6 Jenis Bus Paling Populer di Indonesia

oleh | 4 Feb 2022 | Bus

Saat ini semakin banyak Bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) yang beroperasi di Indonesia. Bahkan di tengah banyaknya pilihan transportasi, bus AKAP semakin berkembang dengan memberikan banyak fitur untuk meningkatkan kenyamanan.

Bekerjasama dengan perusahaan karoseri lokal, banyak perusahaan otobus yang berlomba-lomba memberi pelayanan terbaik bagi penumpangnya.

Nah, jenis bus apa saja yang banyak digunakan di Indonesia? Berikut ini ulasannya untuk Anda!

Bus Normal Deck atau Non-High Decker

Bus normal deck adalah jenis bus dengan kursi sopir yang sejajar dengan kursi penumpang. Bentuk bus normal deck cenderung standar, seperti kebanyakan bus umum.

Tinggi bus normal deck ini lebih kurang 3 meter dan biasanya digunakan sebagai armada kendaraan untuk mengangkut penumpang kelas ekonomi.

Bus Double Decker (DD)

Bus double decker merupakan bus tingkat dengan tinggi sekitar 4 meter. Bus double decker biasanya digunakan sebagai bus wisata atau bisa juga untuk perjalanan antarkota antarprovinsi (AKAP).

Dengan luas yang dimiliki, tak heran apabila bus double decker memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpangnya, seperti sleeper (kursi yang bisa disesuaikan untuk posisi rebahan).

Bus High Decker (HD)

Bus high decker (HD) termasuk jenis bus dasar di kelas bus dengan deck tinggi. Biasanya bus high decker memiliki tinggi antara 3,4 meter sampai 3,5 meter.

Salah satu ciri khas dari bus high decker ini adalah posisi sopir yang lebih rendah dibanding posisi kursi penumpang.

Bus Ultra High Decker (UHD)

Bus ultra high decker (UHD) memiliki ketinggian setidaknya 4 meter dan merupakan panduan dari bentuk bus super high decker dan double decker.

Ciri khas dari bus jenis satu ini adalah pembagian antara ruang kabin sopir dan awak bus dengan kabin bagi penumpang. Biasanya, kabin penumpang berada di bagian dek atas.

Bus Super High Decker (SHD)

Bus super high decker termasuk jenis bus modern yang saat ini beroperasi di Indonesia. Beberapa perusahaan otobus menggunakan armada bus super high decker untuk memberikan kenyamanan ekstra kepada penumpang.

Tipe bus ini memiliki tinggi sekitar 3,9 meter dan mempunyai interior mewah sebagai ciri khas. Selain itu, bagasinya pun terbilang luas.

Bus High Decker Double Glass (HDD)

Bus high decker double glass adalah pengembangan dari bus jenis SHD. Dengan tinggi sekitar 3,7 meter, bus ini memiliki interior mewah dan futuristik.

Ciri khas bus HDD adalah kaca depan ganda (double glass) yang membuat tampilan bus lebih terlihat elegan.

Nah, itulah 6 jenis bus yang populer dan beroperasi di Indonesia. Jenis bus mana yang pernah Anda coba?

Tulisan Terkait

Perbedaan Bus Single Glass dan Double Glass

Perbedaan Bus Single Glass dan Double Glass

Ketika Anda naik bus, Anda mungkin pernah memperhatikan perbedaan pada kaca jendela bus. Ada bus dengan kaca tunggal (single glass) dan bus dengan kaca ganda (double glass). Perbedaan di antara keduanya mencakup beberapa aspek yang mempengaruhi pengalaman perjalanan...

Tips Agar Tidak Mabuk di dalam Bus

Tips Agar Tidak Mabuk di dalam Bus

Mabuk bus atau mabuk di dalam bus adalah masalah umum yang dapat dialami oleh banyak orang. Perjalanan jauh dengan bus seringkali menyebabkan rasa mual, pusing, dan ketidaknyamanan. Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko mabuk di dalam...

Ketahui 5 Fitur Keamanan yang Wajid Dimiliki Bus

Ketahui 5 Fitur Keamanan yang Wajid Dimiliki Bus

Keselamatan penumpang adalah aspek utama yang harus diprioritaskan dalam industri transportasi, termasuk armada bus. Armada bus yang dilengkapi dengan fitur keamanan yang memadai dapat memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi penumpang. Artikel ini akan membahas...