20 Karoseri Paling Terkenal di Indonesia

oleh | 25 Mar 2022 | Bus

Apa itu karoseri? Bagi Anda yang belum tahu, karoseri adalah jasa pembuatan body kendaraan beserta interiornya (diluar chasis dan mesin yang diproduksi oleh pabrik).

Di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan karoseri ternama yang telah banyak memproduksi body kendaraan dengan desain serta tampilan yang menarik para peminatnya. Namun biasanya perusahaan karoseri lebih banyak membuat body kendaraan jenis bus atau angkutan umum.

Sebagai informasi, beberapa perusahaan karoseri dari Indonesia ini sudah menembus pasar dunia. Karyanya sudah diekspor ke negara lain seperti Kenya, Banglades, Kepulauan Fiji dan Suriname.

Nah, berikut ini 20 perusahaan karoseri paling terkenal di Indonesia.

1. Karoseri Adiputro

Ad4A9C 40Dc629590A74981A34Fe21991F056A2 Mv2

Berdiri pada tahun 1973 Adiputro telah banyak memproduksi mobil-mobil karoserian dengan desain yang keren dan menarik. Adiputro sendiri bermula dari ide kakak beradik yang bekerja di sebuah dealer otomotif. Pada saat itu mereka melihat bahwa di Indonesia banyak membutuhkan kendaraan-kendaraan penumpang dibandingkan dengan kendaraan pengangkut barang.

Sehingga dengan ide kreatif mereka, mereka langsung berinovasi untuk membuat mobil dengan bak terbuka atau mobil pick up Mitsubishi Colt T120 Keluaran dari perusahaan Mitsubishi untuk disulap menjadi sebuah kendaraan penumpang.

Nah Adiputro sendiri merupakan salah satu pencetus prinsip standarisasi produk, apalagi sudah diketahui jika karoseri ini telah banyak menghasilkan Bus berkelas eksekutif. Adi Putro sendiri masih berada di bawah naungan PT Adiputro Wirasejati dan bus-bus garapan mereka dikerjakan di sebuah bengkel yang bertempat di daerah Karanglo, Singosari.

Tahun demi tahun PT Adi Putro ini berkembang dengan cukup maju dan hasil-hasil karyanya pun banyak yang diekspor ke luar negeri. Nah tepatnya pada tahun 19686 Adiputro mulai pengecatan dengan sistem oven yang menjamin kualitas cat body mobil mereka akan lebih tahan lama dan berkualitas tinggi.

2. Karoseri Laksana

Ad4A9C F4E96Eb42Bd34Ef19Ef2A3857F233E30 Mv2

Awal berdirinya bengkel karoseri ini merupakan sebuah toko mesin yang mengkhususkan diri di bidang mesin otomotif. Nah pada tahun 1970 yakni sekitar tiga tahun berselang dari awal berdiri toko mesin ini yakni sekitar 1967, toko mesin ini berkembang sangat pesat sehingga tak heran jika toko ini berpindah tempat ke tempat yang lebih luas.

Nah beberapa waktu kemudian Laksan mendirikan beberapa divisi yang utamanya yakni divisi auto manufaktur dengan produk utamanya adalah mobil Mitsubishi T120 Minivan. Yang lebih mengejutkan lagi Laksana juga merupakan karoseri dengan jumlah produk paling banyak diantara industri karoseri yang lainya.

Dalam produksinya Laksana memang membuat mobil-mobil karyanya ini dengan desain dan juga model transportasi yang paling baru serta juga menambahkan mutu dan kualitas produknya tersebut. Laksana juga berhasil menembus pasar luar negeri dengan hasil penjualan yang cukup banyak.

Salah satu negara yang banyak meminta produk-produk garapan karoseri Laksana ialah kepulauan Fiji. Selain itu Laksana juga memiliki beberapa karya andalan mereka seperti bus-bus besar yakni Proteus, Discovery dan All New Legacy Sky.

3. Karoseri Tentrem

Seperti halnya karoseri Adi Putro, karoseri Tentrem juga bertempat di Kota Malang. Terlepas dari nama besar Adi Putro, karoseri Tentrem juga membuktikan jika mereka juga memiliki keunggulan dan juga kelebihan lainya. Hal ini terbukti dengan diterimanya sertifikat resmi dari Mercedes-Benz mengenai standarisasi body builder di atas chassis Mercedes-Benz.

