan menurunkan paket dan itu akan dianggap sebagai pengiriman. Dengan lebih banyak opsi pengiriman daripada sebelumnya, Enright mengatakan, “locker pickup, alternative delivery locations and buy online pick up in store (BOPIS) models appearing, the collection part of the equation is becoming increasingly important. A failure here is a failure everywhere in the process.”

Banyak manajer yang ingin mendahului kemungkinan pengecualian apa pun untuk memberikan pengalaman pengiriman yang lancar, terlepas dari tujuan akhir produk. Memasukkan visibilitas real-time memberikan informasi kepada manajer dan informasi adalah kekuatan.

Dalam presentasi lain, analis Gartner membahas tren makro yang mereka lihat muncul di perusahaan dengan rantai pasokan superior yang berkontribusi pada kesuksesan mereka. Salah satu tren adalah memanfaatkan kekuatan input real-time ke dalam kemampuan eksekusi real-time. Memobilisasi wawasan yang dapat ditindaklanjuti adalah standar baru dalam mengelola rantai pasokan dan memberikan pengalaman pengiriman jarak jauh yang luar biasa kepada konsumen.

Manajemen risiko: topik hangat bagi para pemimpin rantai pasokan

35682C 2C0Cbfef32864807Be0Ce63D66658286 Mv2

Peningkatan fokus yang dibawa oleh para profesional rantai pasokan untuk mengelola risiko dalam rantai pasokan mereka adalah tren umum lainnya. Untuk mengurangi kerentanan dan memastikan kesinambungan dalam rantai pasokan mereka, perusahaan mengambil langkah-langkah untuk mengidentifikasi, menilai, dan membatasi risiko agar tetap berada di depan gangguan.

Kecerdasan buatan (AI) dan machine learning dapat memberikan insight dan visibilitas real-time bagi perusahaan yang berjuang untuk mengidentifikasi dan mengelola risiko. Kushal Nahata, CEO dan salah satu pendiri FarEye mengatakan bahwa AI dapat “menggali insght dan pola dalam rantai pasokan untuk menemukan korelasi yang lepas dari jangkauan pikiran manusia. AI hebat dalam memberi tahu Anda ke mana harus mencari dan mengapa, dan sekarang sering digunakan untuk pengambilan keputusan tingkat rendah saat menganalisis pola untuk menyeimbangkan penawaran dengan permintaan.”

Teknologi akan membantu profesional IT menjadi lebih mahir dalam mengelola risiko dan mengurangi vulnerability dalam rantai pasokan mereka. Gartner percaya bahwa mereka juga harus memiliki rantai pasokan yang menstabilkan diri, yang berarti memiliki rantai pasokan yang dapat stabil dengan cepat setelah gangguan eksternal. Organisasi yang sukses membantu mengelola risiko dengan menciptakan rantai pasokan yang menstabilkan diri sendiri yang dapat menyesuaikan dan fleksibel terhadap perubahan di dunia yang terganggu.

Apakah sustainability merupakan sesuatu yang dikhawatirkan oleh para pemimpin rantai pasokan?

Kesimpulan terakhir dari simposium adalah bahwa sementara sustainability ada di benak para eksekutif, itu bukan fokus berat dari para profesional rantai pasokan yang ditemui. Para profesional ini berusaha keras untuk mengurangi risiko dan menjaga agar produk mereka tetap mengalir, sambil mendapatkan real-time visibility dan mengatur pengiriman last-mile mereka. Sementara sustainability adalah fokus di ruang rapat, itu tidak selalu menjadi perhatian utama bagi petugas rantai pasokan saat ini.

Kesimpulan

35682C 47A0Cbc7F1Fd4B8Ea58Fd535050Cd799 Mv2

Profesional rantai pasokan mengetahui bahwa peran mereka sekarang menghasilkan banyak minat di ruang rapat karena rantai pasokan saat ini sangat penting bagi kesuksesan perusahaan. Transparansi rantai pasokan yang terbatas dan data yang disembunyikan dapat mematikan kemampuan organisasi untuk mengurangi risiko dan eksposur. Pemimpin rantai pasokan saat ini memprioritaskan real-time visibility dan cara untuk mengelola vulnerability mereka di dunia yang terganggu.

McEasy adalah platform logistik real-time yang membantu perusahaan mengatur, mengoptimalkan, dan memberikan last-mile delivery yang unggul. Klik di sini untuk jadwalkan konsultasi dengan tim kami.

Tulisan Terkait

MTI Resmi Implementasikan Produknya dengan McEasy

MTI Resmi Implementasikan Produknya dengan McEasy

PT Multi Terminal Indonesia (MTI), anak perusahaan PT Pelindo Solusi Logistik, mengambil langkah strategis dengan meresmikan implementasi produknya dengan McEasy. Proses implementasi yang berlangsung di Semarang dan Surabaya pada pekan lalu, menandai komitmen keduanya...

McEasy Hadir di Bali Sediakan Sistem Logistik Terintegrasi

McEasy Hadir di Bali Sediakan Sistem Logistik Terintegrasi

Bali, sebagai destinasi pariwisata utama di Indonesia, memiliki kebutuhan logistik yang khas dan kompleks. Dengan meningkatnya permintaan akan barang dan layanan di pulau ini, perusahaan dan bisnis lokal memerlukan sistem logistik yang terintegrasi untuk menjaga...