GPS Tracker: Solusi Telematik untuk Meningkatkan Keamanan Penumpang

oleh | 6 Des 2022 | Solusi

Kenali fitur-fitur GPS tracker yang dapat meningkatkan keamanan penumpang

GPS seringkali digunakan untuk mengetahui lokasi benda secara real time.

Namun ternyata fungsinya tak hanya itu, seiring berkembangnya teknologi, GPS berkembang menjadi alat yang semakin canggih. Banyak fitur-fitur menarik yang membuat fungsinya semakin berguna, khususnya pada kendaraan penumpang.

Berikut fitur-fitur GPS tracker yang dapat meningkatkan keamanan penumpang

Speed Alarm Buzzer

35682C 44A7F534433348578871Abfa36Ea9765 Mv2
Tampilan peringatan kecepatan berlebih pada VSMS McEasy

Speed Alarm Buzzer adalah sistem yang berfungsi untuk mengingatkan pengemudi agar tidak melewati batas kecepatan yang telah ditentukan.

Sebelum kendaraan beroperasi, manajer armada dapat menentukan batasan maksimal yang harus dipatuhi pengemudi untuk mengurangi resiko kecelakaan.

Apabila pengemudi menjalankan kendaraan melebih batas kecepatan maksimal, maka alarm akan aktif dan didengar oleh seluruh penumpang. Alarm baru akan berhenti jika pengemudi mengurangi kecepatan kendaraan, dibawah batas kecepatan maksimal.

Track Vision

35682C 3107A645B1C94Eaabab60Be32C0Ad6Dc Mv2 2


Berdasarkan hasil investigasi KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) menunjukkan sebanyak 80% kecelakaan di jalan tol disebabkan karena faktor internal yakni kelelahan pengemudi (fatigue).

Track Vision merupakan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang berfungsi mendeteksi perilaku pengemudi dan memberikan peringatan serta notifikasi apabila pengemudi mengantuk atau tidak fokus saat mengemudi.

Driver Score Card

35682C B1Aa9A67894246969286307Acf568A64 Mv2
Tampilan peringatan perilaku pengemudi pada VSMS McEasy

Driver Score Card memberikan penilaian performa pengemudi berdasarkan cara mengemudinya. Semakin sering pengemudi melakukan pelanggaran–seperti melakukan akselerasi, melebihi batas kecepatan, rem mendadak, dsb–skor performanya akan semakin buruk.

Driver Score Card dapat digunakan oleh penyedia layanan kendaraan untuk mengevaluasi dan memberikan pelatihan yang tepat untuk pengemudinya. Tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan bagi penumpang

GPS Tracker Menjadi Syarat Registrasi SPIONAM

35682C 64D3B1609Bdb4Db789De21Fbfce315Ee Mv2
https://spionam.dephub.go.id/

Kemenhub telah menyediakan portal SPIONAM untuk mempermudah masyarakat melakukan cek secara mandiri validitas angkutan yang akan digunakan. SPIONAM dihadirkan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat sekaligus untuk mencegah banyaknya angkutan ilegal yang kini beroperasi.

Diharapkan, masyarakat dapat memeriksa kendaraan tersebut di SPIONAM karena nantinya akan menyangkut keselamatan dan keamanan.

Dalam SPIONAM masyarakat dapat secara langsung mengetahui kapan masa berlaku uji kendaraannya dan juga masa berlaku kartu pengawasannya sehingga dapat diketahui apakah kendaraan tersebut telah terdaftar atau tidak.

Jika nomor polisi angkutan atau nama PO nya tidak ditemukan, maka angkutan tersebut tidak memiliki izin atau belum terdaftar di SPIONAM. Sehingga untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, dianjurkan bagi calon pengguna angkutan tersebut untuk memilih armada lain yang sudah terdaftar.

Segera hubungi tim kami jika Anda tertarik untuk meningkatkan keamanan dan kepuasan penumpang.

Tulisan Terkait

Tingkatkan Keamanan Muatan Anda dengan VSMS McEasy

Tingkatkan Keamanan Muatan Anda dengan VSMS McEasy

Intensitas kenaikan pengiriman barang di Indonesia diprediksi semakin tinggi dari tahun ke tahun. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Dr. Nofrisel, SE, MM, Ketua Dewan Pakar Asosiasi Logistik Indonesia, yang mengatakan, di tahun 2022 hingga hari ini mencapai 11,5 juta...

Manfaat Transportation Management System (TMS)

Manfaat Transportation Management System (TMS)

Ada banyak manfaat TMS yang membantu perusahaan memindahkan barang dari titik awal ke tujuan secara akurat dan hemat biaya Transportation Management System (TMS) adalah platform logistik yang menggunakan teknologi untuk membantu bisnis merencanakan, melaksanakan, dan...