Selain itu karoseri tentrem merupakan karoseri pertama di Indonesia yang membangun sebuah body bus di atas chassis Scania K380IB. Dan bus-bus model tentrem yang disukai oleh para pelanggan adalah inspiro, Galaxy, Jupiter, Scorpion King dan mex.

Tak hanya itu saja karoseri tentrem juga memiliki tren bus berbody Super-High deck yang menginfeksi karoseri tentrem. Namun bukan hanya itu saja karoseri tentrem asal malang ini juga merilis produk terbaru mereka yakni Avante Super High deck yang produk utamanya digunakan oleh PO Harapan Jaya.

Dengan menghasilkan banyak karya-karya yang lebih bagus dan lebih menarik tak heran jika karoseri Tentrem juga menjadi salah satu karoseri Bus terbaik dan terpopuler saat ini dengan harga jual yang lebih terjangkau bagi sebagian masyarakat kita.

4. Karoseri New Armada

Ad4A9C 5F3Dcfca4F054Ae4B96C341D86C2931D Mv2

Bermarkaskan di Jalan Raya Mertoyudan, yakni sebuah kota di daerah Malang bengkel karoseri ini telah berdiri sejak tahun 1974 yang dipelopori oleh seorang laki-laki bernama David Herman Jaya.

Bengkel karoseri ini mulai beroperasi pada tahun 1976 dan proyek utama yang dikerjakan adalah sebuah mobil pick up keluaran Mitsubishi Colt T120SS yang disulapnya menjadi sebuah kendaraan penumpang dengan desain yang cukup keren dan menarik. Berkat ketekunanya bengkel karoseri New Armada saat ini menjadi bengkel karoseri terbaik di Indonesia yang juga berhasil menembus pasar luar negeri.

Karya-karya bengkel karoseri New Armada ini sudah banyak di ekspor ke beberapa negara di luar sana seperti Kenya, Suriname, Bangladesh dan Suriname. Dari beberapa produknya sudah banyak dikenal banyak orang seperti All New Aristo, Aristovo, Evonext dan produk yang menjadi unggulan saat ini adalah Evolander Super High Deck.

Selain itu New Armada juga memproduksi beberapa Bus tingkat atau double decker seperti Paradise dan Highlander. Nah sobat New Armada juga membanderol produk-produk yang dibuatnya dengan harga yang cukup terjangkau sehingga tak heran jika New Armada masuk dalam kategori Karoseri Bus terbaik dan terpopuler saat ini.

5. Karoseri Morodadi Prima

Didirikan oleh pengusa asal Kota Malang dengan nama Bamabnag Gunawan karoseri Morodasi Prima ini bermarkaskan di Jalan Raya Randu Agung, Singosari, Kabupaten Malang Prov. Jawa Timur. Karoserian ini telah melahirkan dan menghasilkan produknya dalam konsep yang tetap memprioritaskan kualitas, baik sistem maupun material.

Jadi tak heran jika karoseri morodadi prima ini banyak melahirkan produk-produk dengan kualitas yang bagus serta menjadi salah satu karoseri Bus terbaik dan terpopuler di Indonesia. Selain itu model-model Bus garapan karoseri Morodadi prima ini banyak disukai oleh pelanggannya seperti New patriot, Gran turismo, Ventura dan Zonda Bus.

Saat ini Morodadi Prima juga memproduksi Bus Super High Deck dengan banderol harga yang cukup murah serta memiliki kualitas produk yang cukup berkualitas. Saat ini karoseri Morodadi Prima merupakan bengkel karoseri Bus tertua yang ada di kota Malang dan masih tetap eksis dalam pembuatan body-body mobil Bus serta interiornya.

Selain itu desain dan inovasi dalam pembuatan body Bus yang terkesan cukup modern menjadikan tampilan bus-bus garapan Morodadi Prima ini terlihat cukup keren dan menarik sehingga tak heran jika karoseri Morodadi Prima ini masuk dalam kategori karoseri Bus terbaik dan terpopuler di Indonesia.

