News Update: McEasy Raih Pendanaan Seri A Total Menjadi 178 Miliar

8 Perusahaan Otobus Terbaik di Indonesia

oleh | 25 Apr 2022 | Bus

Perusahaan otobus di Indonesia menjadi salah satu hal yang dipantau dalam bidang transportasi. Pasalnya kendaraan bus sendiri merupakan alat transportasi yang dibutuhkan masyarakat dalam berkendara jarak jauh maupun dalam kota.

Kualitas bus dan tingkat keselamatan bus akhir-akhir ini menurun diakibatkan oleh kecelakaan yang sering terjadi. Hal ini membuat sebagian masyarakat waspada dan memilih kendaraan lain untuk bepergian.

Melihat ini, industri otobus mulai bergerak untuk meningkatkan kualitas serta layanan yang dibutuhkan masyarakat sehingga bisa menjadi perusahaan otobus terbaik di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa perusahaan otobus yang dipercaya oleh Departemen Transportasi sebagai perusahaan terbaik.

Pengertian Perusahaan Otobus

Perusahaan otobus (PO) adalah industri yang bergerak pada bidang penyediaan alat transportasi bus. Perusahaan yang mengelola kendaraan bus ini memproduksi jenis kendaraan bus kecil, bus sedang hingga bus besar.

Transportasi kendaraan umum ini menjadi pilihan banyak masyarakat sejak dahulu hingga sampai sekarang terdapat berbagai PO di Indonesia yang bahkan umurnya sudah 50 tahun. Terdapat empat sub kategori bus yang terdapat di Indonesia yaitu:

  1. Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP)
  2. Bus Kota
  3. Bus Pariwisata
  4. Bus Rapid Transit (BRT)

Untuk mengetahui perusahaan otobus terbaik yang beroperasi di Indonesia, terdapat tolak ukur yang bisa Anda ketahui sebagai berikut.

Tolak Ukur Perusahaan Otobus Terbaik di Indonesia

Persaingan dunia transportasi saat ini cukup ketat, salah satunya yakni perusahaan otobus. Hadirnya perusahaan OP tidak lain karena kebutuhan masyarakat yang kian meningkat.

Melihat daya saing yang begitu ketat, membuat PO harus berlomba-lomba untuk jadi yang terbaik agar tetap menjadi pilihan masyarakat. Berikut ini tolak ukur keberhasilan PO terbaik di Indonesia yang perlu Anda ketahui:

Memiliki Pelayanan yang Baik

Tolak ukur yang pertama kali dilihat oleh Kemenhub dan masyarakat yakni bagaimana perusahaan otobus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Terutama dalam mementingkan keselamatan yang menjadi misi utama dalam penggunaan transportasi.

Apabila perusahaan tersebut minim dari kecelakaan atau jauh dari asumsi buruk masyarakat, bisa dibilang perusahaan tersebut memiliki pelayanan yang baik karena telah mengutamakan keselamatan penumpang.

Manajemen yang Baik

Industri otobus yang disenangi oleh masyarakat ialah yang memiliki pengelolaan manajemen baik. Bukan hanya sekedar mengantarkan dengan selamat penumpang ke tempat tujuan saja, namun bagaimana caranya harus mengantarkan merancang perjalanan dengan mendetail.

Manajemen yang dinilai baik akan mempersiapkan jadwal perjalanan. tempat pemberhentian terdekat, rute tercepat dan aman hingga bisa sampai ke lokasi tujuan dengan selamat dan sesuai dengan perkiraan waktu.

Selain perjalanan dan waktu ke tempat tujuan, PO yang baik juga harus mengetahui perkiraan hambatan yang bisa saja ditemukan di jalan serta mengkoordinasi dengan pemerintah kota atau panitia acara ke tempat yang akan dikunjungi.

Tingkat Kenyamanan Bus

Selanjutnya yaitu tingkat kenyamanan bus itu sendiri. Kenyamanan dapat dirasakan penumpang apabila bus rutin melakukan perawatan sehingga kondisinya selalu kelihatan prima.

Selain itu, kenyamanan bus juga dapat dilihat dari berbagai fasilitas yang ditawarkan serta fitur-fitur yang berada dalam bus tersebut.

Penumpang yang melakukan perjalanan jauh, tentu akan lebih nyaman menggunakan bus dengan fasilitas memadai seperti tersedianya AC, stop kontak, fitur multimedia, dan lain sebagainya.

Pengalaman yang Terbukti dari Klien

Perusahaan otobus yang terkenal baik dapat dilihat dari banyaknya klien yang menggunakan jasanya. Jika klien banyak yang menggunakannya kembali, itu artinya perusahaan bus memiliki pengalaman yang baik bersama penumpangnya.

Pengalaman klien bisa Anda ketahui melalui berbagai kesan dan pesan klien di websitenya sendiri atau melihat di platform lainnya yang memberikan komentar mengenai perusahaan bus tersebut.

Harga Sesuai dengan Pelayanan dan Kualitas

Harga bus yang sepadan dengan pelayanan dan kualitas, menjadi tolak ukur terakhir yang biasanya dipertimbangkan dalam pilihan PO terbaik. Apabila harga yang ditawarkan, pelayanan serta kualitas bus sesuai, tentu akan disukai oleh banyak klien.

