Jelang Mudik Lebaran, Pastikan Armada Layak Jalan

oleh | 19 Apr 2022 | News

Mudik Lebaran tahun 2022 kali ini bisa dibilang mudik pertama selama pandemi. Berbagai perusahaan penyedia bus mempersiapkan lonjakan arus mudik dengan meningkatkan pengadaan jumlah armada yang layak jalan. Ratusan otobus telah melalui uji kelayakan jalan untuk memastikan armada dalam keadaan prima.

Uji kelayakan ini wajib dilakukan dengan harapan tidak ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan selama mudik berlangsung. Pastikan armada Anda tidak ketinggalan dan layak jalan.

Kelengkapan fisik kendaraan

Setiap bus yang dipersiapkan untuk mengangkut orang ataupun barang selama mudik Lebaran wajib memiliki seluruh atribut lengkap. Fisik kendaraan wajib lengkap mulai dari kaca spion, plat nomor yang tidak mati, lampu yang menyala, hingga ban kendaraan yang tidak gembos.

Kondisi mesin yang prima

Pastikan kendaraan sudah di-servis dan mesin dalam keadaan baik. Kondisi kendaraan yang baik niscaya menghindarkan pengemudi dan penumpang dari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Bus mogok mungkin hanya akan menunda perjalanan, tapi kecelakaan dapat memakan korban jiwa.

Surat-surat yang lengkap dan ter-update

Kendaraan yang akan beroperasi selama mudik Lebaran wajib memastikan surat-suratnya ter-update. Tidak hanya surat kendaraan, pastikan surat-surat supir juga terupdate dan tidak ada surat yang mati demi kelancaran berkendara.

Supir yang sehat dan fit

Tidak hanya kondisi bus saja yang harus prima dalam menghadapi arus mudik Lebaran, tapi supirnya juga harus dipastikan sehat dan cukup istirahat. Sebab, seringkali kecelakaan di jalan tol disebabkan oleh supir yang mengantuk dan kelelahan. Pastikan supir Anda tidak overworked dan cukup istirahat.

Terhubung dengan Kemenhub

Integrasi ke Kemenhub merupakan syarat untuk semua kendaraan niaga penumpang di Indonesia dan Kemenhub telah menyediakan portal SPIONAM untuk mempermudah masyarakat melakukan cek secara mandiri validitas angkutan yang akan digunakan. SPIONAM dihadirkan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat sekaligus untuk mencegah banyaknya angkutan ilegal yang beroperasi menjelang Lebaran. Pastikan seluruh armada Anda telah terhubung dengan Kemenhub.

Solusi Digital Hadapi Arus Mudik

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan bus dan armada layak jalan. Nah, bagaimana solusi digital dari McEasy mengambil peran dalam mempersiapkan armada menghadapi tren arus mudik dan arus balik yang dipastikan meningkat kali ini?

Fleet and Driver Management

Transportation Management System atau TMS dari McEasy memiliki fitur Fleet Management yang menyimpan data armada mulai dari jenis kendaraan, history kendaraan, hingga surat-surat kendaraan. Dalam modul ini juga, TMS dapat memberikan alert kepada admin atau pihak manajemen apabila kendaraan sudah waktunya di-servis atau ada surat-surat kendaraan yang perlu diperbaharui. Tidak hanya kencaraan, TMS juga mampu menyimpan dan mengolah data supir Anda. Jadi Anda dapt dengan mudah memastikan surat-surat dan ijin mengemudi supir memenuhi syarat. Dengan TMS, kendaraan dan supir Anda dapat dipastikan dalam kondisi terbaiknya sebelum mudik Lebaran.

Pantau perilaku supir dari jarak jauh

Dengan mengintegrasikan TMS dan VSMS pada armada, Anda dapat memantau perilaku supir saat berkendara dari manapun Anda berada. Driving Behaviour dapat mencatat perilaku supir yang ugal-ugalan. Ditambah dengan Track Vision dari VSMS yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan, Anda bisa mendapat alert langsung apabila supir Anda mengantuk dan terdistraksi ketika di tengah perjalanan.

Optimasi rute pengiriman agar cost terkendali

Jangan sampai melonjaknya demand dibarengi dengan pembengkakan biaya yang tidak terkendali. Dengan strategi yang tepat, cost dapat ditekan dan keuntungan dapat dimaksimalkan. Lakukan perencanaan rute yang baik agar Anda dapat melakukan pengelompokan pengiriman dan rute antar untuk masing-masing bus dan armada. Dengan memanfaatkan fitur Geofencing dari VSMS dan Route Optimization dari TMS, Anda dapat menentukan strategi perjalanan terbaik dengan mudah dan menekan biaya operasional.

VSMS Smart GPS Tracker terintegrasi dengan Kemenhub

Salah satu syarat utama angkutan penumpang adalah integrasi dengan sistem Kemenhub. Dengan McEasy VSMS yang menyediakan layanan smart GPS tracker dengan fitur terlengkap, seluruh armada Anda akan terintegrasi langsung dengan Kemenhub dan dapat terdaftar dalam SPIONAM secara otomatis.

Transportation Management System (TMS) dan Vehicle Smart Management System (VSMS) dari McEasy mampu secara tepat mengoptimalkan sistem operasional kendaraan Anda sehingga dapat berjalan dengan kendali penuh sekalipun di tengah lonjakan arus mudik yang menyebabkan keadaan lapangan sulit diprediksi. Keamanan pengendara dan penumpang pun terjaga dengan system monitoring yang baik dan dilakukan secara real-time. Jadi, sudahkan armada Anda siap jalan untuk mudik Lebaran tahun ini?

Tulisan Terkait

MTI Resmi Implementasikan Produknya dengan McEasy

MTI Resmi Implementasikan Produknya dengan McEasy

PT Multi Terminal Indonesia (MTI), anak perusahaan PT Pelindo Solusi Logistik, mengambil langkah strategis dengan meresmikan implementasi produknya dengan McEasy. Proses implementasi yang berlangsung di Semarang dan Surabaya pada pekan lalu, menandai komitmen keduanya...

McEasy Hadir di Bali Sediakan Sistem Logistik Terintegrasi

McEasy Hadir di Bali Sediakan Sistem Logistik Terintegrasi

Bali, sebagai destinasi pariwisata utama di Indonesia, memiliki kebutuhan logistik yang khas dan kompleks. Dengan meningkatnya permintaan akan barang dan layanan di pulau ini, perusahaan dan bisnis lokal memerlukan sistem logistik yang terintegrasi untuk menjaga...