6. Karoseri Rahayu Santosa

Ad4A9C 94B2B91626Aa41A0A0Dc974B1Aeb4Be4 Mv2

Nah untuk selanjutnya ada juga karoseri bus dengan nama karoseri Rahayu Santosa, Karoseri ini berdiri sejak tahun 1961 dan banyak mendapatkan kepercayaan dari berbagai PO (Perusahaan Otobus) di berbagai daerah untuk membuat bus-bus angkutan penumpang.

Desain yang sederhana dan dinamis menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi karoserian ini dan produk-produknya pun banyak disukai oleh banyak orang. Karoseri Rahayu Santosa ini sangat terkenal di daerah Sumatera karena memiliki kemudahan dalam masalah perawatan dan konstruksinya yang kuat dan juga kokoh.

Sementara itu desain body karoseri Rahayu Santosa ini juga diramekan oleh karoseri lokal asal Sumatera, yakni Cipta Karya. Dan beberapa produk andalan karoseri Rahayu Putra diantaranya ialah Jetliner, Milenium, Evolution Series, Ecoline dam Skyliner. Selain menjadi salah satu karoseri bus terbaik di Indonesia Rahayu Santosa juga menjadi salah satu pioneer bus dengan type high deck.

Nah di akhir penutupan tahun 2016 yang lalu karoseri Rahayu Santosa, sempat memperkenalkan sebuah produk bus tingkat atau double decker dari varian Jetliner. Dan model pertama double decker karoseri Rahayu Santosa ini dibangun diatas chassis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542.

7. Karoseri Gunung Mas

Ad4A9C Faa4D115E9724Da7B49825Ebaf476E31 Mv2

Karoseri Gunung Mas ini didirikan pada tahun 2000-an oleh Bapak Ir. Hari Prajitno. Awalnya, karoseri Gunung Mas hanya digunakan untuk servis dan perbaikan unit bus milik bapak Hari, yaitu PO. Gunung Mas, lambat laun karena banyaknya peminat, Bapak Hari memutuskan membuka karoseri Gunung Mas untuk umum.

Sekarang karoseri Gunung Mas melayani perbaikan ataupun perakitan ulang body bus. Tak hanya perbaikan, karoseri Gunung Mas juga melayani pembuatan bus baru, mulai dari Elf, Medium Bus, hingga Big Bus. Produk yang paling favorit dari karoseri ini adalah jenis Zepplin, bahkan body bus ini sudah ada tiga generasi.

Beberapa pelanggan setia karoseri Gunung adalah PO Haryanto, PO Sudiro Tungga Jaya, PO Pahala Kencana, dan masih banyak PO lainnya.

8. Karoseri Trisakti

Lanjut pada karoseri bus terbaik selanjutnya, ia berjalan pada kota Solo kita juga akan menjumpai sebuah bengkel karoseri ternama berikutnya yang bernama karoseri Tri Sakti. Berdiri pada tahun 1983 yang dipelopori oleh seseorang yang bernama Widodo, karoseri Tri Sakti disebut-sebut sebagai salah satu pelopor karoseri yang membuat bus dengan tipe double decker.

Akan tetapi jauh sebelum double decker sudah digunakan oleh beberapa bus antar kota dan bus antar provinsi, Tri Sakti sudah memproduksi bus dengan tipe double decker untuk bus wisata di kota Solo dan dikenal dengan bus Werkudara yang dirilis pada April tahun 2012 yang lalu.

Seperti karoseri yang lainya Tri Sakti juga memiliki produk-produk bus andalan diantaranya adalah New Setra, Marcopolo, Ultima, Phoenix GX dan Infinity. Tak hanya itu akhir-akhir ini Tri Sakti juga memperkenalkan lagi varian bus terbarunya dengan tipe high deck di ajang Mercedes-Benz Commercial Vehicle Expo di tahun 2017 kemarin.

Sementara itu produk bus karoseri Tri Sakti yakni Infinity High Deck Deluxe hadir dengan menggandeng Tri Sakti sebagai karoseri terbaiknya. Nah sobat otomotif dirumah, jadi jangan heran jika karoseri bus Tri Sakti ini juga banyak dicari oleh banyak orang karena kualitasnya yang bagus.

9. Karoseri Delima Jaya

Ad4A9C Bbf49238Dc594E39A35Bda01Cd27Cd63 Mv2

Delima Jaya Group merupakan karoseri mobil dan truk asal Bogor, Jawa Barat. Berdiri sejak 1976 yang berawal dari bengkel las pagar dan kini sudah menjadi spesialis pembuat berbagai jenis mobil mulai motorhome, food truck sampai peluncur roket.

