6 Strategi Marketing Bisnis Rental Mobil Secara Online dan Offline

oleh | 8 Jan 2022 | Rental Mobil

Untuk menarik pelanggan di bisnis rental mobil, strategi marketing yang tepat sangat diperlukan. Anda bisa menggunakan strategi marketing secara online dan offline.

Di dunia yang serba internet seperti sekarang ini, melakukan promosi secara online memang sering dianggap sebagai pilihan yang terbaik, tapi promosi secara offline juga belum benar-benar mati.

Supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa melakukan promosi melalui dua channel ini sekaligus. Asalkan menerapkan strategi marketing dengan tepat, maka dijamin promosi Anda akan sukses dan mencapai target.

Bisnis yang berhubungan dengan transportasi memang masih memiliki prospek yang bagus di Indonesia, salah satunya adalah bisnis rental mobil. Masalahnya, untuk menjamin bisnis ini berjalan dengan sukses, Anda perlu mencari dan menerapkan strategi marketing yang sesuai.

Berikut adalah beberapa strategi online dan offline marketing yang bisa diterapkan di bisnis rental mobil Anda.

Riset itu Wajib!

Ad4A9C 85Ae0E4D8B8C41Fcb98E933A36E81E75 Mv2

Strategi pertama yang wajib dilakukan adalah riset. Lakukan riset tentang target pasar hingga kompetitor. Anda bisa memulai riset dari daerah atau lokasi sekitar rental mobil.

Sebelum memulai riset, tentukan terlebih dulu poin-poin apa yang akan Anda cari. Misalnya, seberapa banyak kebutuhan orang akan rental mobil atau dari mana orang-orang mencari informasi tentang bisnis rental mobil.

Secara online Anda bisa melakukan riset dengan memeriksa Google Trends atau media sosial, cari tahu apa yang banyak dicari dan dibutuhkan orang-orang.

Sedangkan melalui offline Anda bisa melakukan riset dengan bertanya pada keluarga, teman, pelanggan lama atau bahkan kompetitor Anda.

Semua data riset ini nantinya akan sangat berguna untuk menentukan arah bisnis Anda kedepan.

Perluas Pasar

Kebanyakan target pasar bisnis rental mobil adalah perorangan atau B2C. Untuk memperluas pasar, Anda bisa mentargetkan pasar bisnis atau B2B.

Anda bisa melakukan promosi secara online dan offline kepada perusahaan-perusahaan yang mungkin butuh rental mobil untuk operasional karyawannya, perjalanan bisnis, sarana transportasi rekan bisnis dari luar daerah, atau untuk mengangkut peralatan kerja.

Anda juga bisa melakukan promosi pada perusahaan-perusahaan yang sedang naik daun seperti jasa antar makanan atau jasa pengiriman barang.

Promosi secara online bisa Anda lakukan melalui media sosial atau iklan di internet, sedangkan secara offline Anda bisa mendatangi langsung perusahaan yang sekiranya menjanjikan.

Gunakan Google My Business

Ad4A9C 65C23E6Af86C4Be8B91C9554342D9053 Mv2

Pastikan bisnis rental mobil Anda terdaftar dan keluar saat calon pelanggan mencari “rental mobil” di Google Map. Lakukan registrasi di Google Map. Gratis!

Lalu, dapatkan review sebanyak mungkin dengan rating maksimal agar bisnis anda direkomendasikan atau muncul di urutan paling atas saat user melakukan pencarian.

Gunakan Media Sosial

Ad4A9C 451020097D9B4Ede912Bec3A583239C0 Mv2

Sampai beberapa waktu ke depan, media sosial diperkirakan masih akan menjadi sarana marketing online yang paling ampuh.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di media sosial sebagai bagian dari strategi marketing, seperti melakukan update konten, melakukan live streaming, atau membagikan informasi mengenai promosi terbaru dari rental mobil Anda.

Supaya bisa berjalan dengan lebih efektif, pastikan Anda memilih strategi yang sesuai dengan target pasar Anda. Selain itu, pilihlah strategi yang melibatkan partisipasi pelanggan supaya lebih banyak orang yang tertarik.

Media sosial ini juga nantinya bisa menjadi sarana untuk menggaet pelanggan datang secara offline ke kantor Anda, jadi pastikan Anda meletakkan informasi yang jelas, termasuk alamat kantor dan nomor telepon Anda.

Perbanyak Saluran Komunikasi

Ad4A9C A7686Ee654D74517A2Fb39F3Fca35414 Mv2

Supaya pelanggan lama tidak bosan dan banyak pelanggan baru yang tertarik, Anda bisa berinovasi dengan membuat lebih banyak saluran komunikasi agar dapat memuaskan pelanggan.

Secara online, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan layanan chat di website atau membuat aplikasi mobile untuk pemesanan rental mobil.

