Kemenhub Bersama McEasy Dukung Percepatan Digitalisasi Logistik

oleh | 24 Agu 2023 | Events

Di era kemajuan teknologi yang semakin pesat, revolusi digitalisasi telah merambah ke berbagai sektor, termasuk industri logistik. Menyadari pentingnya mengadopsi teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan McEasy dalam acara talkshow yang bertajuk “Logistics Now: “Elevate Your Logistics Operation to the Next Level“. Talkshow ini diselenggarakan di Ibys Style Jakarta Sunter pada 23 Agustus 2023. Kolaborasi ini bertujuan untuk membantu para pemangku kepentingan di sektor logistik untuk menyederhanakan bisnis mereka dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.

Tak tanggung-tanggung, talkshow ini berhasil menarik perhatian para pelaku bisnis logistik, ahli industri, serta pemerhati teknologi. Dalam talkshow ini, Kemenhub dan McEasy memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana revolusi digitalisasi dapat membawa industri logistik ke level yang lebih tinggi. Lantas bagaimana peranan teknologi mempercepat digitalisasi logistik untuk lebih mudah menuju masa depan bisnis yang berkelanjutan?

Mengungkap Peran Teknologi dalam Digitalisasi Logistik

Talkshow ini menghadirkan sejumlah pembicara terkemuka, seperti Handa Lesmana selaku Kasubdit Angkutan Barang, Angga Purnama selaku Chairman National Logistics Community, dan Grady Kusmulyadi selaku Chief Product Officer McEasy. Masing-masing dari mereka membawa pandangan yang berbeda-beda.

Handa Lesmana mengungkap, dalam menghadapi tantangan dan peluang dalam industri logistik, sangat diperlukan peran teknologi dalam mendorong efisiensi dan regulasi yang lebih baik. Begitu juga dengan tokoh penting dalam komunitas logistik nasional, Angga Purnama juga mengatakan bahwa di era sekarang sangat diperlukan wawasan tentang tren terkini dan inovasi dalam industri logistik. Kolaborasi antara sektor swasta dan pemerintah serta potensi digitalisasi menjadi sorotan dalam pandangannya. Sedangkan Grady Kusmulyadi membawa perspektif dari pelaku industri teknologi logistik. Dengan pengalamannya yang sudah bergelut di bidang pengembangkan produk dan solusi terkait logistik, Grady membahas bagaimana inovasi, seperti solusi Fleet Management dan Transportation Management System (TMS) dapat membantu perusahaan logistik untuk mencapai efisiensi dan keunggulan dalam operasional.

Dsc01881

Fleet Management dan TMS Terintegrasi

Salah satu sorotan utama dari talkshow ini adalah pengenalan Fleet Management dan TMS terintegrasi yang dipersembahkan oleh McEasy. Grady mengungkap, solusi inovatif dalam hal manajemen pengiriman, pemantauan real-time, manajemen pengemudi, dan analitik, sangatlah membantu para pelaku usaha di bidang logistik. Adanya Fleet Management dan TMS ini diharapkan mampu membantu perusahaan logistik untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka serta memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Fitur-Fitur Canggih untuk Efisiensi

Fitur-fitur canggih yang ada di Fleet Management dan TMS sangat bervaritif sesuai kebutuhan. Ada Geofence yang memberikan notifikasi jika armada kelujar dari wilayah operasional. Fitur Maintenance Management yang on time sangat efektif membantu dalam jadwal perbaikan armada, sehingga menghindari adanya keausan pada mesin dan performa mesin tetap optimal. Ada fitur Live View yang memberikan pemantauan armada secara real-time 24/7, TMS yang dapat diintegrasikan dengan platform maupun software lain, sehingga memudahkan alur kerja perusahaan, ungkap Grady dalam event talkshow ini.

Selain itu, talkshow ini juga menjadi platform bagi peserta untuk berdiskusi dan berinteraksi langsung dengan para pakar dan praktisi industri logistik. Pertukaran gagasan, pandangan, dan pengalaman menjadi salah satu nilai tambah dari acara ini, yang mendukung semangat kolaborasi dan pembelajaran lintas sektor.

Melalui kerjasama antara Kemenhub dan McEasy dalam acara ini, diharapkan para pelaku bisnis logistik dan industri terkait dapat lebih memahami potensi dan manfaat dari digitalisasi logistik. Semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi modern dalam operasional mereka, semakin besar juga peluang untuk menciptakan transformasi yang berkelanjutan dalam industri logistik Indonesia.

Dengan suksesnya talkshow “Logistics Now: Elevate Your Logistics Operation to the Next Level,” Kemenhub dan McEasy memberikan langkah nyata dalam mempercepat adopsi teknologi dalam industri logistik, menuju masa depan yang lebih efisien, terintegrasi, dan unggul.

Tulisan Terkait

[Offline Event] Optimizing McEasy Platform in Ramadan Sesion

[Offline Event] Optimizing McEasy Platform in Ramadan Sesion

Jakarta - McEasy sukses menggelar acara McEasy Meet Up dengan tema "Optimizing McEasy Platform in Ramadan Season" pada Kamis, 7 Maret 2023 lalu di Porta Coffee and Kitchen, Kelapa Gading Jakarta. Acara ini menarik perhatian sejumlah pelaku industri logistik dan...