90 persen produk yang dihasilkan Delima Jaya dibuat berdasarkan permintaan customer atau made by order. Selain kendaraan khusus, Delima Jaya juga sering membuat body bus dengan ukuran sedang hingga besar untuk kebutuhan operasional perusahaan.

Bukan cuma sekadar membangun karoseri, Delima Jaya juga merupakan authorized dealer dari produsen truk asal China, FAW. Selain itu, Delima Jaya juga mengerjakan proyek motor roda tiga hasil kerja sama dengan para Agen Pemegang Merek (APM).

10. Karoseri Piala Mas

Ad4A9C 0A9C847E87Ad4F9Fb80E2Ec3F9F940Ed Mv2

Karoseri Piala Mas didirikan pada tahun 1978 oleh Soetrisno dan Haliman Halim. Seiring berjalannya waktu, pabrik karoseri yang berada di kawasan Singosari, Malang itu, lantas berubah menjadi PT Piala Mas Industri, dengan luas pabrik mencapai 4 hektar.

Piala Mas membuat berbagai bodi bus, mulai dari micro bus hingga bus besar, juga kendaraan khusus, seperti ambulans, kendaraan sekolah, perpustakaan keliling dan lainnya.

Beberapa waktu lalu, PT Inka, sebuah perusahaan BUMN pembuat kereta api, membuat prototipe untuk membuat bus listrik, yang diberi nama E-Inobus. PT Inka menggandeng E-Tron dari Taiwan, untuk baterai dan penggeraknya, serta karoseri Piala Mas yang menggarap bodinya.

Cukup menarik, karena E-Inobus dikabarkan menjadi salah satu kendaraan listrik yang menjadi kendaraan pendukung Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diadakan di Bali, Oktober 2022.

11. Karoseri Restu Ibu

Ad4A9C E7E774490B4146D59Df23F067D60178A Mv2

Karoseri Restu Ibu Pusaka sudah berdiri sejak tahun 1982 dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan armada Big Bird. Sehingga seluruh armada Big Bird baik medium dan big bus menggunakan produk Restu Ibu Pusaka.

Untuk saat ini, model bus terbaru dari karoseri Restu Ibu Pusaka yaitu Arctic SHD juga digunakan sebagai armada pariwisata Big Bird. Selain itu, ada juga body dari karoseri lain yang digunakan Big Bird seperti Adiputro dan New Armada.

12. Karoseri Hartono Putra

Ad4A9C 1882Bcff3B574D53A64Fb89Fdc5Ccd44 Mv2

Karoseri Hartono Putra Malang memproduksi berbagai jenis kendaraan mulai dari microbus standar, executive, mobil khusus, dan lain-lain.

13. Karoseri Nusantara Gemilang

Karoseri satu ini memiliki keunikan sendiri yaitu body double deckernya memakai sasis yang langka, bermerek MAN. Untuk body-nya, diberi nama Conqueror Double Decker juga terinspirasi bus-bus yang ada di Eropa.

Keunikan lainnya, body bus ini merupakan hasil kerja sama dengan karoseri Malaysia, Gemilang. Body bus ini digunakan oleh PO Nusantara di Demak yang merupakan milik karoseri tersebut. Bus ini juga dibuat khusus untuk merayakan 50 tahun PO Nusantara asal Kudus pada tahun 2018. Karoseri ini juga biasa membuat bodi tingkat untuk bus-bus tingkat milik Transjakarta.

14. Karoseri Mekar Jaya

Karoseri Mekar Jaya dipimpin oleh Ahmad Junaidi, seorang pengusaha yang pada tahun 1993 mencoba peruntungan sebagai tukang las biasa, kemudian membeli sebuah mobil bekas dan mencoba dibuatnya sebuah bak. Pembuatan bak dilakukan dengan sederhana dan alat seadanya dalam proses selama kurang lebih 1 bulan.

Dalam pembuatannya banyak memakan bahan baku dan bahan pembantu yang dalam pemilihannya dibutuhkan bahan-bahan yang terbaik seperti kayu, CPN, UNP, cat, dempul, plat, epoxy, baut, grendel, dsb untuk dapat menghasilkan 1 unit bak yang baik dan tak kalah kualitasnya dengan buatan karoseri lain yang lebih besar.