Namun apabila harga, pelayanan dan kualitasnya ternyata tidak sesuai ekspektasi yang diinginkan, klien akan mencari pilihan bus lain sehingga perusahaan dapat dianggap sebagai bus yang kurang berkualitas.

Daftar Perusahaan Bus Terbaik di Indonesia

Jika Anda akan menggunakan bus untuk melakukan perjalanan jauh atau keperluan lainnya, ketahuilah daftar perusahaan otobus terbaik yang ada di Indonesia berikut ini.

PERUM PPD

PERUM PPD (Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta) adalah perusahaan BUMN pada bidang transportasi dengan memperoleh bintang 4 dari Kementerian Perhubungan.

Bahwasannya, perusahaan bus PERUM PDD ini dinilai telah memberikan kenyamanan serta keamanan kepada penumpangnya.

TRANSJAKARTA

Transjakarta merupakan sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) yang mulai beroperasi sejak tahun 2004 silam. Sama seperti PERUM PPD, Transjakarta mendapatkan bintang 4 dari Kementerian Perhubungan.

Masyarakat yang menggunakan Transjakarta dijamin mendapatkan kenyamanan dan keselamatan karena memiliki sistem jalur tersendiri sehingga dapat menghindari kemacetan kota Jakarta.

BIG BIRD

Big Bird merupakan jenis transportasi bus carter untuk berbagai keperluan bisnis maupun perjalanan wisata. Karena dikhususkan untuk keperluan carter, Big Bird menyediakan kapasitas lengkap dengan 15, 17, 25, 33, 47, dan 45 kursi penumpang.

Bus wisata PO ini telah memenangkan 5 bintang sebagai perusahaan bus kelas satu terbaik. Sampai saat ini banyak yang telah mempercayai Big Bird untuk perjalanan jarak jauh.

EAGLE HIGH

Sama seperti bus Big Bird, Eagle High juga merupakan layanan transportasi untuk keperluan wisata dan bisnis karena di dalamnya menyediakan kapasitas penumpang 29, 47 dan 59 seats. Perusahaan ini mendapatkan 5 bintang dari Departemen Transportasi sebagai perusahaan bus terbaik.

SINAR JAYA

Bagi Anda orang Jawa yang suka bepergian Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), pasti mengenal PO Sinar Jaya ini. Bus yang terkenal sebagai ‘bus sejuta umat’ ini melayani penumpang berbagai trayek dari Jakarta ke Jawa Tengah atau Jawa Timur seperti Tegal, Bumiayu, Slawi, Purwokerto, Bobotsari, Wonosobo hingga Purbalingga.

Keunggulan dari bus Sinar Jaya adalah memiliki tempat duduk 50 seater reclining, dengan seat 2-2 yang dilengkapi dengan arm rest dan leg rest serta 38 seater di bagian atas dan 12 seater di bagian bawah.

DAMRI

Damri merupakan transportasi bus khusus di Bandara Udara Internasional Soekarno-hatta. PO Damri ini dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai bus yang menerima bintang 5 oleh Kementerian Transportasi, DAMRI, dimana telah melayani penumpang bus di Indonesia sejak dahulu.

GUNUNG HARTA

PO Gunung Harta adalah perusahaan otobus AKAP yang berbasis di Tabanan, Bali dan Malang Jawa Timur. Armada ini terkenal dengan nuansa hijau dan dinilai sangat mementingkan kenyamanan penumpangnya.

Pernyataan tersebut kemudian didukung oleh Kementerian Transportasi dengan menduduki peringkat bintang 4 sebagai PO terbaik.

SEMPATI STAR

Perusahaan bus terakhir adalah Sempati Star yang difokuskan untuk bus AKAP. Anda akan mendapatkan kenyamanan dengan berbagai fasilitas yang disediakan karena fasilitas utamanya yakni kelas nonstop SHD seperti selimut, bantal, dan TV di kursi belakangnya.

Kementerian Transportasi telah memberikan PO ini sebagai peringkat bintang 4.

Itulah daftar perusahaan otobus yang terbaik di Indonesia yang bisa dapat Anda pergunakan jasanya baik untuk transportasi umum maupun perjalanan wisata dan bisnis. Maka dari itu, pilihlah PO yang aman dan nyaman agar perjalanan Anda selalu menyenangkan.

Referensi:

https://medium.com/@sewabuspariwisata/6-tips-memilih-perusahaan-otobus-terbaik-untuk-perjalanan-event-spesial-7799b0aac384

https://andarabus.com/8-perusahaan-otobus-terbaik/

https://www.otoflik.com/perusahaan-otobus-terbaik/

Tulisan Terkait

Masa Depan Keamanan Armada dengan Artificial Intelligence

Masa Depan Keamanan Armada dengan Artificial Intelligence

Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih terbilang tinggi. Setiap tahun, ribuan nyawa melayang di jalan raya akibat kelalaian pengemudi, seperti mengantuk atau kelelahan yang menimbulkan kehilangan fokus dalam mengemudi atau perilaku mengemudi yang tidak aman....

Masa Depan Armada dengan Integrasi Teknologi Fleet Management Terbaru 

Masa Depan Armada dengan Integrasi Teknologi Fleet Management Terbaru 

Fleet Management memainkan peran kunci dalam perusahaan yang mengandalkan armada kendaraan dalam operasional sehari-hari. Salah satunya di Balikpapan, kota yang ramai akan aktivitas pengiriman barang dan transportasi tentu membutuhkan teknologi manajemen armada untuk...