Lalu di sisi offline, Anda bisa menambah layanan seperti penyediaan tour guide atau pemandu perjalanan, dan sebagainya.

Anda juga bisa memberikan layanan spesial bagi pelanggan langganan yang sudah sering berbisnis dengan Anda, misalnya dengan memberikan potongan harga, kupon, atau souvenir.

Untuk bisa mendapatkan pelanggan dengan efektif, Anda perlu menyesuaikan layanan dengan kebutuhan dan selera pasar. Anda bisa menggunakan data riset yang sudah Anda dapatkan sebelumnya sebagai panduan.

Perbaiki Sarana dan Fasilitas

Ad4A9C Fcf6058Fa7F946F290196E8F78E5C75C Mv2

Sarana dan fasilitas terbaik yang Anda sediakan bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas akan lebih mungkin untuk datang lagi atau mempromosikan bisnis Anda kepada calon pelanggan yang lain.

Anda bisa mulai dari memperbaiki sarana dan fasilitas offline yang sering digunakan oleh pelanggan, seperti mobil dan kantor Anda. Jika ada budget yang cukup, Anda bisa memilih mobil-mobil baru yang lebih nyaman dan irit bahan bakar.

Sementara untuk kantor Anda bisa merombak atau menghias supaya kantor Anda terlihat lebih menarik dan nyaman.

Setelahnya, Anda bisa beralih ke sarana dan fasilitas online dari bisnis Anda, salah satu yang terpenting tapi sering dilupakan adalah website resmi. Sekarang ini banyak orang yang mencari bisnis Anda melalui internet, dan mereka pasti akan menemukan website Anda. Jika website Anda terkesan tidak ramah dan sulit dibuka, pelanggan bisa menjauh.

Pastikan website Anda tidak lemot, memiliki tampilan yang menarik dan mudah diatur, dan memuat berbagai informasi yang penting bagi pelanggan.

Lengkapi Armada dengan Teknologi untuk Keselamatan Pelanggan

Ad4A9C 77Dad3B2B874445B93C2D66928B92A84 Mv2

Selain airbag, teknologi yang wajib ada di kendaraan saat ini adalah GPS. Selain bermanfaat bagi penyedia atau rental mobil untuk memantau posisi kendaraan, GPS juga bermanfaat bagi pelanggan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti pencurian.

GPS tracker VVSMSSMS dari McEasy

VSMS atau Vehicle Smart Management System adalah GPS tracker yang terintegrasi dengan aplikasi fleet management, sehingga membuat Anda dapat memantau dan mengendalikan seluruh armada mobil rental Anda secara real-time 24/7.

Fitur utama VSMS dari McEasy

  1. Live View yang bisa melacak kendaraan posisi kendaraan. Melalui fitur ini Anda akan bisa mengetahui posisi tiap kendaraan Anda secara real-time
  2. Fleet History untuk mengetahui history perjalanan tiap kendaraan Anda
  3. Maintenance Scheduler yang berfungsi sebagai pengingat waktu servis berkala. Pengingat bisa diatur untuk dikirim secara otomatis melalui email
  4. License Reminder juga merupakan fitur pengingat, tapi untuk mengingatkan tentang masa berlaku surat-surat kendaraan yang hampir habis
  5. Alert Notification yang merupakan notifikasi peringatan berupa pop up dan suara jika ada peringatan bahaya seperti kecepatan yang melebihi batas

Selain 5 fitur di atas, masih ada banyak fitur lain yang diwarkan VSMS dari McEasy untuk keamanan dan kemudahan operasional bisnis rental mobil Anda. Untuk informasi lebih lengkap, Silahkan hubungi tim McEasy.

Tulisan Terkait

Tantangan Bisnis Rental Mobil

Tantangan Bisnis Rental Mobil

Beberapa tips bagi para pelaku usaha rental mobil untuk menghadapi persaingan yang ada Pada buku Millennials Kill Everything yang ditulis oleh Yuswohadi, pakar marketing, membahas seputar perilaku generasi millenial yang akhirnya mampu menyingkirkan banyak jenis...

4 Strategi Marketing Bisnis Travel Agent

4 Strategi Marketing Bisnis Travel Agent

Di masa yang sudah serba modern ini, tak banyak orang suka dengan hal - hal yang rumit. Rata - rata, orang akan lebih menggunakan layanan yang praktis dan tidak membuatnya mengeluarkan banyak biaya. Alasan tersebut sangat tepat untuk memulai bisnis travel. Tapi...

8 Tips Memulai Bisnis Travel Mobil

8 Tips Memulai Bisnis Travel Mobil

Saat ini bisnis travel mobil memang menjadi salah satu pilihan dalam berbisnis dalam bidang transportasi. Bisnis ini tentunya akan sangat dibutuhkan masyarakat untuk melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya. Nah, jika Anda tertarik untuk memulai bisnis...