Semangat dan kerja kerasnya menghasilkan berbagai ide kreatif menciptakan variasi-variasi bak terbaru. Dengan mengikuti kejuaraan maupun kontes bak truk yang banyak di juarai oleh Mekar Jaya sehingga menjadikan semakin meningkat pula customer dari tahun ke tahun sampai saat ini. Dari harga bak standart sampai berbagai harga full variasi.

15. Karoseri Tugas Anda

Bermula bergerak dibidang jasa bengkel kendaraan bermotor di tahun 1974 dengan nama “Selamat Djaja Motor” di kota Surabaya, dan kemudian pada tahun 1982 berkembang menjadi unit usaha Autobody Manufacturing sekaligus berganti nama menjadi PT. KARYA TUGAS ANDA yang lebih dikenal dengan nama Tugas Anda.

Seiring dengan prestasi dan kerjasama dengan beberapa ATPM kendaraan bermotor di Indonesia, maka Tugas Anda semakin berkembang dengan diversifikasi usaha di bidang Transport Services, sebagai salah satu divisi rental yang telah mampu menyuplai kendaraan sewa di beberapa perusahaan BUMN dan swasta nasional.

Tugas Anda mendapat kepercayaan untuk bekerjasama dengan perusahaan nasional, untuk itu Tugas Anda membentuk Mining Contractor Division yang bergerak di bidang pertambangan batubara serta penyewaan alat berat/Heavy Equipment maupun kendaraan-kendaraan khusus pertambangan.

16. Karoseri Tugas Kita

Nah satu lagi karoseri bus terbaik di Indonesia yang memiliki nama Tugas Kita. Bengkel karoseri ini berada kota Semarang dan berdiri sejak tahun 1990 an. Sama seperti bengkel karoseri yang lainya, Tugas Kita juga banyak memproduksi body-body mobil angkutan penumpang dengan desain yang bervariatif.

Dan yang terbaru saat ini adalah Tugas kita membuat karyanya diatas chasis Daihatsu Gran Max yang dibuat sebagai mobil mini bus antar desa maupun kota. Karoseri ini juga banyak memproduksi banyak body mobil dengan desain yang cukup dinamis sehingga tak heran karoseri ini banyak disukai oleh banyak orang.

Di Indonesia memang masih banyak terdapat bengkel-bengkel karoseri yang berpengalaman serta memiliki inovasi yang cukup tinggi dalam pembuatan body bus. Namun beberapa karoseri yang kami sebutkan diatas memang sudah memiliki nama yang cukup terkenal di dalam hingga luar negri.

Bahkan karya-karya karoserinya pun sudah banyak diekspor ke luar negeri seperti negara Kenya, Banglades, Suriname serta Kepulauan Fuji. Tak hanya itu saja karoserian diatas juga merupak bengkel-bengkel karoseri yang sudah ada sejak era 60-an sehingga tak heran produk-produknya banyak disukai oleh banyak orang.

17. Karoseri SKA

PT. Sumber Karya Abadi Indonesia (SKA Indonesia) berdiri pada tanggal 11 Maret 2010 yang dimulai dengan produksi awal yakni Bak Kayu dan Dump Truck di Workshop pertamanya di Gresik (Driyorejo) dengan order awal 5 unit/bulan dan terus meningkat seiring dengan kepercayaan konsumen terhadap kualitas dan pelayanannya.

Pembuktian akan kualitas produk dan layanan yang prima inipun telah diakui oleh Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dengan diberikannya Sertifikat Karoseri dalam Event Gaikindo tahun 2016.

Karoseri SKA telah membuktikan kemampuannya dalam memproduksi body untuk kendaraan niaga di Indonesia dan telah sesuai dengan anjuran dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Truk yaitu HINO dan Isuzu.

Sertifikasi inipun sebagai jawaban atas jaminan kualitas dan bahan, standar rancang bangun body dan pelayanan yang prima kepada pelanggan yang sesuai dengan arahan ATPM demi mewujudkan kualitas body yang memperhatikan faktor keselamatan kendaraan dan juga pengendara lainnya.

Selain itu beberapa sertifikat yang telah kami peroleh antara lain ; Certification of Registration untuk ISO 45001 : 2018 dan Certificate of Body Maker yang diberikan oleh PT. Hino Motors Sales Indonesia pada tahun 2018.

18. Karoseri Antika Raya

Berawal dari perusahaan keluarga yang didirikan di Surabaya pada bulan Juli 1976, Antika Raya memulai usaha dibidang Automotive sebagai Main Distributor Tuff-Kote-Dinol produk anti karat Kendaraan Bermotor ternama dari Swedia untuk wilayah Jawa Timur dan Bali.

Sebagai agen produk anti karat, setiap hari karyawan memoleskan lapisan anti karat pada mobil yang datang ke bengkel. Dan hal itu masih Antika Raya lakukan sampai sekarang meskipun perusahaan sudah terkenal sebagai perusahaan karoseri.

Antika Raya menerapkan standar kerja tinggi yang mengutamakan efisiensi dan efektifitas tenaga kerja, kontrol kualitas produk yang ketat. Salah satu Standar Internasional yang sudah diterapkan Antika Raya adalah IS0 9001:2008 mengenai Manajemen Mutu yang berorientasi pada Kepuasan Pelanggan, tersertifikasi sejak Juli 2010.

19. Karoseri Kenka

Karoseri Kenka terdaftar pada Tahun 2005 dengan modal usaha Rp200.000.000 dan memiliki karyawan 1-49 orang. Perusahaan ini bergerak dalam pembuatan karoseri mobil dan truk seperti: karoseri box pendingin freezer, karoseri box pendingin chiller, karoseri box pendingin frozen, karoseri box cold storage, karoseri box refrigeration, karoseri box cool storage, karoseri box fiber, dan karoseri box.

20. Karoseri Cipta Karya

Karoseri Cipta Karya bermarkas di Kota Medan tepatnya di Jl. Raya Medan – Tanjung Morawa Km 7. Beroperasi sejak 1969, namun baru resmi berdiri dengan nama Cipta Karya pada 1988. Cipta Karya sendiri banyak mengadopsi desain body dari beberapa bus mancanegara dan sebagian besar model desainnya juga persis dengan keluaran karoseri terbesar Indonesia lainnya asal Bogor, Rahayu Santosa.

Cipta Karya sendiri banyak melahirkan model – model body bus yang tentunya berkualitas tinggi, rigid, dan tahan banting. Ada beberapa tipe yang diberi nama namun ada juga beberapa yang tidak diberi nama sama sekali. Untuk unit produksi Karoseri Cipta Karya ini kebanyakan usernya adalah bus – bus Sumatraan saja, hingga saat ini belum ada bus asal Jawa dan daerah – daerah lainnya yang menggunakan produk karoseri Cipta Karya.

Bagi Anda yang penasaran untuk mencoba bus dengan body Cipta Karya ini, kita dapat menemukannya dengan mudah di beberapa PO yang memang sudah menjadi pelanggan setianya. Semisal PO Intra / Sejahtera, PMH, Sampagul, Makmur, Rapi, ALS, Transport Express (LBJ) dan lain-lain.

Tulisan Terkait

Perbedaan Bus Single Glass dan Double Glass

Perbedaan Bus Single Glass dan Double Glass

Ketika Anda naik bus, Anda mungkin pernah memperhatikan perbedaan pada kaca jendela bus. Ada bus dengan kaca tunggal (single glass) dan bus dengan kaca ganda (double glass). Perbedaan di antara keduanya mencakup beberapa aspek yang mempengaruhi pengalaman perjalanan...

Tips Agar Tidak Mabuk di dalam Bus

Tips Agar Tidak Mabuk di dalam Bus

Mabuk bus atau mabuk di dalam bus adalah masalah umum yang dapat dialami oleh banyak orang. Perjalanan jauh dengan bus seringkali menyebabkan rasa mual, pusing, dan ketidaknyamanan. Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko mabuk di dalam...

Ketahui 5 Fitur Keamanan yang Wajid Dimiliki Bus

Ketahui 5 Fitur Keamanan yang Wajid Dimiliki Bus

Keselamatan penumpang adalah aspek utama yang harus diprioritaskan dalam industri transportasi, termasuk armada bus. Armada bus yang dilengkapi dengan fitur keamanan yang memadai dapat memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi penumpang. Artikel ini akan membahas...